Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Ubi Jalar Dari Kesehatan Mata Hingga Jantung

Manfaat Daun Ubi Jalar Dari Kesehatan Mata Hingga Jantung

Mengkonsumsi ubi jalar merupakan camilan sehat, berserat dan mengenyangkan. Karbohidrat pada ubi bisa membantu tubuh menjaga asupan kalori sehingga baik dikonsumsi untuk mereka yang menjalankan program diet. Serat alami pada ubi jalar juga ampuh mencegah gangguan pada pencernaan terutama mencegah sembelit.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Tak hanya umbinya saja yang bisa dikonsumsi tetapi ternyata daun ubi jalar juga bida dijadikan makanan yang menyehatkan. Daun ubi jalar atau daun ketela rambat lahir dengan nama ilmiah Ipomomea batatas L. memiliki daun merambat dan nikmat disantam sebagai tumisan atau lalapan. Daunnya juga lama dipakai sebagai ramuan tradisional guna mencegah berbagai macam penyakit. Lalu seperti ap.6 mg, akah manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan ini? Berikut nutrisi dan manfaat sehat daun ubi jalar ini.

Manfaat Daun Ubi Jalar Dari Kesehatan Mata Hingga Jantung

Kandungan senyawa daun ubi jalar:

Didalam daun ubi jalar atau daun ketela rambat terdapat sejumlah senyawa atau kandungi nutrisi yang baik untuk tubuh. Diketahui daun ubi jalar mengandung berbagai jenis mineral, protein dan vitamin. Menurut penelitian dari Dr. Shahidul Islam dari Universitas Arkansas, Amerika Serikat, setiap 100 gram daun ubi jalar terkandung kalsium sebanyak 117 mg, karotin 3.5 mg, zat besi 1.8 mg, dan sejumlah vitamin berupa vitamin C 7.2 mg, vitamin E 1.6 mg, vitamin K 0.5 mg, sedikit vitamin B dan betakaroten atau vitamin A.

Manfaat daun ubi jalar yang baik bagi kesehatan dan pengobatan:

Sebenarnya, khasiat daun ubi jalar untuk pengobatan sudah lama digunakan. Sudah lama pula digunakan untuk pengobatan segala macam penyakit. Seperti di wilayah Asia seperti Filipina, para pekerja yang berkerja di pertambangan sering memanfaatkan rebusan daun ubi jalar untuk atasi demam. Tak hanya itu, berikut sejumlah manfaat daun ubi jalar yang luar biasa.

1. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Daun ubi jalar ternyata mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena adanya senyawa kimia berupa vitamin B6 yang baik untuk kesehatan jantung. Nutrisi pada daun ubi jauh lebih besar manfaatnya ketimbang sayuran hijau lainnya hingga 3 kali lipat. Sedangkan vitamin C pada daunnya mengandung 5 kali lipat sementara riboflavin sebanyak 10 kali lipat dibandung daun hijau lainnya.

2. Membantu kepadatan tulang

Daun ubi jalar mengandung vitamin K yang baik untuk membantu tubuh dalam mempertahankan kalsium untuk tulang dan mencegah risiko osteoporosis. Menurut studi, mengkonsumsi asupan tinggi vitamin K bisa membantu pasien osteoporosis (pengeroposan tulang) dan mencegahnya kehilangan kepadatan tulang. Vitamin K penting untuk pertumbuhan tulang karena dapat mempertahankan kalsium, meningkatkan kesehatan tulang, membantu pemulhan patah tulang, memiliki efek positif untuk keseimbangan kalsium dan menurunkan kemungkinan patah tulang pasca menopause.

3. Meredakan sakit pada saat haid

Vitamin K pada daun ubi jalar juga penting untuk masa haid dan sangat baiknya dengan fungsi untuk kesehatan tulang. Vitamin K bisa mengatur fungsi hormon dan membantu meredakan nyeri haid. Selain itu, vitamin K juga bergusa sebagai obat ampuh pembekuan darah dan mencegah perdarahan yang berlebih selama masa haid sehingga menjaga tubuh tetap fit dna tidak lemas. Terbukti vitamin K pada daun ubi jalar baik untuk mencegah nyeri kram saat haid dibanding mereka yang kurang mengkonsumsi vitamin K.

4. Membantu pembekuan darah

Masih seputar vitamin K yang tinggi pada daun ubi jalar, kandungan senyawa tersebut ampuh mencegah tubuh mengalami risiko hemofili atau daras sukar membeku. Daun ubi jalar dapat membantu proses pembekuan darah dan memulihkan luka dan memar karena ada 12  protein vitamin, termasuk vitamin K. Selama proses pembekuan darah tidak berjalan sempurna maka orang justru bisa mengalami penyakit hemoragik. Oleh sebab itu, suntikan HDN (Haemorrhagic Disease of the Newborn) sering dilakukan pada bayi untuk mencegah terjadinya pendarahan.

5. Membantu meningkatkan kekuatan penglihatan

Daun ubi jalar mengandung vitamin A atau betakarotin yang baik untuk kesehatan mata. Seperti diketahui, manfaat vitamin A sangat baik dalam membantu mencegah degenerasi makula penyebab utama kebutaan. Macular degeneration atau degenerasi makula merupakan salah satu gangguan pada mata yang berpengaruh pada penglihatan. Degenerasi makula kering dan basah sering dijumpai pada orang lanjut usia akibat penuaan. Asupan vitamin A, C, E, zinc, dan tembaga yang terdapat pada daun ini bisa membantu mengurangi kemungkinan seseorang mengalami degenerasi nakula sebanyak 25%.

6. Membuat kulit dan rambut lebih sehat

Selain baik untuk tubuh ternyata daun ubi jalar juga sempurna untuk kesehaatn kulit dan rambut. Terdapat vitamin A yang mampu meningkatkan pertumbuhan regenerasi kulit dan penyembuhan luka. Vitamin A juga penting dalam embentukan glikoprotein yaitu poses kombinasi antara protein dan gula yang bermanfaat untuk mengikat sel pembentukan jaringan lunak di dalam kulit. Daun ubi jalar juga penghasil kolagen yang baik untuk membantu kilau sehat dan kuatnya rambut.

7. Manfaat lain daun ubi jalar

Siapa sangka ternyata ada banyak manfaat daun ubi jalar yang tidak bisa disebutkan secara jelas satu persatu. Namun yang bisa Anda ketahui bahwa manfaat lain daun ini diantaranya mampu mengatasi bengkak, mengatasi bisul, mencegah mabuk kendaraan, mengatasi sakit tenggorokan dan cacingan pada anak, mencegah diabetes, menaikkan trombosit, mengobati radang lambung, obat asam urat, obat bronkitis dan arthristis, mencegah anemia, antioksidan tinggi hingga mencegah tumbuhnya sel kanker.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top