Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Binahong Mengobati Jerawat

Binahong adalah jenis tanaman merambat yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati penyakit dalam, menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Terutaman untuk kulit, salah satu manfaat daun binahong yaitu mampu mengatasi masalah jerawat, mencegahnya timbul kembali dan membantu  menghilangkan bekasnya. Manfaat daun binahong mengobati jerawat telah banyak terbukti di berbagai negara ternasuk di Korea yang merupakan negara asal tanaman merambat ini muncul.

Manfaat Daun Binahong Mengobati Jerawat

Sponsor: cream pemutih wajah

Binahong memiliki nama latin bassela rubra Linn yang kini dapat ditemukan di berbagai tempat, dan dapat tumbuh di lokasi tinggi maupun rendah. Tanaman ini tumbuh dengan merambat dan data pula ditemui pada daerah liar seperti hutan tropis basah, tepi sungai, dan rawa-rawa. Karena dikelompokkan sebagai tanaman herbal, tak sulit menemukan binahong karena banyak dibudidayakan. Bagian tanaman yang sering dimanfaatkan untuk pengobatan yaitu daunnya, dimana kuncup daunnya memiliki warna kecoklatan hingga transparan. Semakin tua, daun binahong akan berubah menjadi hijau tua, dan saat tanaman tumbuh dewasa, akan muncul bunga berwarna putih. Binahong memiliki bentuk daun oval yang hampir mirip dengan daun sirih. Daunnya silindris dengan tekstur lunak dan tumbuh saling membelit antar dahan serta tumbuh menjalar hingga 5 meter.

Kandungan tanaman binahong:

Kandungan bahan alami binahong, sudah lama dijadikan obat di Korea selama bertahun-tahun yang lalu, dan terbukti efektif merawat kulit. Daun pada tanaman binahong mengandung protein, vitamin C (asam askorbat), antioksidan, alkaloid dan zat anti bakteri. Daun binahong juga mengandung senyawa aktif flavonoid, saponin, minyak atsiri, dan terpempid yang dapat membantu mengobati, mencegah jerawat, meringankan peradangan dan membasmi bakteri Propionum acne, penyebab jerawat sering timbul. Kandungan lain pada daun yang tak kalah pentingnya yaitu asam oleanolic yang bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti peradangan) untuk mengurangi rasa sakit akibat luka bakar. Sementara bagian lain tanaman seperti umbi dan akar masing-masing memiliki kadar protein yang membantu meningkatkan sistem imunitas, merangsang pembentukan antibodi  dan  dan membantu menghasilkan hormon pertumbuhan untuk mengatasi sel tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Sementara pada akarnya, terdapat zat antimikroba (saponin) yaitu zat antibakteri dan antivirus, merangsang pembentukan kolagen, dan berperan aktif dalam proses penyembuhan luka atau anti inflamasi.

Cara mengatasi jerawat dengan binahong:

Ada dua cara mudah menggunakan tanaman binahong untuk obat pembasmi jerawat paling ampuh. Kedua cara tersebut adalah dengan memakai ramuan daun yang sudah dihaluskan kemudia dioleskan pada area wajah, dan cara kedua yaitu dengan meminum rebusan binahong.

1. Menggunakan secara langsung

Cara pertama yaitu dengan menggunakan daun binahong secara langsung. Pertama ambil daun binahong 5- 8 buah kemudia cuci hingga bersih. Tumbuk halus daun binahong hingga halus, kemudian oleskan hasil tumbukan secara langsung dan merata di area wajah yang terkena jerawat. Sebelum menggunakan masker alami binahong, jangan lupa untuk membersihkan wajah dari kotoran agar tidk menghambat proses pembersihan binahong. Cara membersihkan muka juga harus dilakukan dengan benar yaitu bisa dengan menggunakan sabun khusus jerawat. Untuk melakukannya, oleskan masker binahong secara teratur beberapa hari hingga jerawat lenyap. Agar hasilnya maksimal, bisa oleskan masker di malam hari sebelum tidur dan cuci hingga bersih keesokan harinya. Selain mengatasi jerawat, masker binahong juga ampung mencegah timbulnya keriput dan membantu meremajakan kulit wajah.

2. Diminum secara langsung

Selain dijadikan masker alami, binahong juga bisa dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Untuk lebih mudahnya bisa dengan merebus daun binahong. Manfata yang didapat dengan cara ini adalah membuat daun binahong jadi layu sehingga mudah menghasilkan ekstra yang mengandung senyawa aktif seperti minyat atsiri, saponin, terpenoid atau flavonoid. cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan menyiapkan 5-8 daun binahong lalu cuci bersih. Siapkan air sebanyak 2 gelas kemudian masukkan daun binahong dan air untuk direbus. Tunggu hingga mendidih dan biarkan hingga tersisa 1 gelas air dan saring airnya. Untuk mendapatkan khasiatnya, minum air rebusan daun binahong secara rutin setiap hari.

3. Obat pencuci wajah

Cara mengatasi jerawat dengan daun binahong yang terakhir yaitu menggunakan air rebusan daun binahong dan cuci ke kulit wajah yang terkena radang jerawat. Caranya yaitu siapkan sekitar 8 buah daun, kemudian cuci hingga bersih. Siapkan 2 gelas air, masukkan kedalam panci atau kuali bersamaan dengan daun binahong yang sudah disiapkan. Biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas dan angkat. Saring air rebusan, biarkan hangat suam-suam kuku lalu gunakan untuk pencuci wajah. Mencuci wajah dengan rebusan ini dapat membantu membuka pori-pori kulit wajah sehingga proses pembersihan bisa terjadi. Tak hanya mengatasi jerawat, air cucian binahong juga bisa mengencangkan kulit dan membatnya segar kembali.

Efek samping binahong:

Ada beberapa efek samping penggunakan daun binahong jika digunakan dalam jangka waktu lama. Pertama, jika dimanfaatkan sebagai herbal anti jerawat dalam jangka waktu lama, maka bisa membuat kulit menjadi kemerahan hingga gatal. Hal tersebut terjadi akibat efek dari getah daun binahong. Kedua, jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama, maka akan menimbulkan rasa pusing, gelisah , mual dan muntah, kesemutan, susah buang air kecil, hingga jantung berdebar. Ketiga, jangan konsumsi daun binahong saat hamil atau menderita angina (nyeri dada) karena dapat merangsang hati sehingga menyebabkan angina makin parah.

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top