Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

Salah satu bunga yang sangat indah bentuk dan juga warnanya yang menawan adalah bunga sepatu. Bunga sepatu adalah tanaman semak khas Asia Timur yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropics. Sebagai tanaman hias, bunga dengan nama ilmiah Hibiscus rosa-sinensis L. ini terkenal dengan banyak sebutan termasuk di jawa yang mengenalnya kembang sepatu atau kembang worawari dan orang Bali yang menyebutnya dengan waribang. Meski dijuluki dengan banyak nama, ternyata masyarakat sendiri telah menggunakan manfaat bunga sepatu untuk menghitamkan rambut.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Fakta seputar bunga sepatu untuk perawatan rambut:

Sejak dahulu, bunga sepatu sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah rambut, merawat keindahan rambut sehingga membuat rambut tampak berkilau. Pengobatan tradisional Cina pun telah membuktikan jika bunga sepatu dapat digunakan sebagai ramuan alami penghitam rambut mulai dari akar hingga ujung. Fakta lain diungkapkan pada tabloid Senior yang menyebut jika seseorang bernama Ashadi telah mencoba bunga sepatu sebagai ramuan untuk menghitamkan rambutnya. Ashadi yang dikenal memiliki rambut putih akhirnya mencoba bunga sepatu dan hasilnya membuktikan bahwa rambutnya menghitam hingga 80% secara alami. intinya, ramua tersebut dapat meminimalkan uban sehingga rambut menjadi hitam legam.

Dengan memiliki rambut yang hitam alami, sudah pasti rambut akan tampak sehat dan indah. Satu dari masalah yang menyebabkan rambut cepat beruban, memutih atau berubah warnanya karena kebiasaan masyarakat yang mengikuti trend fashion seperti sering menggunakan pewarna rambut kimia. Jika kita tahu, gejala rusaknya rambut akibat pewarna rambut kimia tidak dapat membuat rambut berwarna secara permanen. Dan seiring bertambahnya waktu dan kondisi lingkungan, maka rambut yang dicat akan berubah warnanya lantara warnanya akan luntur dan berubah menjadi kecoklatan bahkan putih ditambah tektur rambut jadi kasar, kusam dan kusut.

 Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

Perawatan rambut hitam alami dengan bunga sepatu:

Jika Anda berkeinginan melakukan pewarnaan rambut atau mengatasi masalah uban, maka gunakan metode alami dengan ramuan tradisional penghitam rambut sekaligus bahan yang ampuh mengatasi masalah yang berhubungan dengan rambut. Untuk lebih jelasnya, manfaat bunga sepatu beserta caranya bisa kita ketahui sebagai berikut:

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

  • Masker Rambut

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk menghitamkan rambut dengan menggunakan bunga sepatu adalah dengan menggunakannya sebagai masker rambut. Bagian bunga yang dapat dijadikan sebagai masker rambut adalah kelopak bunga sepatu. Kelopak bun  ga sepatu mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan rambut, memperlancar peredaran darah pada rambut, dan mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Bunga sepatu dipercaya mengandung zat anti penuaan dini sehingga selain menjaga kesehatan rambut juga bermanfaat untuk menghitamkan rambut. Penuaan dini pada rambut ditandai dengan munculnya uban atau rambut putih. Hal ini tentu akan sangat mengurangi rasa percaya diri Anda karena Anda akan terlihat lebih tua dengan rambut yang beruban. Uban pada rambut dapat diatasi dengan masker bunga sepatu.

Cara:

Cara penggunaan masker rambut menggunakan bunga sepatu adalah dengan menghaluskan bunga dan juga daun bunga sepatu serta ditambahkan sedikit air, kemudian ratakan pada seluruh bagian rambut. Tunggu hingga masker bunga sepatu benar-benar kering dan meresap sempurna. Terakhir bilas rambut dengan air bersih hingga tidak ada sisa kotoran yang menempel. Keringkan rambut dan sisir harus. Tunggu hingga rambut kering dan hasilnya akan terlihat seketika dan untuk mempertahkan warna hitam rambut gunakan masker yang sama beberapa kali dalam seminggu.

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

  • Conditioner

Alasan penting Anda harus rajin menggunakan conditioner yaitu membuat rambut tetap ternutrisi dengan baik sekaligus melembutkan. Conditioner juga penting untuk mengganti minya alami pada rambut, mengatur kutikula rambut agar terlihat rapi, mengembangkan dan melindungi rambut, melembabkan dan menambah kilau rambut. Dari manfaat conditioner ini, kita semakin tahu bahwa perawatan rambut dengan conditioner sangat dibutuhkan. Di sisi lain penggunaan conditioner alami dirasa jauh lebih aman dibanding bahan kimia yang menyebabkan kulit dan rambut terlihat kering. Selain dipergunakan sebagai masker rambut bunga sepatu juga dapat dipergunakan sebagai conditioner alami untuk rambut. Karena berguna sebagai conditioner, bungan sepatu dapat menghaluskan rambut. Seperti penggunaan conditioner pada umumnya ramuan dari bunga dan daun bunga sepatu ini juga dipergunakan setelah Anda melakukan keramas.

Cara:

Cara pembuatan conditioner dari bunga sepatu adalah dengan menghaluskan daun dan bunga sepatu. Ambil 5 tangkai bunga dan tambahkan dengan 2 sendok makan madu. Agar manfaatnya lebih terasa bisa dengan menambahkan 2 sendok makan santankelapa sebagai bahan revitalitas alami untuk rambut. Setelah bahan jadi, selanjutkan aplikasikan conditioner ini pada rambut dengan meratakan paska ke seluruh bagian rambut. Gunakan pada saat rambut masih dalam keadaan basah. Diamkan beberapa menit hingga sedikit kering lalu dibilas rambut dengan menggunakan air bersih. Gunakan conditioner ini dua atau tiga minggu sekali untuk hasil rambut lembut dan hitam alami.

Manfaat Bunga Sepatu Untuk Menghitamkan Rambut

  • Sampo

Cara terakhir untuk mendapatkan rambut yang hitam alami menggunakan bunga sepatu adalah dengan menggunakannya sebagai sampo alami. Sampo menggunakan bunga sepatu sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut dan juga kulit kepala. Hal ini dikarenakan tidak adnya unsur kimia yang dapat membahayakan kesehatan rambut Anda. Sampo dari bahan alami ini mampu mengatasi uban dan membershkan ketombe secara menyeluruh.

Cara:

Para pembuatan sampo bunga sepatu adalah dengan merebus 10 hingga 15 lembar daun dan bunga sepatu, sambil dicampur dengan segelas air. Rebuslah beberapa menit hingga air mendidih dan tunggu hingga warna bunga sepatu berubah dan teksturnya menjadi lunak. Setelah itu, saring dan haluskan juga bunga dan juga daun bunga sepatu yang masih tersisa. Ambil airnya dan gunakan ramuan alami daun sepatu yang sudah siap ini untuk dipergunakan sebagai sampo Anda.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top