Manfaat Buah

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Buah pepaya, namanya tak asing lagi ditelinga Anda bukan? Buah dengan rasa manis ini dikenal memiliki tekstur daging buah yang lembut dan segar ber air. Buah kaya serat ini sangat favorit dijadikan buah untuk membantu memperlancar pencernaan. Namun, dibalik rasanya yang segar dan mampu membentu memperlancar BAB, buah khas tropis ini menyimpan banyak kelebihan dan manfaat buah pepaya untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kecantikan

Sponsor: kezia skin expert

Pepaya atau Carica papaya L., bisa disebut sebagai buah panjang umur. Christoper Columbus pada masanya menyebut buah pepaya sebagai buah para malaikat. Ukurannya tak seberapa, namun dibalik itu semua menyimpan banyak manfaat sehingga cocok dijuluki buah panjang umur. Dahulu buah ini tergolong langka dan eksotis. Namun kini pepaya begitu mudah didapat dan ditemui. Buah yang berasal dari Meksiko ini makin berkembang hingga banyak dibudidayakan di Indonesia, karena tergolong tanaman adaptif yang mampu tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Buah pepaya mengandung antioksidan yang bermanfaat melawan berbagai penyakit degeneratif. Buah ini juga bisa dikonsumsi oleh semua umur mulai dari  bayi hingga lansia.  Pepaya juga buah yang kaya sumber alami vitamin dan mineral yang sangat penting untuk menormalkan kembali fungsi tubuh. Untuk mendapatkan khasiatnya, masyarakat sering mengkonsumsi daging buah segar yang sudah matang. Selagi masih muda, pepaya juga sering dimanfaatkan sebagai  sayuran, rujak, manisan, atau
dimanfaatkan sebagai masker wajah.

Kandungan gizi buah pepaya:

Daging buah pepaya sangat rendah kalori dan tinggi serat, maka sering digunakan untuk program diet. Kandungan zat gizi utama dalam pepaya dalah protein 0.6%, karbohidrat 9.8% , dan lemak 0.1%. Kandungan vitamin pepaya sangatlah kaya seperti viatmin A, B kompleks, C, E, dan K.  Ada juga asam folat, magnesium, tembaga, asam pantotenat dan fiber yang memiliki peran tersendiri bagi kesehatan. Kemudian ditambah alpha dan beta karoten, lutein dan zeaxanthan, kalsium, kalium, zink dan lycopene berperan aktif untuk metabolisme tubuh. Terakhir, pepaya adalah buah paling ampuh sebagai antioksidan yang hampir sama dengan tomat.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi pepaya diantaranya adalah menatasi masalah jantung, stroke, anti kanker, menyehatkan alat pencernaan, pengontrol glukosa darah pada penderita diabetes, menurunkan tekanan darah, mempertajam penglihatan, meningkatkan penyembuhan luka, anti radikal bebas dan melawan penuaan serta sangat baik untuk kesehatan kulit.

1. Sumber antioksidan

Buah pepaya mengandung Vitamin A dan turunannya (beta karoten, cryptoxantin beta karotin, lutein-zeaxanthin) termasuk antioksidan si pemecah oksidasi akibat radikal bebas. Artinya, mengonsumsi pepaya melindungi tubuh dari berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, dan stroke. Bila  vitamin A, C, dan E disatukan mampu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol yang menempel atau menumpuk pada dinding pembuluh darah yang akhirnya membentuk plak (ateroklerosis). Bila plak kolesterol menumpuk dan dibiarkan, menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung dan stroke.

2.Meningkatkan imunitas

Pepaya mengandung vitamin C  tinggi yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Menurut data USDA Nutrient Database, tiap 100 gram pepaya mengandung vitamin C sebanyak 60.9 mg yang dapat memenuhi 100% kebutuhan vitamin C pada tubuh manusia. Semenyara menurut uji preklinis oleh Nayak dkk pada Indian Journal of Experimental Biology (2007), ekstrak buah pepaya mampu memperbaiki dan mempercepat proses penyembuhan luka. Dugaan yang dihasilkan menyebut bila vitamin C pada ekstrak bisa meningkatkan pembentukan kolagen jaringan kuliy yang luka serta mencegah terjadinya infeksi akibat mikroba. Tak hanya vitamin C, papain pada ekstrak pepaya dipercaya mampu memberikan efek penyembuhan luka lebih cepat. Jadi Vitamin C pada pepaya menjadi zat berguna sebagai antiradikal bebas, antiperadangan, serta peningkat sistem imunitas tubuh.

