Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Sukun Untuk Asam Lambung Paling Ampuh

Manfaat Daun Sukun Untuk Asam Lambung Paling Ampuh

Manfaat daun sukun untuk asam lambung paling ampuh – Mengidap gejala asam lambung, paling sering dianggap remeh oleh masyarakat. Padahal jika gejala ini tidak segera ditangain maka bisa berakibat pada masalah maag kronis hingga penyakit lain yang lebih serius.

Sponsor: pemutih wajah

Manfaat Daun Sukun Untuk Asam Lambung Paling Ampuh

Penyakit asam lambung dalam istilah medianya adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Diseases). Gejala umum yang sering muncul yakni rasa mual, muntah, hingga rasa seperti terbakar di dada yang akhirnya membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Asam lambung juga bisa disertai nyeri pada ulu hati.

Beberapa penyebab asam lambung bisa meningkat yaitu karena kebiasaan makan yang tak teratur. Biasanya lambung akan memproduksi asam setelah makan 4-6 jam. Saat kadar gula terlalu banyak maka tubuh akan memberi sinyal rasa lapar sehingga asam lambung yang diproduksi juga meningkat dan memunculkan sensasi terbakar. Asam lambung juga bisa diakiibatkan oleh pikiran atau stress dimana hormonal dalam tubuh tidak seimbang. Kemudian terlalu banyak makanan yang terlalu pedas/ asam, alkohol, merokok atau bisa karena bakteri Heliobacter pylori.

Untuk mengobati naiknya asam lambung, pada dasarnya ada banyak cara, salah satu yang paling aman adalah dengan tanaman herbal. Herbal juga dianggap minim resiko meski efektifitasnya kurang cepat dibanding obat kimia. Daun sukun dipercaya sejak lama sebagai obat tradisional. Daun sukun mampu mengurangi produksi asam lambung. Beberapa alasan yang membuat daun sukun terkenal bisa mengurangi jumlah asam lambung dalam tubuh diantaranya:

Pertama, daun sukun mengandung asam amino esensial, yaitu jenis triptofan. Asam amino triptofan ini diketahui bisa membantu proses metabolisme tubuh tetap releks sehingga berguna untuk mengurangi kondisi cemas atau stress, salah satu hal yang memicu naiknya asam lambung. Senyawa berikutnya adalah kalium yang berperan sebagai penstabil produksi asam lambung sekaligus membantu mengurangi timbulnya asam lambung.

Selain dua senyawa tersebut, ada lagi senyawa ampung yang bisa bantu redakan asam lambung yakni flavonoid. Senyawa flavonoid memang dikenal memiliki banyak khasiat. Flafonoid yang terdapat pada daun sukun berupa saponin, polifenol, tanian, asam hidrosianat, asetilkolin, fenol, riboflavin, quercetin dan champarol. Dan komponen paling berperan sebagai antibakteri adalah tanin. Tanin membantu mengurangi jumlah bakteri H. pylori penyebab baiknya asam lambung.

Untuk bisa mendapatkan khasiat daun sukun, maka harus mengolahnya. Mengolah daun sukun tidaklah sesulit yang dibayangkan. Pertama yan harus dipersiapkan adalah memilih daun sukun yang baik dan tidak rusak. Cuci daun sukun hingga bersih dengan menggunakan air bersih supaya mencegah kemungkinan bakteri. Cara mengolah daun sukun yaitu dengan menjemur di bawah cahaya/sinar matahari hingga kering. Setelah kering, rebus daun dalam panci berisi 5 gelas air dan tunggu hingga mendidih. Selanjutnya saring, dan minum.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top