Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Mint Bagi Tubuh

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun mint bagi tubuh – Daun mint menjadi salah satu tanaman yang mempunyai manfaat bagi kesehatan maupun dijadikan sebagai penambah aroma pada makanan. Banyak kita temui makanan-makanan yang memiliki rasa mint atau beraroma mint. Daun mint ini mudah ditemukan dimana saja. Selain itu sudah banyak orang yang memanfaatkan daun mint ini untuk pembuatan obat herbal. Aroma khas yang dikeluarkan oleh daun mint ini memiliki karakter tersendiri bagi para peminatnya. Sehingga aroma ini lah yang menjadi ciri khas dari daunt mint ini.

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh

sponsor: dr rochelle skin expert.

Beberapa kandungan dari daun mint seperti vitamin C, A, D, dan E dangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu memiliki antioksidan yang bagus untuk tubuh. Serta terdapat beberapa mineral yang terkandung di dalam daun mint seperti kandungan fosfor dan kalsium. Pada beberapa makanan daun mint biasanya ditambahkan sebagai aroma atau dijadikan sebagai rasa pada makanan tersebut. Pengolahan daun mint ini sangat mudah sekali. Daun mint bisa dicampurkan dengan teh, atau bisa dicampurkan dengan minuman lain seperti milkshake. Selain itu daun mint juga biasanya ditambahkan dalam salad buah. Untuk mempercantik makanan, daun mint ini juga biasa ditambahkan sebagai pelengkap hidangan makanan. Daun mint memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, beberapa manfaat daun mint diantaranya:

Manfaat Daun Mint Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menyehatkan Gigi Dan Mulut

Kesehatan mulut dan gigi sangatlah penting untuk dijaga. Karena jika kondisi gigi tidak sehat maka akan tidak nyaman jika melakukan aktivitas. Apalagi jika mempunyai bau mulut yang tidak sedap, akan memberikan kesan negatif pada orang lain dan mengganggu banyak orang. Daun mint memiliki kandungan menthol yang akan mengurangi bau mulut. Anti bakteri yanga da pada daun mint bisa mengurangi bau mulut karena produksi air liur yang bercampur dengan makanan dan juga bakteri yang ada di dalam mulut. Sifat anti bakteri dan anti inflamasi yang dimiliki daun mint baik untuk mencegah terjadinya kerusakan gigi.

  1. Meredakan Batuk

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu seseorang, walaupun bukan penyakit berat. Ketika seseorang sedang menderita batuk maka saluran pernafasannya akan terganggu. Dengan daun mint akan membantu melonggarkan rongga pada bagian hidung serta dapat melegakan pernafasan.

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Kandungan vitamin, minyak esensil serta serat dalam daun mint mampu mengurangi kolesterol jahat dalam darah. Daun mint ini sendiri tidak memiliki kandungan kolesterol didalamnya. Dengan mengkonsumsi daun mint secara rutin bisa menguragi kolesterol jahat dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit jantung, dan berbagai penyakit mematikan lainnya.

  1. Mengurangi Resiko Kanker

Sel kanker merupakan sel yang paling banyak ditakuti oleh banyak orang. Penyakit kanker tergolong kedalam penyakit yang susah untuk disembuhkan. Apalgi jika kanker tersebut sudah memasuki stadium akhir dan sudah metastase kemana-mana. Daun mint memiliki kandungan antioksidan yang bisa mencegah penyakit kanker terutama kanker usu besar. Jika mengkonsumsi daun mint maka antioksidan akan terserap oleh tubuh sehingga mampu menghindari penyakit kanker.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Kandungan daun mint seperti minyak esensial dan menthol mampu meredakan rasa sakit pada tubuh. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai analgesik yaitu zat yang bisa meredakan rasa sakit. Serta kandungan antispasmodic juga mampu bekerja untuk mengundurkan otot yang meregang shingga dapat meredakan otot yang sakit.

  1. Pertumbuhan Tulang

Terdapatnya kandungan mineral dalam daun mint seperti fosfor dan kalsium membuat daun mint ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan yang terdapat dalam daun mint tidak berbahaya sama sekali bagi tubuh. Seperti fitonutrien dan antioksidan yang mampu melancarkan pencernaan tubuh. Sama seperti tumbuhan hijau lainnya yang mempunyai kandungan serat yaitu bayam, dan sawi, daun mint juga memiliki serat untuk melancarkan pencernaan. Walaupun konsumsi daun mint tidak sebanyak sayuran hijau seperti biasanya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beberapa vitamin dalam daun mint salah satunya yaitu vitamin A mampu menjaga kesehatan mata. Vitamin A adalah vitamin yang sanagt bagus untuk seseorang yang meiliki mata bermasalah. Bagi orang yang sudah lanjut usia biasnaya mengalami gangguan rabun dekat maupun rabun jauh. Maka dari itu disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Salah satunya yaitu dengan daun mint dan wortel.

  1. Meringankan Penyakit Maag

Kandungan anastesi yang terdapat pada daun mint mampu meredakan rasa mual dan meringankan kejang pada perut. Selain itu kandungan antispasmodic pada daun mint yang dicampurkan dengan teh hangat bisa meredakan sakit maag. Apabila dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan asam lambung dalam tubuh atau mengurangi luka pada lambung.

  1. Mencegah Masuknya Radikal Bebas

Didalam daun mint jenis pappermint terkadnung 13,978 µmol TE/100 gram antioksidan. Daun mint yang dikonsumsi secara rutin akan enutrisi antioksidan masuk kedalam tubuh. Maka radikal bebas tidak akan mudah masuk kedalam tubuh. Sumber radikal bebas diantaranya berasal dari polusi, udara yang kotor, makanan yang berlemak, dan paparan sinar matahari secara langsung. Sangat cocok bagi orang yang kegiatannya berada dibawah sinar matahari, akan lebih banyak terkena radikal bebas. Maka dengan mengkonsumsi daun mint mampu mencegah radikal bebas masuk kedalam tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top