Manfaat Buah

Manfaat Buah Nangka Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Kulit

Buah nangka merupakan salah satu jenis buah tropis yang bisa dengan mudah ditemui di Indonesia. Buah nangka yang matang berbau khas dengan daing buah berwarna kuning, rasanya manis. Bentuk buah nangka secara keseluruhan sangat unik, ukurannya bervariasi dari bulat kecil hingga besar, berwarna hijau dengan duri-durinya yang tidak terlalu tajam, dan jika dibelah buahnya akan muncul getah berwarna putih. Jika buah nangka masih belum matang alias masih muda, biasanya dimanfaatkan pula untuk aneka olahan sayur, misalnya lodeh dan gudeg. Sayur nangka muda pasti sudah sangat tidak asing di lidah orang Indonesia. Jika matang, nangka bisa langsung dikonsumsi, karena rasa daging buahnya relatif cukup manis dan enak. Daging buah nangka ini juga sering ditambahkan dalam aneka olahan es atau dessert, seperti campuran dawet / cendol, camcau / cincau, hingga es teller / es campur.

Tidak cuma enak di lidah, nangka juga menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan kulit. Berikut ini rincian manfaat tersembunyi dari pemanfaatan nangka untuk nutrisi kulit:

Manfaat Buah Nangka Untuk Kecantikan

  1. Mencegah dan menyamarkan keriput di area mata

Untuk membantu mencegah serta menyamarkan keriput di area sekitar mata, buah nangka yang digunakan adalah dalam kondisi matang. Buah nangka tersebut dicelupkan pada susu dingin untuk beberapa saat, lalu digosokkan lembut pada bagian yang berkerut di sekitar mata. Perawatan ini bisa dilakukan selama 4 minggu secara rutin untuk bisa mendapatkan hasil lebih efekti dan maksimal dalam menghilangkan kerutan di sekitar mata.

  1. Menyembuhkan jerawat

Bagi kulit wajah yang berjerawat, nangka bisa digunakan untuk mengatasi jerawat yang dilakukan dengan membuat bubur nangka terlebih dahulu. Bubur nangka yang lembut ini selanjutnya ditempelkan pada kulit yang berjerawat, dan dibiarkan hingga mengering atau kurang lebih selama 15 – 20 menit. Jangan lupa sebelum pemakainan wajah dibersihkan terlebih dahulu agar hasilnya lebih maksimal. Tahap akhir wajah dibilas dengan air hingga bersih.

  1. Mengatasi kulit berminyak

Untuk membantu mengatasi kulit berminyak, nangka yang telah diubah menjadi bubur ditambah dengan 1 sendok minyak zaitun. Wajah kemudian dibersihkan terlebih dahulu. Pasta dari campuran bubur nangka dan minyak zaitun ini digunakan sebagai masker wajah yang didiamkan selama kurang lebih 30 menit. Terakhir, wajah dibilas dengan air hangat hingga bersih.

  1. Mengatasi kulit terbakar

Kulit terbakar yang dimaksudkan di sini adalah disebabkan karena pengaruh radiasi sinar matahari yang terik. Kulit yang tampak terbakar biasanya terlihat berwarna coklat kemerahan dan terasa perih. Untuk membantu penyembuhannya, nangka yang telah diubah menjadi bubur ditambahkan dengan perasan air lemon. Oleskan pasta tersebut pada kulit yang terbakar tersebut secara rutin sekitar kurun waktu 1 bulan.

  1. Mengatasi noda di wajah

Buah nangka yang matang kaya vitamin C. Untuk mengatasi noda kulit di wajah, bubur nangka dioleskan pada kulit wajah yang bernoda secara teratur, hingga gejalanya berkurang.

  1. Mengurangi pigmentasi kulit di sekitar mulut dan dagu

Cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan nangka yang telah dihaluskan menjadi bubur, kemudian dioleskan ke kulit sekitar mulut dan dagu, sambil dipijat-pijat melingkar dengan lembut kurang lebih selama 5 menit. Selanjutnya biarkan 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Membantu melembabkan kulit wajah yang kering

Kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan masker berbahan buah nangka yang telah dibuat menjadi bubur. Selanjutnya masker tersebut dibersihkan dilanjutkan dengan masker susu pada wajah. Terakhir, wajah dibersihkan hingga bersih dengan air.

  1. Membantu kulit tampak lebih bersinar

Biji buah nangka dimanfaatkan untuk membantu kulit agar tampak lebih bersinar sebagai bahan perawatan dari luar. Untuk daging buahnya tetap dikonsumsi sebagai perawatan dari dalam. Biji buah nangka yang telah kering ditumbuk hingga halus, selanjutnya ditambahkan susu dan madu, sehingga membentuk pasta. Kulit wajah yang telah dibersihkan diolesi dengan pasta sebagai masker secara merata, dan dibiarkan hingga mengering. Terakhir, wajah dibilas dengan air.

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top