Manfaat Tanaman

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

 Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Kenali jenis-jenis tanaman berkhasiat melalui manfaat herb garden untuk kesehatan tubuh bisa membantu Anda terhindar dan mengatasi suatu penyakit. Tanaman obat atau Toga merupakan jenis tanaman yang umum dibudidaya untuk diambil manfaatnya. Harga tanaman herbal siap saji sendiri terbilang cukup malah. Dari pada Anda menguras kantong untuk belanja obat atau suplemen herbal yang belum tentu kualitas produknya.

manfaat herb garden untuk kesehatan tubuh

 

Sponsor: halo jasa

Sejak dahulu dan turun temurun, tanaman sering kali dijadikan obat alami penyembuh suatu penyakit. Seiring berjalannya waktu tanaman herbal menjadi obat keluarga yang lebih alami dan sehat. Guna mengurangi penggunaan lahan, tanaman herbal bisa ditaman menggunakan pot-pot kecil sebagai solusi hemat, mudah dan praktis.

Jenis-jenis tanaman obat keluarga

Menanam tanaman obat dengan herb garden bisa dilakukan didalam rumah. Herb garden juga tidak membutuhkan banyak sinar matahari namun harus cukup air dan udara supaya memudahkan tanaman obat tumbuh.

1. Kunyit (Curcuma domestica Val.)

 Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Kunyit populer sebagai bumbu dapur dan masakan. Kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti pencegah kanker, anti mikroba, mengatasi maag, penurun berat badan, mengandung antioksidan, mengatasi mual hingga membantu penurun kolesterol. Tanaman kunyit bisa diolah menjadi minuman segar dengan cara merebus atau memarut dan ambil sarinya.

2. Jahe (Zingiberaceae)

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Jahe banyak dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Jahe juga bermanfaat untuk melindungi lambung, menyembuhkan batuk, tingkatkan kekebalan, mengatasi masuk angin, sakit kepala dan mabuk, hingga menghambat oksidasi kolesterol. Unuk bisa mendapat khasiatnya, Anda bisa menyedu kunyit yang sudah ditumbuk dengan air panas.

3. Kencur

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Kencur memiliki rasa sedikit pedas namun aromanya segar. Tanaman ini sering dijadikan bumbu pada sayur. Keistimewaan dari tanaman kencur dapat memperlancar datang bulan, melepas lelah, mengatasi batuk dan anti radang pada lambung. Untuk bisa meracik kencur, Anda bisa gunakan metode sama seperti membuat jahe yakni dengan menumbuh kasar lalu sedu dengan air panas. Bisa juga parut dan ambil sarinya, campur dengan garam untuk atasi batuk.

4. Temulawak

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Temulawak juga termasuk tanaman rimpang yang banyak dipakai dalam campuran minuman berenergi. Di dalam temulawat tersimpat zat kurkumin ampuh untuk obat anti racun dan hepatitis B. Temulawak juga ajaib untuk memperlambat timbulnya penyebaran virus hepatitis. Caranya dengan memarut lalu saring dan minum secara rutin.

5. Lengkuas

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Tanaman lengkuas yang satu ini sudah tidak asing di telinga para ibu. Pasalnya lengkuas adalah bahan penyedap alami setiap masakan. Tak hanya itu, lengkuas kaya akan manfaat yang terbukti ampuh atasi beragam penyakit seperti melancarkan peredaran darah, penambah nafsu makan, membuang toxin dan radikal, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare dan mabuk hingga mencegah munculnya tumor. Lengkuas menyimpat zat alami sepeti galangol, resin, methyl-cinnamae, dan lainnya. Cara mengolah lengkuas dengan merebusnya.

6. Daun Selederi

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Tanaman seledri juga banyak dijadikan penyedap rasa atau peengkap sayuran. Namanya dikenal sebagai bumbu pada sup atau maskaan lainnya. Seledri memiliki aroma wangi yang khas namun berkhasiat untuk mengatasi penyakit serius seperti asam urat, ginjal dan kolesterol. Untuk mengolah seledri menjadi berkhasiat, Anda bisa merebus, memarut dan disaring atau dimakan langsung. Meski rasanya agar pahit dan getir, tetapi bermanfaat untuk cegah bau nafas.

7. Tanaman Sirih

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Sirih adalah obat hebal yang identik untuk atasi keluhan seputar kewanitaan. Disisi lain, kasiat sirih justru lebih banyak dai sekedar mengatasi keluahan yang dialami wanita. Sirih mengandung zat anti bakteri dan anti inflamasi, mampu memperkuat enamel gigi, mencegah plak hingga pembunuh bakteri dan bau mulut. Sirih juga bisa mengatasi beragam masalah lain seperti batuk, bau badan, sariawan, penyembuh luka mengatasi pendarahan dan lain sebagainya. Untuk mendapat khasiatnya, meminum air rebusan sirih bisa jadi pilihan. Anda juga bisa berkumur dengan air rebusan sirih atau menempelkan parutan sirih ke bagian kulit yang terluka.

8. Daun Kemangi

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Tanaman obat yang bisa ditaman menggunakan media herb garden selanjutnya adalah daun kemangi. Daun yang bisa dijadikan lalapan ini berkhasit untuk menetralisir racun akibat makanan yang dibakar. Khasiat lainnya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, menambah stamina, mencegah kemandulan, antiseptik alami, atasi bau badan, penurun kadar gula darah, hingga bermanfaat atasi jerawat. Supaya khasiatnya lebih efektif, Anda bisa mengkonsumsi secara langsung atau dalam keadaan mentah setelah dicuci bersih.

9. Lidah Buaya

Manfaat Herb Garden Solusi Pintar Dan Sehat Di Dalam Rumah

Terakhir, tanaman yang bisa anda tanam adalah lidah buaya. Budidaya lidah buaya juga tergolong mudah. Tanaman ini banyak khasiatnya bagi tubuh hinga kecantikan. Untuk bisa mengolahnya, ambil daun lidah buaya segar, kupas kulitnya dan ambil daging lalu potong. Anda bisa mengolahnya menjadi minuman atau makanan yang nikmat. Sementara untuk urusan kulit dan rambut, gunakan gel lidah buaya dan oleskan.

manfaat herb garden untuk kesehatan tubuh

 

Langkah Penting Meanam Herb Garden di Rumah

Setelah Anda menulis daftar tanaman apa saja yang nanti akan dijadikan herb garden sederhana, maka selanjutnya lakukan langkah untuk membuat Herb garden. Pertama siapkan benih atau bibit tanaman herbal yang bagus dan ungul. Sediakan pot, tanah organik, pupuk, alat penyiram, dan rooftop untuk tempat tanaman diletakkan. Jadi, dengan memakai beberapa tanaman herbal di atas Anda tidak perlu lagi menghabiskan uang untuk biaya berobat untuk penyakit yang terbilang sederhana.

Sementara itu, guna membantu Anda yang kesulitan menyiapkan instalasi air untuk penyiraman tanaman bisa gunakan Halo Jasa, dimana terdapat ratusan penyedia jasa pemasangan waterproofing dan jasa home instalasi lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin ciptakan herb garden di dalam rumah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top