Manfaat Buah

Manfaat Buah Waluh Untuk Kesehatan

Jika Anda sering melihat pesta halloween ditelevisi pasti kenal dengan buah kuning yang satu ini. Di Indonesia, buah tersebut sering disebut waluh atau istilah lainnya labu kuning. Buah waluh merupakan salah satu jenis tanaman menjalar yang buahnya dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi. Buah waluh mengandung vitamin dan kaya serat, sehingga ampuh dijadikan menu diet untuk melancarkan pencernaan dan membantu metabolisme tubuh. Manfaat buah waluh untuk kesehatansangat ampuh mengatasi masalah pencernaan hingga kulit. 

Manfaat Buah Waluh Untuk Kesehatan

Sponsor: produk pemutih wajah

Buah waluh yang sudah tua atau siap untuk dikonsumsi akan berwarna kuning seperti buah lemon dan mempunyai rasa yang sangat manis. Untuk mengkonsumsi buah waluh tidak bisa dimakan secara langsung melainkan harus dimasak atau direbus terlebih dahulu. Waluh mengandung komponen mikronutrisi seperti karbohidrat, serat, protein dan lemak. Waluh juga kaya vitamin seperti vitamin A, dan betakarotin, vitamin C, E dan K, serta vitamin lain meliputi luten, titamin hingga folat. Selain kandungan mikronutrisi dan vitamin, komponen lain yang ada pada waluh yaitu  kalsium, zat besi, maknesium hingga zinc. Akibat kandungan serta yang tinggi yang terdapat dalam buah waluh mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan. Diantara beberapa manfaat buah waluh sebagai serat alami yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :

1. Mencegah sembelit

Sembelit atau sulit untuk buang air besar adalah permasalahan yang terjadi pada pencernaan Anda karena kurangnya jumlah serat makanan yang Anda konsumsi. Jika dibiarkan saja maka akan menjadi masalah yang serius yaitu wasir atau ambeien. Dengan mengkonsumsi buah waluh yang kaya akan serat alami akan dapat membantu pencernaan makanan serta memperlancar BAB Anda sehingga dapat terhindar dari penyakit sembelit.

2. Mencegah katarak

Penyakit katarak yang menyerang mata Anda merupakan masalah yang harus sesegera mungkin diatasi, karena jika dibiarkan akan sangat berbahaya yaitu akan mengalami kebutaan dan kehilangan penglihatan Anda. Buah waluh mengandung beta karoten, zeaxanthin, dan lutein, yaitu nutrisi yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda. mengkonsumsi buah labu secara rutin akan sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata Anda terutama bagi yang sudah berusia lanjut. Karena usia lanjut lebih rentan terserang berbagai penyakit terutama pada penglihatan karena lensa mata yang menjadi keruh karena bertambahnya usia.

3. Mencegah stroke

Stroke merupakan jenis penyakit yang berbahaya karena dapat membuat penderita mengalami kelumpuhan akibat dari tingginya jumlah kolesterol yang ada di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah walauh dapat mengontrol jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Seperti diketahui kolesterol yang tinggi adalah pemicu utama penyakit stroke ini. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah waluh dapat menghancurkan endapan kolesterol yang ada di dalam tubuh sehingga resiko terkena stroke dapat dihindari.

4. Sebagai sumber energi

Buah waluh mengandung zat gula yang dapat diubah menjadi energi untuk tubuh. Fungsi dari buah waluh hampir sama dengan nasi, ketela, kentang, dan jangung yaitu sebagai makanan pokok penghasil energi bagi tubuh yang menyehatkan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top