Makanan Kesehatan

Manfaat Dessert Untuk Diet Alami

Manfaat Dessert Untuk Diet Alami

Manfaat dessert untuk diet alami sangat baik untuk kesehatan terutama melancarkan pencernaan. Selain diet, dessert juga menjadi menu penutup yang ringan dan segar. Dessert dikenal memiliki jenis yang beragam, selain dessert yang sudah sering kita kenal seperti dessert buah atau dessert kue. Eskrim juga menjadi salah satu dessert yang lezat karena rasanya yang lembut dan manis.

Sponsor: cream perawatan wajah

Jika Anda ingin diet tanpa khawatir mengkonsumsi dessert, maka bisa menghindari dessert yang berasa manis dan konsumsi dalam jumlah sewajarnya saja. Menurut ahli nutrisi disebutkan bahwa menyantap hidangan dessert, bisa membantu program diet tanpa khawatir gagal menjalankannya. Namun perlu diingat bahwa memilih menu dissert yang sesuai jauh lebih baik. Dessert terbaik untuk diet yang bisa Anda coba seperti dessert aneka buah, jus buah, atau salad bisa. Dessert alami dari buah dan sayur tersebut mengandung gula alami sekaligus serat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dibalik kelezatannya, makanan penutup ini menjadi hidangan akhir yang banyak disantap orang karena memberikan manfaat yaitu:

  • Kaya nutrisi

Dessert menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang menyukainya yaitu kaya nutrisi. Selain itu, camilan ini juga mengandung vitamin, serat dan antioksidan yang cocok untuk mereka yang menjalankan program diett. Makanan penutup ini menyediakan banyak nutrisi dari buah dan sayuran. Jika Anda menyantap sepotong kue dessert jangan lupa untuk menambahkan buah sebagai serat alaminya dan pengontrol gula.

  • Membuat lebih bahagia

The Nest menyebutkan jika mengkonsumsi dessert dengan karbohidrat alami dapat membantu kerja otak dan tubuh dalam menghasilkan zat kimia serotonin yang berperan sebagai zat alami membuat emosional dan pikiran jadi bahagia. Seain itu, dessert juga dapat membuat pikiran menjadi lebih positif.

  • Mengontrol berat badan

Menurut penelitian, memakan makanan penutup seperti dessert dapat menjadi program diet berhasil. Hal ini dapat terjadi karena tubuh merespon makanan penutup sebagai makanan yang bisa memuaskan hasrat. Artinya, memakan makanan penutup membuat keinginan untuk makan lagi akan berkurang. Selain itu, dessert diimbangi dengan olahraga teratur bisa memangkas kalori dalam tubuh.

  • Baik untuk pencernaan

Menyantam makanan penutup yang kaya buah dan sayur dapat memenuhi serat alami yang baik untuk pencernaan. Buah dan sayur juga membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan memperbaiki sistem kekebalan dari berbagai penyakit. Saat program diet berjalan, tentunya tubuh harus sehat agar berat badan yang diinginkan dapat tercapai. Menambahkan buah seperti bluberry da yogurt bisa memberikan tambahan protein dan lemak sehat yang berguna untuk kesehatan kulit, kecantikan, dan pembentukan otot.

Contoh menu dessert sehat yang bisa dicoba:

1. Dessert Popsicle

Popsicle adalah salah satu menu dessert lezat yang bisa digunakan untuk program diet Anda. Dessert ini seperti es krim stik yang disajikan dalam keadaan beku sebagai penggati es krim susu. Fruit popsicle dibuat dari bahan buah-buahan segar yang dimasukkan dalam cetakan khusus dan dibekukan. Es krim ini mengandung nutrisi lengkap tanpa susu dan gula tambahan yang bisa membuat berat badan naik.

2. Salad buah dan sayur

Menu dessert selanjutnya yang bisa membuat program diet Anda sukses yaitu salad buah dan sayur. Dessert ini paling aman dan sehat untuk menjaga program diet. Salad mengandung kalori rendah, air dan nutrisi penting seperti vitamin dan zat gizi untuk membantu diet sehat. Menurut penelitian oleh UCLA School of Public Health dan Louisiana State University Health Sciences Center, mengkonsumsi salad dan sayuran segar, dapat memenuhi kebutuhan vitamin B6, C, E, dan asam folat yang tinggi. Nutrisi tersebut dapat membantu meningkatkan imunitas sekaligun mencegah obesitas dan penyakit kronik. Mengkonsumsi setengah mangkuk salad sudah bisa memenuhi kebutuhan 2000 kalori.

3. Pudding

Puding bisa menjadi makan penutup sehat yang sering diolah untuk dijadikan dessert lezat dan segar. Puding juga menjadi makanan yang bermanfaat dan baik untuk tubuh karena kandungan nutrisi, serat dan gizinya. Jika di total, puding mengandung kalori sekitar 190 kilokalori. Puding buah juga mengandung vitamin yang lengkap seperti vitamin A, B, C dan E, protein, kalsium, zat besi, dan zat antioksidan yang terdapat dari buah-buahan yang digunakan sebagai bahan puding. Karena puding terbuat dari rumput laut (bahan pembuat agar-agar), tentu sangat kaya serat alami yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Serat puding membuat kenyang lebih lama sehingga baik untuk mereka yang menjalankan program diet.

4. Kue coklat di pagi hari

Menyantam dessert dengan menu kue atau cake manis tidak perlu khawatir mmebuat berat badan meningkat jika disantap tidak berlebihan. Menurut penelitian, memakan dessert seperti sepotong kue coklat di pagi hari justru dapat membantu turunkan berat badan. Sebab di pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengkonsumsi makanan manis karena metabolisme tubuh sangat aktif di waktu pagi. Saat metabolisme tubuh berada pada puncaknya, maka kalori dapat dibuang sepanjang hari. Menurut penelitian, memakan sarapan kaya protein dan karbohidrat seperti dessert coklat atau makanan penutup manis lainnya selama 16 minggu, berat badannya turun sekitar 22 pons. Menurut tim penelitian Tel Aviv University, makanan penutup saat sarapan, seperti kue atau puding coklat yang kaya protein dan karbohidrat justru dapat menjadi program diet yang menurunkan keinginna untuk ngemil di siang atau sore hari. Dessert dengan coklat bisa menjadi pilihan tepat sebab 1 ons coklat mengandung 75 persen kakao dengan kalori hanya 170. Sementara kue memiliki 22o kalori yang memiliki gula dua kali lipat dibanding coklat.

Tips diet sehat dengan menu dessert sehat:

Untuk menjalankan program diet dengan menu dessert sebaiknya perhatikan tips agar tetap sehat. Pilih menu dessert dari buah, sayur atau yang kaya serat dan nutrisi. Jika menggunakan gula, lebih baik pilih gula rendah kalori, bukan pemanis buatan dan jangan lupa untuk mengurangi kadar gula agar rsanya tidak terlalu manis. Untuk mendapatkan gula alami bisa menggantinya dari sirup gula asli atau sedikit keju. Jika dessert terlau manis, Anda bisa tambahkan yogurt, jus lemon atau bubuk kopi. Terakhir, agar lebih nikmat simpan dessert pada suhu aman seperti dalam kulkas. Jangan lupa untuk mengkonsumsi dessert dalam porsi sewajarnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top