Tips & Trik Parent

Manfaat dan Tips Aman Anak Bermain Kotor

Kebanyakan orang tua terutama ibu merasa takut dan khawatir jika anak bermain kotor-kotoran atau membuat rumah mereka berantakan. Tetapi tahukah bahwa hal itu tidak salah baginya? Dan justru sebagian orang tak merasa khawatir saat anak mereka bermain di luar rumah sambil ber kotor-kotoran. Jadi, adakah manfaat dan tips aman anak bermain kotor?

manfaat dan tips aman anak bermain kotor

Sponsor: halojasa

1. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Seperti yang diungkap oleh penelitian dari sebuah rumah sakit di India, Patil Hospital bahwa bermain dengan sedikit kotor bagi anak-anak ternyata baik. Misalnya  bermain pasir atau lumpur, mencoret-coret dengan kapur atau cat, atau memainkan adonan kue. Semua cara itu justru bisa membantu sistem kekebalan anak menjadi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit. Dan sebaliknya, over protective dengan menyuruh anak selalu higienis justru bisa menurunkan daya tahan tubuhnya. Kok bisa? Ketika anak memutuskan bermain di tempat yang bersih dan higienis, maka secara otomatis tidak banyak bakteri yang terpapar sehingga sistem kekebalan tubuh anak jadi lemah. Misalnya  penyakit asma. Sementara jika anak pernah bermain kotor sebelumnya, maka bisa membantu memperkuat daya tahan terhadap penyakit berkat paparan mikroba dalam tanah.

Manfaat dan Tips Aman Anak Bermain Kotor

2. Meningkatkan kognitif anak dan rileksasi

Selain manfaat kesehatan, ternyata bermain kotor juga mampu tingkatkan fungsi kognitif sekaligus juga mengurangi stres anak. Bermain diatas tanah bisa tingkatkan fungsi kognitif anak hingga adanya bakteri tanah diyakini terbukti membantu fungsi otak lebih aktif. Kemampuan otak anak meningkat saat ia mengambil lidi dan mencorat coret tanah atau membuat bangunan dari pasir. Akhirnya, anak merasa lebih rileks, bebas dan nyaman. Menurut penelitian, ketika anak bermain di lumpur maka ia akan mencium bau lumpur dan mikroba yang masuk diyakini bisa membuatnya bahagia. Terlebih jika dilakukan bersama teman atau keluarga sambil tertawa lepas. Anak juga akan merasa senang terutama jika orang tua memberinya kesempatan bermain dan mengenal berbagai macam permainan atau tekstur yang bisa merangsang kepekaan indera perabanya.

Manfaat dan Tips Aman Anak Bermain Kotor

3. Mengajarkan Anak Peduli Lingkungan Dan Menambah Wawasan

Melakukan berbagai bentuk aktivitas di alam bisa membantu anak mengetahui atau mengenal banyak hal di luar sana. Jika anak sudah pahan akan pentingnya alam bagi kehidupan manusia, maka anak nantinya bisa belajar cara mencintai alam sekaligus menjaganya. Orang tua yang mengajak anaknya bermain di luar rumah bisa membantu mendekatkan hubungan antara anak dan orang tua. Anda pun bisa menjadi pembangkit semangat dan kreativitas anak sebab bermain kotor sama dengan memberikan kesempatan anak untuk belajar tentang banyak ilmu. Untuk merangsang kreativitas nya, Anda bisa coba membuat pot atau sesuatu lainnya dari tanah.

Cara mengajak anak bermain kotor dengan benar:

Membekali anak dengan permainan dan lingkungan yang bersih memang tidak ada salahnya. Namun jika anak ingin sehat secar fisik dan mental bermain di luar rumah adalah solusi. Seperti yang diungkap oleh para petinggi perusahaan gadget dan portal seperti Google hingga Apple dimana mereka justru melarang anak mereka bermain gadget atau perangkat digital lainnya saat usianya dini. Justru bermain bersama tanah adalah cara alami tingkatkan kecerdasan sembari mengenal alam. Jangan hanya marah saja, berikut langkah yang bisa Anda lakukan agar anak bisa bermain kotor tanpa khawatir sakit.

Manfaat dan Tips Aman Anak Bermain Kotor

1. Awasi saat anak saat bermain

Langkah paling penting ketika anak bermain di luar rumah adalah terus awasi supaya anak tetap aman. Mengawasi anak bermain kotor bisa Anda terapkan untuk anak usia balita. Jangan khawatir karena anak bisa bereksperimen. Usahakan tidak over protective dengan memasang banyak aturan seperti kapan waktunya anak boleh bermain kotor. Agar tetap berada dalam pengawasan Anda, lebih baik lagi ikut bermain bersamanya. Jika sudah selesai, ajak anak selalu membersihkan diri setelah selesai bermain kotor.

Manfaat dan Tips Aman Anak Bermain Kotor

2. Sediakan sarana anak untuk bisa berekspresi

Berikutnya, Anda bisa menyediakan sarana atau wahana untuk anak bisa menyalurkan bakat dan kreatifitas nya. Misalnya menyediakan cat atau krayon yang aman untuk anak. Sediakan pula alat pendukung lain seperti pensil, spidol, penggaris, stempel dan buku gambar. Jika Anak ingin melukis dengan kuas maka sediakan peralatan lukis seperti cat dan kanvas. Supaya daya kreatifitas nya meningkat, sesekali ajak anak bermain ke pantai sambil membangun istana pasir, bermain tepung dirumah, atau menanam jagung di kebun.

manfaat dan tips aman anak bermain kotor

3. Pahami keinginan anak lebih dalam

Ketika anak sudah beranjak dewasa, tak mungkin masa anak-anak akan ia dapatkan kembali. Jadi, sebelum masa bahagianya hilang pastikan Anda memahami betul apa yang diinginkan anak. Karena di masa balita memang identik dengan dunia bermain jadi bebaskan ia dengan dunia dan sekitarnya. Jangan cegah keinginan anak untuk bermain bersama teman-temannya atau melakukan kegiatan luar kesukaannya.

Beberapa fakta seputar bermain kotor memang benar adanya. Bermain kotor mampu tingkatkan sistem kekebalan anak, kreatifitas atau kognitif nya. Jangan takut jika pakaian anak Anda kotor dan sulit dibersihkan. Anda bisa menyewa jasa cuci pakaian professional yang bisa membantu membersihkan dan menghilangkan noda segala jenis pakaian anak lebih mudah tanpa bersusah payah mencuci.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top