Manfaat Buah

Manfaat Grapefruit Yang Berguna Atasi Kolesterol Tinggi

Manfaat Grapefruit Yang Berguna Atasi Kolesterol Tinggi

Grapefruit atau disebut dengan jeruk sub tropis ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Antioksidan pada grapefruit mampu memberikan asupan nutrisi yang baik mengatasi penuaan dan anti radikal paling bagus. Selain anti okdisan nya, buah ini juga bermanfaat mengatasi kolesterol tinggi, yaitu penyakit yang banyak menyerang siapa saja baik wanit atau pria dari usia muda hingga lansia.

Sponsor: perawatan wajah

Manfaat grapefruit yang berguna atasi kolesterol tinggi diperkuat dengan adanya studi yang dilakukan di Universitas Ibrani Yerusalem pada tahun 2006 oleh American Chemical Society pada jurnalnya yang berjudul “Journal of Agricultural and Food Chemistry,” mengungkap bahwa orang yang menderita kolesterol, secara signifikan mengalami menurunan setelah memakan seporsi buah grapefruit setiap harinya selama sebulan. Dari hasil strudi tersebut, dua jenis buah yaitu grapefruit putih dan merah dapat berguna sebagai obat alami penurun kadar kolesterol dalam darah. Meski keduanya sama-sama dapat menurunkan kolesterol, namun pada grapefruit merah jauh lebih efektif menurunkan kolesterol tinggi di tingkan trigliserida. Menurut penulis studi tersebut mengungkap bahwa jeruk yang memiliki antioksidan tinggi inilah yang berperan akti sekaligus bertanggungjawab dalam memberikan efek penurun kolesterol. Tak hanya ampuh mengatasi kolesterol, buah ini juga dijuluki buah kaya manfaat karena dapat memberikan manfaat dalam mengatasi beberapa penyakit. Berikut manfaat lebih lengkap dari buah sup tropis ini.

 Manfaat Grapefruit Yang Berguna Atasi Kolesterol Tinggi

  • Menurunkan dosis obat

Jeruk Grapefruit ternyata mampu mengurai efek dosisi sirolimus atau obat kanker. Seperti kita tahu, efek dari obat penekan kanker akan menghasilkan efek samping bagi tubuh. Jeruk ini akan menghambat kerja enzim pada dinding usus sehingga melambatkan beredarnya sari obat ke aliran darah. Meski pada studi lama diungkap bahwa mengkonsumsi buah ini bersama dengan obat kolesterol (statin) hingga obat kanker (sirolimus dan rapamycin) justru dapat menyebabkan obat terserap ke aliran darah lebih cepat. Namun pada studi terbaru justru ditemukan oleh para peneliti dari University of Chicago Medicine (UCM), Amerika Serikat, bahwa jeruk Grapefruit justru dapat mengurangi dosisi obat dan meminimalkan efek sampinya. Studi lainnya pun didukung oleh jurnal Clinical Cancer Research yang dipimpin Ezra Cohen ahli kanker UCM yang melibatkan 138 pasien kanker yang terbagi atas 3 kelompok menunjukkan kelompok sirolimus dan ketoconazole mampu meminimalisir efek obat jika mengkonsumsi buah ini. Jeruk Grapefruit yang pertama kali ditemukan di Barbados abad ke-18 silam ini sering dianggap jeruk terbaik oleh masyarakan Florida dan Texas.

Selain Kolesterol, buah sangat baik mengatasi diabetes

Selain bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi, buah ini juga berperan aktif mengatasi diabetes. Menurut studi Hebrew University of Jerusalem and Massachusets General Hospital, buah ini mengandung naringerin yang baik untuk mencegah penyakit diabetes dan mengontrol tingkat kolesterol. Naringenin adalah antiokasidan yang dapat meningkatkan oksidasi asam lemak pada lever sehingga menurunkan produksi kolesterol. Berkaitan dengan diabetes, zat flavonoid pada buah menjadi bahan pengontrol gula darah dan memudahkan tubuh merespon insulin lebih baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top