Manfaat Tanaman

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Mata

Manfaat Daun Bawang Bagi Kesehatan Mata

Mata adalah indra penglihatan yang sangat penting. Karena itu, menjaga kesehatan mata adalah langkah utama bagi setiap orang. Berbagai masalah pada mata bisa saja muncul seperti mata minus, rabun, katarak, atau berbagai masalah lainnya. Munculnya berbagai masalah pada mata tersebut bisa menjadi salah satu penyebab kurangnya asupan nutrisi dan vitamin untuk mata. Mengkonsumsi sayuran dan buah dapat menyehatkan mata. Namun ternyata daun bawang juga menjadi salah satu jenis bumbu dapur yang juga bermanfaat untuk menyehatkan mata. Manfaat daun bawang bagi kesehatan mata diperkaya dengan bahan alami diantaranya:

Sponsor: pemutih wajah

1. Kandungan Pro Vitamin A

Salah satu kandungan yang terdapat dalam daun bawang adalah kandungan pro vitamin A. Seperti telah diketahui vitamin A merupakan jenis vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata Anda serta mencegahnya dari berbagai penyakit yang dapat menyerang mata Anda. Vitamin A banyak diperoleh dari wortel karena mengandung betakatorin. Selain dari wortel atau buah-buahan, kandungan vitamin A juga bisa diperoleh dari daun bawang. Daun bawang banyak  mengandung Vitamin A sama dengan yang terkandung pada wortel. Banyak mengkonsumsi daun bawang yang kaya akan vitamin A maka kebutuhan nutrisi untuk mata akan terpenuhi serta kesehatan mata Anda akan terjaga.

2. Antioksidan

Salah satu masalah yang terjadi pada mata disebabkan oleh masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Radikal bebas membawa bibit penyakit dan berkembang menjadi sel jahat penyebab munculnya penyakit. Radikal bebas dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti memicu pertumbuhan sel kanker serta tumor yang dapat menyerang seluruh anggota badan termasuk pada mata. Antioksidan yang terdapat pada daun bawang mampu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh serta membuat mata menjadi lebih sehat

3. Mengandung Senyawa Karotenoid

Kandungan dalam daun bawang juga terdapat senyawa karotenoid. Senyawa karotenoid merupakan  zat yang dapat menghasilkan retinol yaitu salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh mata agar mata menjadi sehat serta terhindar dari berbagai masalah lainnya. Asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk mata setiap harinya yaitu sebesar  2,6 % bagi pria dan 3,4 % bagi wanita. Kebutuhan asupan nutrisi tersebut dapat tercukupi dengan mengkonsumsi daun bawang secara teratur setiap harinya dengan mencampurkannya pada makanan yang akan Anda konsumsi.

4. Mengandung Rhodopsin

Kandungan yang terdapat dalam daun bawang yang lain adalah rhodopsin. Rhodopsin yang terdapat pada daun bawang bermanfaat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh retina mata dalam menerima cahaya. Retina yang sehat akan terhindarkan dari berbagai masalah mata seperti mata rabun, katarak, serta masalah penglihatan lainnya. Mata yang sehat yaitu mata yang mendapatkan asupan nutrisi cukup dalam tubuh sehingga penglihatan dapat bekerja dengan baik.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top