Manfaat Buah

Manfaat Cengkeh, Si Rempah Atasi Mual dan Kembung

Cengkeh adalah tanaman rempah asli Indonesia yang banyak memiliki manfaat. Cengkeh sering dijadikan campuran ramuan obat untuk mengatasi masalah perut kembung dan mual. Cengkeh adalah obat ramuan pengendali rasa mual sekaligus memberi rasa hangat. Berikut ini manfaat cengkeh yang bisa atasi mual dan kembung dengan meracik sendiri di rumah.

Sponsor: perawatan wajah

Manfaat Cengkeh, Si Rempah Atasi Mual dan Kembung

  • Cara meracik ramuan cengkeh untuk atasi mual:

Pertama yang harus dipersiapkan adalah 10 butir cengkeh, ditambah 20 gram asam jawa, gula aren, dan air sebanyak 400 cc. Caranya dimulai dengan memasukkan bahan cengkeh kedalam panci, lalu tambahkan air, gula aren dan asam jawa. Rebus airnya hingga tersisa setengah. Setelah itu angkat dan saring air dari ampasnya. Biarkan hangat suam suam dan minum airnya  2 kali sehari masing-masing 100 cc.

  • Cara meracik ramuan cengkeh untuk atasi perut kembung:

Selain mengatasi mual, cengkeh dapat juha digunakan untuk mengatasi perut kembung. Yang harus dipersiapkan adalaj 10 butir cengkeh, dan air. Caranya, masukkan air panas kedalam gelas lalu tambahkan juga cengkeh. Tunggu hingga suhunya menjadi hangat lalu minum secara langsung.

  • Cara lain meracik ramuan cengkeh untuk atasi perut kembung:

Cara lain hilangkan kembung dengan rasa berbeda yakni dengan siapkan buah pir, dan 10 butir cengkeh. Cara ini bisa digunakan bagi yang tidak ingin meminum air cengkeh yang sedikit pahit. Caranya dimulai setelah siapkan buah pir, lubangi buahnya lalu isi dengan cengkeh. Bungkus buah pir tersebut dengan kertas alumuinium foil lalu panggang. Biarkan matang, dan buag cengkeh dari dalam pir. Makan langsung buah pir baik dalam keadaan masih hangat atau agar dingin.

Manfaat Cengkeh, Si Rempah Atasi Mual dan Kembung

Kandungan nutrisi cengkeh:

Selain ampuh mengatasi mual dan muntah, cengkeh dapat menjadi herbal yang mampu menjaga tubuh tetap hangat saat dikunyah langsung. Cengkeh berasal dari tanaman cengkeh yang biasa tumbuh di daerah peguningan dengan tinggi pohon mencapai 20 meter. Selain buahnya, bunga dan daunnya juga dapat dimanfaatkan sebagai minyak cengkeh. Cengkeh kering memiliki kandungan yang baik dan bisa sikonsumsi. Cengkeh kering mengandung energi sebanyak 292 kilokalori, karbohidrat 57.4 gram, protein 5.2 gram, karbohidrat sebesar 57.4 gram, kalsium 740 miligram, fosfor 100 miligram, lemak 8.9 gram,  dan zat besi 5 miligram.  Cengkeh juga mengandung vitamin A, B1 dan C.

Efek samping mengkonsumsi cengkeh:

Meski aman sebagai ramuan yang bisa mengatasi mual dan kembung, cengkeh ternyata juga memiliki efek samping tertentu. Efek samping paling umum yakni alergi hingga pendarahan. Bagi beberapa orang tidak mentolelir cengkeh dan bisa membuatnya alergi. Gejalanya ditandai dengan rasa gatal, sesak nafat dan ruam. Minyak cengkeh murni juga mengandung bahaya jika dikonsumsi berlebihan dan dalam dosis besar. Efek yang timbul berupa kesulitan bernafas, kejang, muntah hingga merusak ginjal juga orga hati. Efek samping lainnya yakni memicu pendarahan jika mengkonsumsi minyak cengkeh secara berlebihan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top