Manfaat Tanaman

Manfaat Ilalang Sebagai Obat

Ilalalng atau sering juga disebut alang-alang adalah salah satu jenis tanaman rumput liar yang banyak tumbuh di kebun dan persawahan. Keberadaan tanaman ini sangatlah mengganggu bagi petani yang sedang menggarap lahannya. Tanaman ini sering dijadikan tanaman pengganggu yang harus dimsnahkan. Akan tetapi ilalang juga banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang sebagai pakan ternak dan bermanfaat untuk bahan bangunan seperti bahan pembuatan atap tradisional atau gubuk. Kelebihannya, ilalalng dikenal sangat ulet serta awet. Meski sering dijadikan sebagai pakan ternak juga, tanaman ini bisa juga dimanfaatkan sebagai obat. Manfaat ilalang sebagai obat diantaranya sebagai berikut :

Manfaat Ilalang Sebagai Obat

Sponsor: produk pemutih wajah

1. Mengobati panas dalam dan sariawan

Banyak yang tidak tahu bahwa ilalang dapat mengobati panas dalam serta sariawan pada mulut Anda. kandungan anti piretik yang ada dalam tanaman ilalang ini dipercaya sangat ampuh untuk meredakan panas yang ada dalam tubuh yang dapat menyebabkan panas dalam serta sariawan. Bagian yang biasadigunakan obat adalah akar dari alang-alang atau batangnya. Dengan cara direbus dengan beberapa gelas air putih dan kemudian meminumnya.

2. Mengobati susah kencing

Susah kencing merupakan keadaan yang sangat menyiksa dan tudak mengenakkan. Karena merasakan sakit seperti ingin kencing tapi tidak dapat keluar atau hanya keluar sedikit saja. Orang yang mengalami susah kencing biasa disebut anyang-anyangen dalam bahasa jawa. Jika mengalami hal yang demikian Anda tidak usah risau, cukup minum air rebusan ilalang secara rutin. Air rebusan ilalang dipercaya dapat melancarkan kencing Anda bagi yang mengalami susah buang air kecil. Hal ini karena ilalang mempunyai sifat diuretik atau meluruhkan kemih. Dengan rutin mengkosumsi air rebusan ilalang setiap hari akan memperlancar buang air kecil serta kandung kemih Anda akan terjaga kesehatannya.

3. Mengobati mimisan

Mimisan adalah keadaan dimana hidung mengeluarkan darah kotor dari dalam tubuh. Mimisan terjadi apabila badan dalam keadaan sakit serta panas yang tinggi sehingga darah keluar melalui hidung. Banyak orang menyepelekan mimisan karena dianggap hal yang biasa. Tetapi jika dibiarkan terus menerus seseorang akan kehilangan darah dan dapat membuat kondisi menjadi memburuk. Ilalang dipercaya mampu mengatasi serta menyumbat mimisan. Hal ini dikarenakan ilalang mempunyai sifat hemostatik yaitu zat yang dapat menghentikan pendarahan. Mengkonsumsi air rebusan ilalang dapat mengurangi serta menghentikan pendarahan pada saat mimisan.

4. Mengatasi muntah darah

Jika seseorang sedang menderita penyakit yang parah biasanya akan disertai dengan muntah darah. Kondisi muntah darah menandakan penyakit yang diderita bisa dibilang sudah parah. Segera tangani penderita muntah darah tersebut sebelum berakibat fatal. Meminum air rebusan Alang – alang dapat mengehntikan muntah darah yang sedang terjadi. Seperti dengan mimisan kandungan yang terdapat dalam alang – alang akan menghentikan pendarahan atau muntah darah yang terjadi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top