Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Daun ulam raja atau biasa disebut dengan nama familiar daun kenikir adalah tanaman semak yang sering dijadikan lalapan. Daun dengan nama ilmiah Cosmos caudatus Kunth ini saat diolah memiliki rasa yang manis dan bau yang khas. Meski begitu ada manfaat daun kenikir untuk kesehatan yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsinya.

Sponsor: produk pemutih wajah

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam daun kenikir berupa senyawa Saponin, Flavonoid, Terpenoid, Mineral, dan juga Tokoferol. Selain itu, kenikir juga kaya  minyat atsiri, polivenil, dan akarnya saja mengandung hidroksieugenol dan koniferil alkohol. Kemudian pada daun paling banyak dikonsumsi sebagai sayuran atau lalapan yang secara tradisional daun penting digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, penguat tulang lemah lambung, dan pengusir serangga tanpa harus menggunakan pestisida.

1. Mengobati kanker

Kandungan senyawa saponin dan flavonoid di dalam sayuran keningkir di percaya dapat memutus rantai sel penyebab penyakit mematikan seperti sel pada kanker. Maka dari itu mengkonsumsi kenikir sebagai herbal sangat di rekomendasikan. Anda bisa memanfaatkan ekstrak daun kenikir dengan cara diminum paling tidak sehari sekali sebagai pencegah sel kanker dalam tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Banyak orang berkeinginan menjaga kesehatan tubuh denga cara meningkatkan dàya tahan tubuh sambil memanfaatkan suplemen. Namun tidak dengan memanfaatkan herbal yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsinya tanpa khawatir efek bahan kimia. Ada sekian banyak kandungan dalam daun kenikir ternyata bisa meningkatkan kan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu ada juga nutrisi yang banyak terkandung dalam kenikir sangat percaya mampu menjaga sistim imun.

3. Sebagai anti radikal bebas

Selain untuk sayuran atau lalapan daun kenikir juga sebagai anti radikal bebas. Tanaman ini mampu melindungi tubuh dari masuknya dan mencegah radikal bebas dari luar tubuh. Mencegak penumpukan radikal dengan cara meminum ramuan ini. Caranya tumbuk daun kenikir dan minum segelas paling tidak 2 hari sekali.

4. Untuk mengobati lemah jantung

Kenikir banyak mengandung senyawa alami salah satunya berperan untuk memperbaiki sel sel yang rusak. Selain alami dalam kenikir akan membantu melancarkan peredaran darah di sekitar jantung sehingga mencegah  munculnya gejala serangan jantung penyebab kematian. Tak hanya itu kenikir bisa menjadi anti oksidan alami pencegah penyakit lemah jantung.

5. Mengobati penyakit maag

Mungkin sebagian orang yang memiliki penyakit maag sering menghiraukan kondisi tubuhnya. Meski begitu, jangan anggap sepele penyakit ini sebab bisa berujung komplikasi pada organ tubuh lainnya. Pencegahan lebih baik daripada pengobatan, sebab penyakit ini justru tak bisa disembuhkan dan hanya membutuhkan pencegahan juga mengurangi gejalanya. Cara memanfaatkan kenikir untuk obat alternatif maag yaitu dengan meminum atau makan langsung daun kenikir saat asam lambung muncul. Atau untuk pencegahan bisa dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top