Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Yang Sayang Dilewatkan

Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Yang Sayang Dilewatkan

Daun dewa adalah tanaman herbal banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Manfaat daun dewa untuk kesehatan bermula dari ramuan jamu tradisional masyarakat Indonesia. Tanaman denan nama latihnya Gynura procumbens alias sambung nyawa memang banyak dimanfaatkan. Dan berikut ragam manfaat daun dewa alias sambung nyawa untuk kesehatan tubuh;

Manfaat Daun Dewa Untuk Kesehatan Yang Sayang Dilewatkan

Sponsor: kezia skin expert

  • Herbal pengobat kanker payudara

Daun dewa dipercaya ampuh atasi keluhan pada kanker payudara. Di dalamnya terkandung senyawa berupa protein yakni peroksidase. Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Universiti Sains Malaysia dalam jurnal PLoS ONE tahun 2013, daun dewa yang mengandung protein mampu menghambat tumbuhnya sel penyebab kanker di payudara. Berkat hasil penelitian itu, dipercaya jika daun dewa memiliki potensi tinggi sebagai herbal alternatif pengobat bagi penderita kanker payudara.

  • Mengobati herpes

Daun dewa juga diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit yakni herpes. Sebuah penelitian oleh tim Thailand dan Jerman, ektrak etanol daun dewa ampuh mematikan serta menghambat munculnya virus herpes simpleks HSV-1 dan HSV-2. Virus herpes tersebut akan ditekan agar tidak dengan cepat menggadakan diri sehingga penyembuhan cepat dilakukan. Menurut jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine, daun dewa juga diyakini bisa atasi penyakit herpes.

  • Mengobati penyakit hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi adalah suatu penyakit yang diawali dari terganggunya sistem aliran darah karena tersumbat oleh kolesterol. Knandungan etanol pada daun dewa dipercaya bisa menjadi obat penurun hipertensi. Temuan yang dimuat dalam Journal of Acupuncture and Meridian Studies (JAMS), Malaysia pada tahun 2013 ini membuktikan bahwa daun dewa bisa dimanfaatkan sebagai obat hipertensi.

  • Mengobati diabetes

Tak hanya obat ampuh hipertensi, daun dewa juga dipakai untuk atasi diabetes atau penderita sakit gula. Daun dewa diyakini sanggup melindungi ginjal dari dampak buruk gula darah. Studi melalui jurnal Frontiers of Pharmacology menyebut bahwa kandungan anti hipertesi, anti hiperglikemik, obat kardioprotektif, anti kanker dan antibakteri, serta anti oksidan dan anti peradangan semuanya ada dalam kandungan daun dewa.

  • Mengobati stroke

Ganggua stroke adalah penyakit yang sukar disembuhkan jika penderitanya sudah terserang. Namun bagi daun dewa, ia bersifat antihipertensi dan kardiprotektif sehingga mampu melindungi kesehatan jantung dan stroke. Stroke yang tidak segera diatasi bisa mengancam jiwa sehingga dibutuhkan pertolongan medis sesegera mungkin. Ramuan daun dewa diercaya bisa menunda serangan stroke sehingga membantu pentolongan medis lebih cepat.

Selain lima manfaat daun dewa, masih banyak manfaat lainnya. Namun perlu diingay bahwa mengkonsumsi daun dewa tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Daun ini hanyalah alternatif pengganti obat kimia. Daun dewa sama dengan obat herbal lain yang membtuhkan langkag perebusan guna mencegah kemungknan zat toksik didalamnya. Meski begitu obat herbal bukan salah satu pilihan untuk penyakit kronis, sebaliknya dikonsumsi untuk menjaga, memulihkan dan menurunkan risiko. Jangan berlebihan mengkonsumsi daun dewa sebab dikaitkan dengan keracunan hati dan penyebab penyumbatan vena di hati. Oleh sebab itu pelajari lebih jika perlu berkonsultasi pada dokter.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top