Makanan Kesehatan

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang mempunyai rasa manis ini. Mulai dari anak kecil sampai orang dewasa banyak yang menyukai cokelat karena rasanya yang manis serta lezat. Cokelat merupakan jenis makanan yang mempunyai rasa yang manis yang berasal dari buah yang bernama kakao. Dari buah kakao inilah yang kemudian diolah dan menghasilkan cokelat yang berasa sangat manis dan lezat. Selain mempunyai rasa yang manis dan lezat cokelat juga mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan. diantara beberapa manfaat cokelat untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

Sponsor: kezia skin expert

1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah dalam tubuh haruslah lancar, karena jika terjadi sebuah penyumbatan atau ketidak lancaran pada peredaran darah akan menyebabkan masalah pada kesehatan Anda. cokelat dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini terjadi karena cokelat mengandung zat flavonoid yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar maka resiko berbagai masalah kesehatan dapat diminamalisir.

2. Menyehatkan Mata

Manfaat mengkonsumsi cokelat yang selanjutnya adalah dapat menyehatkan mata. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terdapat dalam cokelat berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, termasuk melancarkan peredaran darah menuju mata. Jika peredaran darah menuju mata menjadi lancar maka mata akan terhindar dari berbagai masalah serta membuat mata menjadi lebih tajam serta sehat.

3. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan yang sudah banyak terjadi. Serangan jantung dapat terjadi karena adanya pembekuan trombosit (sel darah merah) pada darah. Mengkonsumsi cokelat dapat melancarkan peredaran darah serta mengurangi resiko terjadinya pembekuan trombosit dalam darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung yang mematikan.

4. Mengatasi Diare

Diare merupakan salah satu masalah yang sering enyerang pada pencernaan Anda karena adanya bakteri jahat yang mengakibatkan pembuangan kotoran terganggu. Dalam mengatasi diare biasanya menggunakan daun jambu biji sebagi obatnya. Akan tetapi selain daun jambu biji, cokelat juga dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi diare. Kandungan zat flavonoid yang terdapat dalam cokelat bermanfaat untuk mengatur kadar cairan yang terdapat dalam usus yang dapat mengakibatkan diare. Jadi jika Anda mengalami diare selain menggunakan ramuan daun jambu biji, Anda juga dapat memanfaatkan cokelat sebagai solusi untuk diare Anda.

5. Mencegah Kanker

Seperti telah diketahui kanker merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dan mematikan. Penyakit kanker dalam tubuh dapat dicegah dengan mengkonsumsi cokelat. Hal ini dikarenakan cokelat mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh yang dapat mengakibatkan pertumbuhan sel-sel kanker. Dengan mengkonsumsi cokelat maka resiko berkembangnya sel kanker dalam tubuh dapat dicegah sehingga dapat menghidarkan Anda pada gejala kanker serta membuat badan Anda menjadi sehat.

Efek merugikan dari coklat:

Coklat memiliki jenis yang beragam seperti coklat putih, couverture, coklat tawar, cokelat susu, coklat cair, dan kakao. Dibalik manfaat yang tersimpan pada coklat, sayanganya ada sisi lain yang membuat mengkonsumsi cokat haruslah tepat. Secara garis besar, terlalu banyak mengkonsumsi coklat juga dapat mengakibatkan efek yang merugikan bagi tubuh. Seperti memicu timbulnya jerawat di wajah, meski buka menjadi penyebab utama timbulnya jerwat tetapi mengkonsumsi beberapa jenis coklat yang mengandung campuran bahan makanan seperti gula, sirop jagung, atau karbohidrat tertentu, dapat menjadi pemicu masalah kulit. Selain itu, rasa manis pada coklat juga bisa membuat orang yang mengkonsumsinya merasa ketagihan. Dibalik semua itu, kandungan gula atau pemanis yang ditambahkan pada batang coklat jika dikonsumsi dalam waktu lama akan membuat masalah pada berat badan, terutama dikonsumsi secara berlebihan. Sementara kelebihan berat badan sangat rentan menghasilkan penyakit kardiovaskuler.

Trik mengkonsumsi cokelat:

Trik mengonsumsi cokelat agar mendapatkan manfaat dan terbebas dari masalah adalah dengan melihat komposisi seperti kandungan lemak, gula atau kalorinya. Selain itu, banyaknya coklat dalam kemasan yang mengandung tambahan bahan pemanis yang bisa memicu resiko penyakit. Untuk dapat mencegah dampak yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi coklat, maka sebaiknya pilih coklat yang renda lemak dan rendah gula. Jika ingin mengambil manfaat cokelat untuk kesehatan, sebaiknya memilih bubuk kokoa ata bubuk coklat yang tidak mengandung pemanis atau memilih mencampurkan bubuk kokoa dengan bahan lain seperti susu rendah lemak, bubur gandum, atau makanan dan minuman lain. Jika kita cermati, sesendok bubuk kokoa tanpa pemanis mengandung sebanyak 20 kalori, atau sekitar 0,5 gram lemak dan 1 gram serat. Berbeda jika Anda mengkonsumsi coklat susu yang rata-rata mengandung hampir 270 kalori, 7 gram lemak biasa dan 10 gram lemak jenuh. Mengkonsumsi coklat susu juga tidak memiliki serat, jadi agar mendapatkan manfaat dari seratnya maka pilihlah bubuk kokoa yang bisa dicampur dengan makanan pelengkap yang rendah lemak atau sesuai selera. Meskipun hasil risert banyak membuktikan bahwa coklat berkasiat  untuk kesehatan, karena zat bio aktif dan anti oksidan diyakini secara medis dan psikologis dapat menimbulkan rasa nyaman. Meskipun begitu jangan sampai makanan manis nan lezat ini justru menimbulkan masalah kesehatan. Bijaklah dalam memilih produk dan mengkonsumsi coklat dengan baik.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top