Manfaat Buah

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Rambut

Ternyata, memiliki rambut indah berkilau bisa kita peroleh dari manfaat buah mengkudu untuk rambut. Buah tropis mengkudu yang selama ini kita kenal khasiatnya untuk kesehatan dan mengatasi penyakit, ternyata dapat pula digunakan sebagai obat kecantikan alami rambut. Mengkudu sendiri adalah tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Buah ini diambil manfaatnya untuk rambut sebab mengandung nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan rambut.

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Meski rasanya tak sepopuler namanya, buah yang mendapat julukan rajanya herbal ini memang mengandung khasiat penyembuh beraneka ragam penyakit. Untuk menghindari rasa mengkudu yang tidak terlalu enak tersebut, kini sudah banyak dijadikan bahan baku obat-obatan dalam bentuk ektrak dan kapsul mengkudu.

Kandungan nutrisi buah mengkudu:

Mengkudu atau Morinda citrifolia adalah tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Didalam satu buah mengkudu terdapat rangkaian nutrisi dan zat penting yang sangat luar biasa. Beberapa zat penting tersebut berupa:

  • Zat nutrisi yaitu zat yang memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin, mineral, protein dan berbagai senyawa. Senyawa yang terkandung dalam mengkudu yaitu terpenoid dan scolopetin. Terpenoid bermanaat sebagai zat pembantu proses organic dan zat penyembuh sel-sel tubuh yang rusak. Sementara scolopetin berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan sekaligus obat alergi
  • Zat anti-bacterial yaitu zat yang ampuh dalam membunuh kuman bakteri dalam tubuh penyebab berbagai infeksi seperti pseudomonas, protens, aeruginosa, staphylococcus aureus, Escherichia coli morgana, dan bacillus subtilis.
  • Zat anti kanker
    Zat anti kanker identic dengan zat antioksidan penting yang baik untuk menghacurkan sel penyebab kanker. Mengkudu mengandung zat anti kanker yang bertugas untuk menghambat terjadinya sel-sel abnormal dalam tubuh.
  • Zat asetil dan hipokelemestik yaitu zat asetil yang berperan penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membunuh kuman. Sedangkan zat hipokelemestik berguna dalam mencegah dan menjaga tubuh dari berbagai serangan virus penyebab penyakit.
  • Zat moridon dan soranjidiol adalah dua zat yang memiliki peran penting untuk menjaga system pencernaan dan kemih. Moridon membantu mengatasi sembelit karena zat ini bersifat melancarkan saluran cerna yang memudahkan kita membuang kotoran. Sedangkan soranjidiol dapat membantu mengatasi susah buang air kecil.
  • Zat terpenes berperan penting dalam meremajakan sel tubuh yang rusak baik akibat pola hidup, masukknya radikal bebas atau penyakit. Zat terpenes baik untuk merepajakan sel kulit kepala dan jaringan pada rambut.

Manfaat mengkudu yang baik untuk kesehatan dan kecantikan rambut:

1. Mengatasi rambut rontok

Mengkudu dapat menjadi masker rambut yang baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Rambut rontoh bisa disebabkan oleh beberapa hal, dan untuk mmebantu melebabtkannya kembali cara mudah dengan masker bengkuang yaitu dengan menyiapkan mengkudun matang dan kuning telur bebek. Haluskan kedua bahan dan aduk rata. Oleskan masker pada rambut yang sudah dibasahi, pijat dan oles hingga ke akar rambut. Tunggu semala 20 menit agar nutrisinya meresap lalu bilas rambut dengan air bersih hingga baunya tidak tidak tercium. Lakukan perawatan dengan mengkudu ini minimal 2 kali seminggu.

2. Menghilangkan ketombe

Kulit kepala yang tidak sehat ditambah kotor dan berminyak bisa menjadi tempat timbulnya ketombe. Ketombe sendiri adalah sel kulit mati yang tidak sehat dan akhirya terkelupas. Ketombe yang bermasalah akan menimbulkan gatal, membuat rambut mudah lepek dan membuat pertumbuhan rambut kurang sehat. Cara menggunakan mengkudu untuk mengatasi ketombe yaitu dengan diapkan satu buah mengkudu matang, haluskan dan oleskan ke seluruh bagian rambut dari pangkal hingga ke ujung. Pijat perlahan kepala hingga sari mengkudu meresap. Diamkan 20 menit dan bilas dengan air bersih agar aroma mengkudu yang khas bisa hilang.

3. Menghitamkan rambut

Rambut yang sehat bisa jadi rambut itu hitam, lembut dan berkilau. Mengkudu memiliki nutrisi yang dapat meremajakan kulit kepala dan rambut serta bahan alami menghitamkan rambut. Cara menghitamkan rambut dengan mengkudu yaitu menyiapkan buah mengkudu matang, daun pandan dan air. Pertama rebus 7 lembar daun pandan dengan 1 liter air dan diamkan selama semalm penuh. Pagi harinya, campur air rendaman daun pandan dengan mengkudu yang sudah diperas. Aduk hingga kedua larutan rata lalu bilas atau oleskan ke rambut hingga rata. Diamkan selama beberapa menit hingga sari dan nutrisinya meresap. Terakhir bilas rambut dengan air hingga bersih. Perawatan bisa dilakkan minimal 2 kali seminggu selama 3 minggu.

4. Obat alami membasmi kutu rambut

Rambut gatal karena kutu ternyata bisa juga diatasi dengan buah mengkudu. Buah ini memang terkenal dengan aromanya yang tidak sedap. Namun dibalik itu semua, terdapat zat aktif yang berperan untuk mengusir sekaligus membunuh kutu. Jika kutu rambut dibiarkan bersarang, maka akan menjadi banyak dan membuat rambut gatal hingga terluka. Khasiat anti bakteri dan anti virus mengkudu sangat baik mengusir kutu caranya dengan siapkan mengkudu matang dan blender atau haluskan agar menjadi jus. Oles masker jus mengkudu ke kepala menyeluruh hingga tidak ada rambut yang belum terolesi. Diampak selama beberapa menit hingga larva dan telurnya mati. Selanjutnya bilas sampai bersih rambut dengan air.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top