Manfaat Tanaman

Manfaat Enceng Gondok Untuk Kesehatan

Seperti telah diketahui tanaman enceng gondok merupakan musuh utama para petani karena tumbuhnya tanaman ini dapat mengganggu padi yang sedang ditanamnya. Enceng gondok adalah sejenis rumput-rumputan liar yang mudah sekali tumbuh ketika berada pada air. Karena mudah sekali tumbuh dan berkembang biak tidak heran jika enceng gondok banyak ditemukan diareal persawahan, sungai, maupun danau. Walaupun termasuk tanaman pengganggu enceng gondok ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan badan. Berikut ini beberapa manfaat enceng gondok untuk kesehatan.

Manfaat Enceng Gondok Untuk Kesehatan

Sponsor: perawatan wajah

  • Melancarkan Saluran Kencing

Manfaat dari tanaman enceng gondok yang pertama adalah melancarkan saluran kencing. Apabila Anda mengalami masalah pada kencing Anda seperti kencing yang kurang lancar ataupun tidak teratur, Anda dapat menggunakan enceng gondok sebagai solusinya. Enceng gondok mengandung senyawa kimia yang bersifat diuretik yang berguna untuk meluruhkan kemih dan membuat saluran kencing menjadi lancar. Cara penggunaannya adalah dengan dengan mengkonsumsi daun enceng gondok sebagai sayuran. jika rutin dikonsumsi maka masalah kencing yang Anda derita akan dapat disembuhkan.

  • Mengobati Maag

Manfaat enceng gondok yang berikutnya adalah mengobati maag. Sakit maag terjadi karena kadar asam pada lambung meningkat dan terlalu tinggi karena adanya luka pada lambung. Sakit maag tersebut dapat diatasi dengan menggunakan enceng gondok. Kandungan yang terdapat pada tanaman ini berguna untuk menetralkan asam lambung serta mengontrolnya agar tidak berlebihan. Cara penggunaannya adalah dengan mengkonsumsi daunnya sebagai sayuran yang teah direbus atau dimasak terlebih dahulu.

  • Meredakan Panas atau Demam

Manfaat dari enceng gondok yang selanjutnya adalah meredakan panas atau demam. Sakit demam atau oanas disebabkan karena meningkatnya suhu panas yang ada di dalam tubuh sehingga mengakibatkan seluruh tubuh menjadi panas. Apabila Anda atau buah hati Anda terserang demam ada baiknya Anda mencoba menggunakan tanaman enceng gondok sebagai obatnya. Enceng gondok mempunyai sifat anti-piretik yaitu sebuah senyawa kimia yang berguna untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi dan mendinginkannya. Cara penggunaannya adalah dengan merebus beberapa lembar daun enceng gondok bersama beberapa gelas air putih, dan meminum air rebusan tersebut setelah dingin.

  • Mengatasi Gatal Pada Kulit

Tanaman enceng gondok juga bermanfaat untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit baik yang disebabkan karena alergi ataupun karena terkena ulat. Enceng gondok mengandung senyawa kimia yang bersifat anti-pruritus yaitu sebuah senyawa kimia yang berguna untuk mengurangi rasa gatal yang terdapat pada kulit. Cara penggunaannya sangatlah mudah, yaitu dengan cara menghaluskan beberapa lembar daun enceng gondok dan mengoleskan pada bagian kulit yang terasa gatal.

  • Mengobati Sakit Gigi

Manfaat enceng gondok ya ng terakhir adalah mengobati sakit gigi. Gigi dapat mengalami masalah atau menjadi sakit karena adanya bakteri atau kuman yang bersarang di dalam gigi dan membuat gigi menjadi rusak. Apabila Anda mengalami sakit gigi, Anda dapat mencoba tanaman enceng gondok sebagai obatnya. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun enceng gondok denga beberapa gelas air putih, setelah mendidih dan didinginkan sebentar Anda dapat menggunakan air rebusan tadi sebagai obat kumur ketika masih hangat. Kandungan yang terdapat pada enceng gondok berguna untuk meredakan rasa sakit pada gigi serta menghilangkan kuman dan bakteri penyebab gigi mengalami masalah.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top