Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Simbar Menjangan Atasi Penyakit Kronis

Manfaat Daun Simbar Menjangan Atasi Penyakit Kronis

Salah satu jenis tanaman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan badan adalah tanaman simbar menjangan. Tanaman ini dikenal masyarakat dengan sebutan tanaman paku tanduk rusa, tanaman ini memang merupakan jenis tanaman paku dan sering tumbuh dan menempel pada tanaman lainnya. tanaman ini mempunyai banyak kegunaan penting bagi kesehatan badan. Manfaat daun sibar menjangan atasi penyakit kronis yang popular beserta nutrisi pentingnya.

Sponsor: dr rochelle skin expert

Simbar Menjangan atau lebih dikenal dengan tanaman tanduk rusa adalah sejenis tanaman yang hidup dan tumbuh di batang pohon. Tanaman ini bukan parasit atau gulma hanya memanfaatkan tanaman lain sebagai tempat melekatnya. Tanaman ini masuk kedalam jenis pakis dengan bentuknya yang unik nan eksotis, sering dijadikan tanaman hias dan memiliki khasiat tertentu untuk penyembuhan.

Manfaat Daun Simbar Menjangan Atasi Penyakit Kronis

Sekilas Kandungan Nutrisi Daun Simbar Menjangan:

Sesuai namannya tanaman ini memang mirip tanduk rusa dengan bulu halus. Simbar mejangan lahir dengan nama ilmiah Paltycerium bifurcatum menjadi salah satu herbal tradisional dengan beberapa kandugan alami berupa flavonoid, polivenol, dan saponin. Ketiga senyawa ini merupakan zat alami yang terbentuk dalam tumbuhan dan berperan sebagai antioksidan kuat penangkal radikal bebas. Peran radikal dalam senyawa ini mampu mengatasi dan mencegah masalah penuaan. anti inflamasi, anti kanker dan antipatogen. Karena kuatnya senyawa antiokasida, maka sangat penting untuk memenuhi asupan flavonoid, polivenol, dan saponin dalam tubuh kita. Berikut beberapa manfaat luar biasa tanaman simbar menjangan atau tanduk rusa.

Manfaat Simbar Menjangan Untuk Kesehatan:

  • Mengobati Bisul

Manfat dari daun simbar menjangan yang pertama adalah mengobati bisul. Seperti telah diketahui bisul merupakan benjolan yang sering muncul pada beberapa permukaan kulit karena darah kotor. Bisul bukan merupakan penyakit yang berbahaya akan tetapi dapat menyebabkan rasa sakit yang sangat luar biasa jika tidak segera diatasi. Penyakit bisul dapat disembuhkan dengan menggunakan daun simbar menjangan ini, yaitu dengan cara menghaluskan sedikit daun simbar menjangan ini dan dicampur dengan kapur sirih. Setelah itu dioleskan pada bagian benjolan bisul tersebut. kandungan yang terdapat pada daun ini dipercaya dapat mengecilkan benjolan yang disebabkan oleh bisul.

  • Menyuburkan Kandungan

Apabila Anda mempunyai masalah pada kandungan dan susah untuk mempunyai keturunan ada baiknya Anda mencoba daun simbar menjangan ini sebagai solusinya. Caranya adalah dengan menghaluskan daun simbar menjangan ini dengan kunyit dan kemudian direbus dengan air putih. Setelah masak baru kemudian disaring dan diminum. Lakukan cara ini secara rutin untuk menyuburkan nkandungan serta membuat kandungan menjadi lebih kuat.

  • Mengatasi Demam

Demam adalah kondisi kesehatan yang bisa terjadi pada siapa saja terlebih perubahan iklim. Daun simbar menjangan atau daun paku tanduk rusa ini ampuh sebgai tanaman obat keluara untuk mengatasi demam. Sombar menjangan akan membantu menurunkan suhu tubuh secara bertahap. Cara penggunaannya adalah dengan menghaluskan daun ini dan dicampur dengan garam secukupnya. Setelah itu baru direbus dengan segelas air. Setelah dingin Anda dapat meminum ramuan ini sebagai penurun panas yang disebabkan oleh demam.

  • Mengobati Gondok

Gondok adalah penyakit yang diakibatakn karena adanya kelenjar pada leher dan memunculkan benjolan. Penyakit ini tidak terlalu berbahaya akan tetapi membuat penderitanya mempunyai leher yang sangat besar karena membengkak. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan tanaman daun paku tanduk rusa. Cara penggunaannya adalah dengan menghaluskan beberapa helai daun simbar ini serta dicampurkan dengan garam secukupnya. Setelah halus kemudian dioleskan pada bagian leher yang mengalami gondok. Dengan rutin mengoleskan ramuan ini ke bagian benjolan yang ada di leher akan bermanfaat meringankan serta mengecilkan benjolan tersebut secara bertahap.

  • Obat Haid Yang Tidak Teratur

Menstruasi pada wanita adalah hal sering dialami setiap bulan. Akan tetapi ada sebagian wanita yang mempunyai siklus haid yang tidak lancar serta tidak teratur. Untuk mengatasi masalah ini salah satunya dapat menggunakan daun simbar menjangan. Cara penggunaannya adalah dengan merebus beberapa helai daun simbar ini dengan beberapa gelas air dan kemudian diminum secara rutin. Kandungan yang terdapat pada daun ini bermanfaat untuk melancarkan haid sehingga apabila Anda mempunyai masalah haid yang tidak teratur dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi daun simbar ini sebagai minuman yang menyehatkan.

  • Penyembuh Kanker Ovarium

Ada sumber yang menyebut bahwa manfaat dari tanaman ini yaitu mampu menjadi herbal penyembuhan kanker ovarium. Bahkan seorang yang dinyatakan mengidap kanker ini dapat sembuh total setelah mengkonsumsinya. Sekilas tentang kanker ovarium yakni kanker yang tumbuh pada indung telur yang muncul akibat tumor maligna yang sebelumnya tumbuh di ovarium. Menurut salah seorang wanita yang terdiaknosa kanker ini mengalami sebuah observasi dengan memanfaatkan khasiat tanaman simbar. Dari hasil pengalaman pribadinya ia mencoba meramu resep dengan cara mengambil setangaki daun paku tanduk rusa kemudia bersihkan dengan cara disikat dan dicuci. Kemudian keringkan hingga benar-benar kering kemudian potong kecil-kecil. Untuk diolah ambil sejumput daun kering itu lalu seduh dengan air panas satu gelas. Tunggu hingga dingin dan sajikan. Satu kali seduhan dapat diminum dua kali dalam sehari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top