Tips Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak merupakan salah satu jenis buah tropis dengan daging berwarna putih dan rasa agak masam. Daging buahnya lembek dan berserat lembut. Buah sirsak bisa dimakan langsung, bisa juga diolah menjadi jus atau diambil sarinya. Pada belakangan waktu ini, ada tren herbal yang memanfaatkan daun buah sirsak sebagai salah satu cara untuk metode pengobatan. Daun sirsak yang digunakan adalah daun yang bentuk fisiknya baik (tidak cacat), bebas dari serangan hama, dan tidak terlalu tuan daunnya. Para praktisi pengobatan dan industri herbal biasanya memilih daun sirsak pada lembar ke 4-6 dari pucuk, dimana daun berada pada posisi tersebut dianggap memiliki kandungan zat aktif yang paling baik. Berikut ini ulasan dari beberapa manfaat daun sirsak yang bisa dijadikan informasi:

  1. Membantu mengobati asam urat

Cara yang dilakukan adalah menggunakan 6 hingga 10 daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih hijau. Daun-daun tersebut dibersihkan dengan dicuci sampai bersih. Selanjutnya daun sirsak tersebut dipotong-potong agar kandungan zat dalam daun lebih mudah untuk keluar. Potongan daun sirsak ditambahkan air kira-kira sebanyak 2 gelas, dan dilanjutkan dengan proses perebusan. Campuran air dan daun direbus hingga mendidih dan meninggalkan cairan tersisa 1 gelas. Ramuan tersebut diminum sehari 2 kali yaitu pada pagi dan malam hari.

  1. Membantu mengobati kanker

Pada beberapa berita, daun sirsak diteliti mempunyai kekuatan 100 kali kemoterapi untuk melawan kanker. Daun sirsak mengandung zat annonaceous acetogenins dipercaya 10.000 kali lebih kuat sebagai senjata ampuh membunuh sel kanker. Daun sirsak efektif membunuh sel-sel jahat 12 jenis kanker yang sering diderita manusia, antara lain leukemia, kanker paru-paru, kanker serviks, kanker pankreas, kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat. Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak yg tua direbus dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1 gelas, minum 2 kali setiap hari selama 2 minggu. Daun sirsak ini dapat digunakan sebagai kemoterapi yang hanya membunuh sel sel yang tumbuh tidak normal dan membiarkan sel yang tumbuh normal dalam tubuh penderita kanker.

  1. Membantu mengobati diabetes

Kadar gula darah yang normal adalah berada pada kisaran 70 – 120 mg. Bagi orang yang menderita diabetes memiliki kadar gula berlebih di atas kisaran kadar gula darah normal. Untuk solusi herbal, daun sirsak dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah tersebut. Kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh bisa dinetralkan dengan meminum air rebusan daun sirsak. Caranya dengan menggunakan 2 – 5 helai daun sirsak yang telah dicuci bersih. Daun tersebut direbus menggunakan air sebanyak 3 gelas. Dibiarkan mendidih hingga tertinggal airnya sebanyak 1 gelas. Ramuan ini diminum secara rutin pagi hari dan malam hari secara rutin 3-4 hari. Untuk mengetahui hasilnya bisa dilakukan pengecekan kadar gula darah.

0
0%
like
0
0%
love
1
100%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top