Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Salah satu jenis daun-daunan yang sering dijadikan bumbu dapur ataupun bahan campuran makanan adalah daun pandan. Daun pandan terkenal dengan aromanya yang wangi dan khas ini bisa membuat setiap makanan ataupun minuman yang diberi campuran daun pandan akan beraroma sangat wangi serta berasa sanagat lezat. Akan tetapi daun pandan bukan hanya dapat digunakan untuk bumbu dapur serta bahan campuran makanan saja, tetapi dapat juga bermanfaat untuk kesehatan Anda. Yuk kita kenal lebih seputar manfaat daun pandan untuk kesehatan yang aromanya sedap itu.

Sponsor: cream pemutih wajah

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Kandungan Nutrisi Daun Panda:

Panda adalah tanaman yang berasal dari golongan tumbuhan monokotil, berdaun panjang dan dari genus pandanus. Tanaman ini banyak dumbuh dan ditemukan di daerah dekat pantai dan beriklim tropika. Daun pandan sekilas mirip dengan daun palem atau rumput dengan tepinya yang bergerigi. Pandan bisa tumbuh hingga 5 meter. Ada banyak jenis panda di dunia ini sekitar 600 jenis, dan beberapa diantaranya yaitu pandan wangi, pandan duri, pandan laut, atau pandan papua yang bisa tumbuh hingga 15 meter.

Tanaman pandan mengandung beberapa nutrisi dan senyawa penting yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidupnya. Bahkan nutrisi dalam daunnya bisa dimanfaatkan untuk tanaman obat. Menurut seorang peneliti bernama Rohmawati dalam bukunya yang diterbitkan di tahun 1995, menyebut bahwa pandan memiliki kandungan kimia terutama pandan wangi. Senyawa tersebut berupa polifenol, flavonoid, saponin, dan alkaloid.

Sementara menurut Jhonny (1991), didalam tanaman ini terdapat sumber zat kimia yaitu alkaloid, saponin, tanin, flavonoid, dan polifenol. Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa metabolit sekunder yang memiliki sifat sebagai antibakteri. Hal ini juga dibuktikan oleh beberapa penelitian lain yang menyebut jika sebagian besar kandungan polifenol dan flavonoid dalam tanaman pandan mampu bertugas sebagai pengahmbat pertumbuhan bakteri.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Pandan:

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat dari daun pandan yang pertama adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Darah tinggi yang sering kali menyebabkan stroke yang dapat membahayakan keselamatan Anda. Apabila Anda mempunyai masalah tekanan darah tinggi bisa mencoba mengkonsumsi daun pandan sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Daun pandan mempunyai kemampuan untuk menyeimbangkan tekanan darah dan akan segera menurunkan tekanannya apabila tekanan darah menjadi tinggi atau meningkat.

  • Obat Rematik

Bagi sebagian orang terutama yang sudah berusia lanjut sering kali terserang penyakit rematik. Untuk mengatasi masalah tersebut selain dengan menggunakan berbagai obat-obatan Anda juga dapat memanfaatkan daun pandan. Cara penggunaannya sangatlah mudah cukup dengan mencampurkannya pada makanan atau pada minuman kesukaan Anda. daun pandan mempunyai sifat meredamkan rasa nyeri yang ditimbulkan oleh rematik ini.

  • Mengatasi Pegal Linu

Selain ampuh untuk mengatasi rematik daun pandan juga sangat ampuh untuk mengobati pegal linu. Daun pandan mempunyai sifat meredakan pegal yang diakibatkan oleh pegal linu tersebut serta mencegahnya datang kembali. dengan pengobatan menggunakan daun pandan secara teratur maka pegal linu dapat disembuhkan.

  • Obat Lemah Syaraf

Daun pandan juga menjadi obat untuk mengatasi lemah syaraf. Kondisi syaraf yang terkadang bermasalah akan mengakibatkan syaraf menjadi melemah sehingga tubuhpun akan dengan mudah mengalami berbagai gangguan kesehatan. untuk membuat syaraf kembali menjadi normal Anda dapat mempergunakan daun pandan sebagai obatnya. Nutrisi yang terkandung di dalam daun pandan akan menguatkan kembali syaraf yang melemah.

  • Menambah Nafsu Makan

Aroma yang harum serta rasanya yang lezat membuat daun pandan sering menjadi bahan campuran makanan untuk menambah nafsu makan. Terbukti aroma wangi yang ditimbulkan oleh daun pandan ini membuat siapa saja akan lebih suka makanan yang diberi campuran daun pandan dibandingkan makanan yang tidak diberi campuran. Bagi Anda yang sering mempunyai masalah pada nafsu makan Anda ataupun buah hati Anda, Anda dapat mencoba menggunakan daun pandan sebagai solusinya.

  • Obat Stres dan Depresi

Daun pandan juga bermanfaat untuk mengatasi stres serta depresi yang sering kali datang menghampiri Anda. daun pandan mempunyai sifat menennangkan pikian serta menghilangkan rasa kawatir serta gelisah yang sering kali menggagu pikiran Anda. ditambah lagi aroma daun pandan yang sangat harum mampu menenangkan fikiran Anda.

  • Mampu Menurunkan Kadar Glukosa Darah

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Indonesia, ektrak daun pandan yang diujikan pada tikus percobaan mampu menurunkan kadar glukosa darah pada pederita diabetes militus. Dalam penelitian itu disebut bahwa adanya antidiabet ekstrak air daun pandan wangi (EADPW) karena didalam pandan sendiri terkandung senyawa bioaktif berupa tanin, alkaloid, flavonoid dan polifenol dengan aktivitas antioksidannya mencapai 66.82%. Dari hasil penelitian tersebut, menunjukkan bahwa pandan wangi dalam ektraknya bisa membantu bagi penderita diabetes tipe 2.

  • Mengobati berbagai penyakit lain seperti

Selain bebarapa manfaat penting daun pandang yang sudah disebutkan diatas, tanaman yang tumbuh subur di daratan Indonesia ini sering dijadikan obat tradisional mengatasi penyakit. Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan herbal daun pandan yaitu cacar, demam, sakit kepala, kram peru, nyeri dada, batuk, arthritis, kusta hingga sakit telinga. Pandan juga tanaman yang bisa menyegarkan mulut dan nafas dan membantu mengurangi nyeri pada gigi dan gusi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top