3. Pengatur kerja tubuh

Pepaya adalah sumber vitamin B kompleks dan asam folat  yang membantu kerja tubuh. Asam folat pada vitamin B kompleks memiliki peranan penting mengatur  fungsi tubuh, mengubah homosistein menjadi zat aman dalam tubuh. Sementara Homosistein adalah zat yang jika menempel pada dinding pembuluh darah bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

4. Anti Inflamasi

Kandungan enzim pengolah protein yang unik seperti papain dan chymopapain terbukti sebagai obat peradangan dan penyembuh luka bakar. Nitrisi antioksidan seperti vitamin C dan beta-karoten, sangat baik untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pafa asma, osteoarthritis, dan rheumatoid arthritis yang membutuhkan banyak nutrisi untuk penyembuhan.

5.Melancarkan buang air besar

Manfaat buah pepaya paling umum yaitu sebagai pelancar BAB. Pepaya dikenal sebagai buah laksatif atau buah yang dapat melancarkan proses BAB karena mengandung serat larut air yang alami.

6.Mencegah penyakit jantung

Kalium pada pepaya berperan penting untuk kesehatan jantung dan pembulu darah. Karena itu, kakium pada pepaya sangat efektif sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke. Jus pepaya beserta ekstraknya, memiliki efek anti hiperlipidemik, dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida plasma akibat kandungan enzim papain. Serat alami pepaya juga  sangat baik dan telah terbukti ampun sebagai obag penurun kadar kolesterol tinggi. Asam folat yang telah terkonversi (homocysteine)menjadi asam amino jinak (sistein/ metionin), mampu melindungi dinding pembuluh darah sehingga mampu menghalang faktor risiko terjadinua serangan jantung dan stroke.

7.Mencegah kanker

Nutrisi dan serat pada pepaya terbukti ampuh untuk mencegah kanker usus besar. Serat pepaya dapat mengikat racun penyebab kanker di usus besar dan melindungi sel-sel usus yang masih sehat. Folat, vitamin C, beta-karoten, dan vitamin E masing-masing berperan aktif sebagai obat penurunan risiko kanker usus besar, pencegah radikal bebas akibat kerusakan pada DNA usus dan memberikan perlindungan pada sel kolong pada usus besar.

8.Mengurangi resiko diabetes

Serat pada pelaya sangat baik untuk penderita diabetes dan mencegah naiknya kadar gula dalam darah. Penderita yang mengkonsumsi 50gr pepaya setiap hari, akan membantu menurunkan kadar glukosa 10% dan insulin 12%. Artinya bila dikonsumsi rutin, maka pepaya menjadi obat alami pencegah diabetes.

9. Melawan Penuaan dan memelihara kesehatan kulit

Pepaya bermanfaat untuk melawan tanfmda-tanda penuaan srkaligus memelihara kesehatan kulit. Zat antioksidan, vitamin A, C dan E pada pepaya bermanfaat sebagai anti radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, seperti keriput, flek, jerawat, dan kusam. Vitamin pada pepaya mampu melembabkan kulit, dan membantu mengembalikan kulit kusam menjadi  segar dan cerah

10.  Menyehatkan rambut

Kandungan vitamin A pada pepaya sangat bagus untuk menjaga kesehatan rambut, Magnesium  untuk memperkuat akar rambut, zat flavonoit untuk mengatasi ketombe, vitamin c untuk memperkuat akar rambut, Zat Niacin atau Vitamin B3  yang berfungsi memperbesar pembuluh darah kapiler sehingga membuat rambut cepet tumbuh, serta mengandung Kalium atau Potasium yang bermanfaat dalam pertumbuhan jaringan, pembentukan sel-sel rambut, memulihkan dan menggantikan rambut rontok rambut baru.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top