Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Meniran Untuk Kesehatan

Tanaman ini sangatlah mudah ditemui dan banyak tumbuh di iklim tropis. Jenis tanaman yang bisa tumbuh di berbagai tempat ini sangatlah banyak di manfaatkan oleh orang orang. Daun meniran merupakan jenis tanamn semak. Meniran juga tumbuh liar di tepi pekarangan rumah maupun hutan yang bersemak.

Sponsor: pemutih wajah

Apa sih ciri dari tanaman meniran ini? tidak susah untuk menjabarkanya jenis tanaman semak ini biasanya ber ciri batang yang berbentuk bulat dan dan basah,untuk tinggi tanaman ini kurang lebih sekitar 50 cm. Selain batang, daun tanaman meniran ini juga dikataķan dengan daun majemuk atau daun yang banyak dan memiliki daun yang menyirip di setiap batang tangkainya. Apa saja manfaat daun meniran untuk kesehatan?

Kandungan nutrisi tanaman meniran:

Secara ilmiah, tanaman meniran mengandung sejumlah senyawa penting yang dibutuhkan oleh tubuh tumbuhan juga untuk kesehatan manusia. Kandungan ilmiat meniran diantaranya phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, dan isoquercetin. Ada pula senyawa lain paling umum kita ketahui sebagai zat bermanfaat untuk tubuh manusia adalah beta-d-xylopyranoside dan beta-sitosteroy. Pada bagian akan serta daunya sangat kaya sekali senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin, hypophyllanthin, isoquercetin, astragalin, qeurcetrin, dan rutin. Saat mengalami proses, maka biji meniran akan menghasilkan minyak yang dikenal dengan kandungan asam lemak seperti asam linoleat, asam ricinoleat,  dan asam linolenat. Komponen lainnya berupa tanin, vitamin C dan vitamin K.

Manfaat tanaman meniran untuk kesehatan:

1. Dipercaya mampu memperkuat sistim imun

Pakar atau ahli medis mengemukakan bahwa daun meniran yang tumbuh secara luar ternyata mampu menjaga kekebalan tubuh dan memperkuat sistim imun. Zat yang terkandung di dalam daun meniran ini di percaya bagus dan bermanfaat bagi tubuh kita. Bahkan dalam mineran memiliki kemampuan sebagai anti kanker berkat adanya immunostimulator yang membantu merangsang aktivitas sel natural killer dan sel killer. Jika kedua sel tersebut aktif, maka dapat membantu menghancurkan sel kanker. Minumlah secara teratur ekstrak daun meniran ini ,jika anda ingin memperkuat sistem imun anda.

2. Resiko bakteri dan virus mikroba jahat

Tanaman meniran yang mempunyao zat imuno modulator yang di percaya mampu memperkuat sistim imun tersebut sangat bagus bagi tubuh. Semakin baik kadar imun seseorang akan lebih sulit oramg terkena penyakit. Terdapat zat yang ada dalam meniran berkinerja baik di dalam tubuh. 

3. Memiliki zat anti radang

Beberapa manfaat dari tanaman meniran salah satunya tanaman ini ternyata memiliki sifat anti radang. Dalam meniran ternyata tidak hanya menjaga sistim imun saja. Jangan sampai tubuh anda mengalami terinfeksi virus dan mikroba. Jika Anda mengalami hal seperti itu segera ambil beberapa daun meniran dan olah sebagai obat tradisional herbal.

4. Mengatasi rasa nyeri dalam tubuh

Banyak nya kandungan senyawa dalam daun meniran ini yakni adalah senyawa phylantus, flavonoid dan fitosterol ini ternyata bermanfaat baik di dalam tubuh. Seperti halnya fitosterol yang di percaya berkhasiat untuk tubuh ini mampu meredakan rasa nyeri yang ada di dalam tubuh. Jadi bagi anda yang merasa nyeri segera konsumsi beberapa ekstrak tanaman meniran ini.

5. Bermanfaat bagi penderita kadar gula tinggi

Penyakit gula atau diabetes adalah penyakit turunan, penyakit ini salah satunya adalah penyakit yang ekstra harus menjaga pola makan, tingginya gula biasanya makan nasi pun tidak boleh banyak banyak setiap harinya. Karena nasi yang punya banyak zat gula di dalamnya. Bagi  penderita gula untuk sedikit menetralisirnya Anda bisa mengonsumsi tanaman meniran ini secara teratur. Didalam meniran terdapat Phylanthun dan hypophillanthin yaitu komponen utama yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Caranya sama seperti lainya anda bisa mengambil beberapa daun meniran dan cuci bersih lalu rebus dengan beberapa gelas air, saring dan lekas minum dengan teratur.

6. Obat batu ginjal dan saluran kencing

Meniran sangat baik digunakan sebagai obat untuk atasi gejala, gangguan ginjal serta saluran kencing. Untuk dapat memanfaatkan khasiatnya, caranya dengan menyiapkan 30 gram daun meniran segar lalu cuci hingga bersih. Siapkan juga 30 gram daun sendok dan 30 gram tempuyung. Masukkan semua bahan dalam wadah, masukkan 4 gelas air dan rebus hingga tersisa 2 gelas. Biarkan dingin, saring dan minum air rebusan sebanyak 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore. Air rebusan meniran akan membantu proses peluruhan batu ginjal dan memperlancar saluran kencing.

7. Obat Hepatitis

Menurut uji klinis, meniran bisa membantu mengobati penyakit hepatitis tipe B. Dalam penelitian diungkap bahwa pasien hepatitis kronis yang diberi kapsul meniran selama tiga kali sehari dan selama satu bulan menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh mampu mengaktifkan sistem limfosit T dan B. Meniran juga mampu mendorong sistem mekanisme tubuh dalam memperbaiki sel-sel dalam hati manusia dengan meningkatkan enzim yang berperan sebagai anti oksidan alami. Untuk mengolahnya, rebus 30-60 gram daun meniran segar dan tambahkan 3 gelas air. Masalah hingga tersisa 1 gelas. Biarkan dingin kemudian saring airnya dan ramuan meniran pun siap diminum sekali dalam sehari selama satu minggu.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top