Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Dibalik seringnya masyarakat kita mengkonsumsi daun singkong sebagai sayuran atau lalapan, ternyata tak lepas dari manfaat daun singkong untuk kesehatanSejatinya, tanaman singkong yang biasa ditanam untuk dimanfaatkan umbinya sebagai sumber karbohidrat juga bisa dimanfaatkan untuk diambi bagian daunnya. Selain umbi, daun singkong memiliki nilai guna yang sangat tinggi terutama untuk kesehatan. Pasalnya banyak nutrisi yang terkandung dalam daun singkong.

Sponsor: produk pemutih wajah

Sebelum dapat dikonsumi, daun singkong harus melalui tahapan pemasakan terlebih dahulu agar daunnya lebih lunak dan nikmat disantap. Pada daun singkong terdapat zat asam hidrosianat yang beracun, yang apabila tertelan dapat mengakibatkan keracunan. Maka dari itu, daun singkong harus direbus untuk menghilangkan getah dan racunnya. Dalam selembar daun singkong terdapat kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu memberikan nutrisi dan menjaga metabolisme tubuh. Berikut kandungan senyawa yang ada pada daun singkong:

  • Protein

Setiap 100 gram daun singkong mengandung banyak protein atau sekitar 3,7 gram protein setelah dimasak. Bahkan kandungan proteinnya cukup baik dibanding sayuran hijau lainnya. Kandungan protein pada daun singkong juga beragam jenisnya yang sebanding dengan telur atau kedelai. Pada penelitian lain, proteinnya bahkan sebanding dengan daun kentang dan juga daun kacang manis,. Sebanyak 10 kali proteinnya jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan protein yang ada pada akarnya.

  • Karbohidrat

Selain kandungan protein daun singkong cukup banyak, kandungan karbohidratnya juga banyak. Daun singkong mengandung karbohidrat yang hampir sama dengan karbohidrat yang berasal dari biji-bijian dan kedelai. Karena kandungan karbohidratnya, maka daun singkong sangat cukup memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus membuat perut terasa kenyang.

  • Rendah kalori

Meskipun karbohidratnya yang mengenyangkan cukup banyak, namun daun singkong yang dikonsumsi baik dalam bentuk sayur atau lalapan memiliki kalori yang cukup rendah. Setiap 100 gram daun singkong siap makan ternyata hanya mengandung kurang lebih 37 kalori. Artinya kalori yang dihasilkan sangat rendah sehingga cocok dikonsumsi bagi para pelaku diet. Mengkonsumsi daun singkong dapat membantu menurunkan berat badan.

  • Vitamin dan serat

Daun singkong adalah sumber serat dan vitamin yang baik untuk menjaga metabolisme tubuh dan pencernaan. Vitamin yang ada pada daun singkong sebanding dengan wortel yang mampu memelihara kesehatan seperti vitamin C yang menjadi sumber antioksidan penting untuk membantu mencegah masuknya berbagai penyakit akibat radikal bebas seperti penyakit kardiovaskular, stroke, hingga kanker. Selain vitamin C, ada juga vitamin B untuk metabolisme dan  vitalitas, Beta Carotene sebagai antioksidan kuat pencegah kanker sekaligus menjaga DNA dari kerusakan.

  • Mineral

Daun singkong menyimpan beberapa sumber mineral penting diantaranya mengandung kalsium dan fosfor untuk kesehatan tulang, zat besi dan tembaga untuk mencegah tubuh dari kekurangan darah (anemia), zinc yang berfungsi sebagai sistem imun atau menjaga kekebalan tubuh. Serta ada juga mineral lain berupa magnesium dan mangan yang kompleks yang sebanding dengan hati dan telur.

Ragam manfaat daun singkong untuk kesehatan:

Selain kandungan daun singkong yang luar biasa, ada juga ragam manfaat yang bisa diambil dari daun singkong. Manfaat tersebut cukup untuk mengatasi atau memenuhi nutrisi tubuh yang hilang. Meskipun telah diolah menjadi sayuran yang enak, tetap tidak mengurangi manfaatnya. Dan berikut manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi daun singkong.

1. Sumber tenaga

Adanya bermacam protein dan asam amino essensial daun singkong, bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi yang cukup untuk memenuhi asupan energi tubuh. Selain itu ada juga karbohidrat yang berperan penting memasok kebutuhan energi tubuh yang dapat digunakan tubuh untuk melakukan aktifitas.

2. Metabolisme tubuh

Daun singkong yang kaya sumber protein nabati berperan penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Vitamin B nya dapat membantu sel-sel tubuh bekerja aktif untuk membentuk enzim-enzim untuk proses metabolisme tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi daun singkong, kita bisa mendapatkan tubuh yang lebih segara dan bugar.

3. Mencegah penyakit regeneratif

Daun singkong adalah salah satu sumber antioksidan sangat baik untuk mencegah masuknya radikal bebas dan membuang zat-zat radikal yang berbahaya untuk tubuh. Jika radikal diluar tubuh dapat dicegah masuk, maka akan mencegah munculnya penyakit berbahaya seperti kanker yang menjadi momok menakutkan.

4. Untuk diet dan menjaga berat badan

Karena mengandung sangat sedikit kalori, daun singkong sangat baik untuk membantu program diet. Ditambah dengan kandungan serat dan protein yang tinggi membuat daun singkong sangat ideal untuk menu diet sehat sehari-hari.

5. Penambah darah

Bagi penderita anemia atau kekurangan darah, cara membuat tubuh kembali segar adalah dengan mengkonsumsi mengkonsumsi daun singkong sebagai herbal penambah darah alami. Khasiat daun singkong ini sudah terbukti ampuh mengatasi gejala atau penyakit kurang darah bagi penderitanya.

6. Regenerasi sel tubuh

Daun singkong mengandung asam amino esensial yang menjadi sumber penting dalam menjaga sel tubuh tetap meregenerasi dengan baik. Asam amino sendiri merupakan jenis protein yang membantu tubuh menghasilkan sel baru sekaligus mengembalikan kembali funsi sel secara normal.

7. Baik untuk pencernaan

Terakhir, khasiat daun singkong banyak dibuktikan untuk membantu melancarkan buang air besar dan menyehatkan usus besar. Serat pada daun singkong sangat efek memperbaiki sistem pencernaan yang bisa menimbulkan sembelit.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top