Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kari Untuk Kesehatan

Manfaat daun kari untuk kesehatan selain membuat masakan jadi sedap juga baik untuk tubuh. Setiap masakan masakan yang lezat pasti membutuhkan berbagai campuran bumbu di dalamnya seperti penggunaan berbagai dedaunan sebagai campuran bumbunya. Salah satu bumbu dedaunan yang bermanfaat menambah arima kelezatan pada makanan adalah daun kari atau biasa disebut daun salam. Bagi sebagian masyarakat Indonesia daun salam merupakan bumbu wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang sebagai bumbu masak. Aroma kelezatan yang ditimbulkan oleh daun kari membuat makanan menjadi lebih lezat serta nikmat. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur daun kari juga bermanfaat bagi kesehatan.

Sponsor: cream pemutih wajah

Daun kari paling banyak digunakan di India sebagai bahan untuk pengobatan herbal tradisional. Daun kari ini dipercaya sebagai tanaman herbal dengan manfaat yang sangat tinggi. Dalam penelitian, dan kari mengandung zat untuk melembabkan sebanyak 66.3%, disusul dengan protein sebanyak 6.1%, 1.0% lemak, 16.0% karbohidrat, dan 6.4% serat alami. Daun ini juga masih banyak mengandung mineral dan vitamin berupa zat besi, kalsium, fosforus, asid nikotinik dan antioksidan dalam vitamin C. Untuk mendapatkan manfaatnya, di India tanaman ini hanya diambil daun bagian pucuk sebab dianggap masih memiliki antioksidan lebih tinggi dan lebih segar.

1. Mengatasi Diabetes

Seperti telah diketahui diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya serta beresiko dapat mematikan. Kadar guka yang tinggi dalam darah merupakan penyebab utama penyakit diabetes ini dapat terjadi. Penyakit diabetes karena kadar gula yang tinggi dapat disembuhkan dengan menggunakan daun kari sebagai obat tradisional. Zat yang terkandung dalam daun kari ini sangat bermanfaat menurunkan kadar gula dalam darah serta mengontrolnya agar tetap seimbang. Cara penggunaan daun kari sebagai obat adalah dengan merebus beberapa helai daun kari serta meminumnya. Jika cara ini dilakukan secara rutin maka kadar gula dalam darah dapat terkontrol serta diabetes yang Anda derita akan berangsur sembuh.

2. Mengobati Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan penyakit yang disebabkan karena produksi sel darah merah yang menurun. Aktivitas yang sangat padat serta pola makan yang tidak teratur dapat memicu terjadinya anemia. Mengkonsumsi daun kari sebagai minuman dipercaya dapat mencegah serta mengobati anemia. Kandungan zat besi yang terdapat pada daun kari merupakan komponen utama dalam pembentukan sel darah merah pada tubuh sehingga penyakit anemia dapat dicegah serta disembuhkan dengan mudah.

3. Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan merupakan alat penggilingan manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya Karena bekerja ekstra setiap harinya mencerna berbagai jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Rutin mengkonsumsi daun kari baik sebagai minuman maupun sebagai campuran pada makanan sangat bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan Anda. kandungan zat serta nutrisi yang terdapat pada daun kari sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan serta mencegahnya dari berbagai masalah pencernaan.

4. Mengatasi Diare

Diare merupakan masalah yang sering terjadi pada pencernaan. Diare disebabkan karena berkembangnya bakteri yang mengganggu pencernaan sehingga membuat pencernaan menjadi bermasalah serta buang bair besar yang tidak teratur serta terus menerus. Diare biasanya dapat disembuhkandengan menggunakan daun jambu biji sebagai obatnya. Akan tetapi selain menggunakan daun jambu biji  diare juga bisa disembuhkan menggunakan daun kari sebagai obat. Zat yang terkandung pada daun kari serupa dengan yang terkandung pada daun jambu biji yang sangat ampuh menghilangkan bakteri jahat yang terdapat pada pencernaan yang dapat mengakibatkan diare.

5. Mengurangi Kolesterol Jahat

Menurut studi, daun kari kaya antoksidan penting yang membantu menangkal berbagai macam radikal bebas dari dalam tubuh, organ, kulit hingga pembulu darah. Daun kari mampu mencegah penyumbatan pembulu darah akibat peran aktif dari lemak penyebab kolesterol jahat atau LDL. Daun kari mendorong terbentuknya lemak baik atau HDL yang mampu menyeimbangkan lemak LDL dan mengontrol jumlahnya. Minyak HDL dalam tubuh juga bermanfaat sebagai zat pencegah penyakit ateroklorosis dan penyakit jantung karena faktor yang dipicu oleh kolesterol LDL.

6. Menyehatkan dan Menyuburkan Rambut

Siapa yang menyangka jika ternyata daun kari dapat bermanfaat untuk menyehatkan rambut dna menyuburkannya. Daun ini menjadi solusi untuk mengatasi berbagai masalah rambut mulai dari rambut beruban, munculnya ketombe, kerontokkan rambut dan mengatasi rambut pecah dan bercabang. Daun kari terbukti juga ampuh dalam membantu meningkatkan pertumbuhan akar rambu, mencegah kerontokan dan mencegah rambut menjadi tipis. Untuk bisa memanfaatkan daun kari sebagai obat rambut caranya cukup mudah yaitu dengan campurkan satu genggam daun kari dengan satu sendok makan minyak kelapa lalu masak kedua bahan tersebut. Saring dan dinginkan lalu gunaka untuk tonik rambut.

7. Menyembuhkan Infeksi Kulit

Daun kari memiliki sifat anti inflamasi yaitu zat penghambat atau pencegah terjadinya infeksi akibat virus atau bakteri. Sifat antibakteri nya juga cukup efektif digunakan sebagai obat alami mengatasi penyakit kulit seperti jerawat, eskim, gatal-gatal atau luka. Bahkan di beberapa sumber menyebut jika khasiat daun kari yaitu menjadi alternatif obat penangkal dampak kemoterapi dan radioterapi untuk kanker. Daun kari mampu meminimalisir efek buruk kemoterapi yang bisa menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada tubuh akibat dampak radiasi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top