Manfaat Tanaman

Manfaat Buah Tin Buah Si Nabi Yang Melegenda

Manfaat Buah Tin Buah Si Nabi Yang Melegenda

Pernahkan Anda mendengar nama buah tin? Jika mendengar nama buah yang satu ini pasti Anda pernah membaca atau mendengar riwayat Adam dan Hawa bukan? Yah, ternyata ada manfaat buah tin si buah nabi yang melegenda yang baik dan berkhasiat untuk kesehatan.

Sponsor: cream pemutih wajah

Buah tin atau sering dikenal buah ara ini telah ada sejak lebih dari 1400 tahun silam. Buah ini tumbuh dan dikenal sebagai buah musim yang pertama kali ditemukan di Asia bagian barat. Dan selama ber abad-abad lamanya, buah tin banyak dipakai sebagai herbal amai yang kibi bahkan sudah banyak dibudidayakan termasuk di Indonesia. Jadi memang tidak sulit menemukan tanaman tin karena bisa tumbuh dan berkembang di daerah tropis.

Seputar Kandungan Nutrisi Buah Tin:

Sudah lama dikenal, buah tin kaya kandungan nutrisi, vitamin dan mineral. Setiap 100 gram (3.5 oz), terdapat sejumlah nutrisi diantaranya; kalori, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, viatmin B1 (tianin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B3 (Niacin), vitamin B5 (Pantothenic acid), vitamin B6, Vitamin B9 (asam folat), vitamin C, kalsium, iron, magnesium, potasium, phosphorus dan zat besi.

Manfaat Buah Tin Buah Si Nabi Yang Melegenda

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Pencegah Penyakit:

Menurut beberapa ahli, buah tin baik sebaga obat sembelit dan gangguan pencernaan, batuk dan flu, diabetes, asma dan bronkitis. Untuk lebih jelasnya, berikut disajikan manfaat buah tin yang melegenda dan banyak dipercayai oleh masyarakat sebagai buah nabi.

1. Cocok untuk diet dan penurun berat badan

Banyak para wanita mengidolakan bentuk tubuh yang ramping bebas lemak. Buah tin cocok untuk diet karena mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk memperlancar pencernaan dan metabolisme. Setiap 100 gram bah tin, terkandung kalori sekitar 74, artinya kalorinya sangat sedikit dan baik untuk program diet. Buah tin juga kaya vitamin, mineral dan warna yang terdapat dalam kulit buahnya mampu mencerahkan dan pelembab alami kulit. Anda bisa konsumsi buah tin ini selama puasa baik sahur ataupun saat berbuka puasa.

2. Pencegah penyakit kanker dan radikal bebas

Buah tin mengandung senyawa alami bernama zat pektin yang ternyata hanya didapat di buah-buahan tertentu. Kandungan zat pektin pada buah ini bermanfaat untuk kesehatan pencernaan terutama membantu kesehatan pada usus besar dan usus kecil. Buah tin dikenal oleh masyarakat timur tengah sebagai obat ampuh untuk herbal pencahar karena serat alaminya sangat berlimpah. Tak hanya baik untuk melindungi pencernaan, buah tin ini sangat baik sebagai pelindung tubuh dari risiko kanker perut dan kanker usus. Mengkonsumsi satu buah tin segar sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin A, E, dan K serta sumber antioksidan. Terdapat pula senyawa fitokimia yang berperan sebagai bahan penolak radikal bebas sehingga melindungi tubuh dari bahaya kanker, dan penyakit degeneratif yang sangat berbahaya.

3. Buah yang Kaya kandungan gizi dan vitamin yang bermanfaat

Paling baik saat mengkonsumsi buah tin yaitu dengan cara dikeringkan terlebih dahulu karena kandungan vitamin dan mineralnya lebih baik. Setiap 100 gram buah tin terdapat lebih dari 600 mg potasium, 162 mg kalsium, dan sekitar 2 mg zat besi. Itu artinya, ketiga komponen utama ini sangat penting dalam pembentukan sel juga cairan untuk tubuh sehingga membantu mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah lebih normal. Buah tin juga mengandung tembaga dan zat besi yang baik untuk proses produksi sel darah merah, sehingga mampu melindungi tubuh dari risiko anemia.

4. Buah tin ternyata adalah ramuan obat seksualitas

Siapa sangka ternyata buah yang satu ini sudah lama dipakai bangsa Arab sebagai obat pembangkit gairah seks. Buah tin adalah obat tradisional untuk memperbaiki masalah seksualitas seperti kemandulan, hingga difusi ereksi. Buah tin juga dikenal untuk obat kesuburan wanita serta obat kejantanan pria. Meskipun manfataanya untuk obat seksualitas masih diragukan, tapi dari hasil penelitian terdapat sejumlah vitamin dan mineral yang memang berperan baik untuk stamina dan pemambah energi. Bagi masyarakan timur tengah, ramuan tin sering digunakan dengan cara merendam 3-4 buah dengan susu selama satu malam, lalu pagi harinya diminum.

5. Anti bakteri, virus dan jamur

Buah tin juga ampuh sebagai bahan alami pembasmi bakteri, virus dan jamur penyebab masalah kesehatan. Didalam buah ini terkandung senyawa penting yang baik untuk membunuh sejumlah mikroba penyebab masalah pada kesehatan. Menurut Drug and Herbal Research Centre di Universiti Kebangsaan Malaysia, studi tersebut menyebut bahwa buah tin bertindak sebagai agen antibakteri dan antijamur alami dan ekstra tin memiliki kemampuan melawan bakteri terutama bekteri di mulut. Makanan dan kondisi kesehatan jadi salah satu penyebab masalah di mulut seperti bau, gusi berdarah hingga karang gigi.

6. Baik untuk penderita diabetes 

Buah tin mengandung karbohidrat yang rendah dan tinggi serat. Fiber atau seratnya baik dikonsumsi oleh penderita diabetes dan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Buah tin kering mengadung gula, jadi batasi konsumsi buah agar tidak mengganggu kesehatan.

Demikian beberapa manfaat yang bisa diambil dari buah tin. Buah melegenda yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Meskipun buah tin berbentuk kecil, tetapi khasiatnya sangat bagus untuk tubuh dan pengobat alami dari berbagai penyakit. Anda bisa mengkonsumsi buah ini dalam keadaan kering.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top