Manfaat Buah

Manfaat Buah Melon Untuk Kecantikan

Buah melon adalah salah satu jenis tanaman menjalar yang masuk dalam keluarga labu. Melon juga merupakan buah tropis primadona yang banyak digemari. Salah satu kerabat dekat buah semangka ini mempunyai rasa yang manis dan menyegarkan sehingga menggoda setiap orang untuk mencicipinya. Selain mempunyai rasa yang sangat manis buah melon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh karena banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain untuk kesehatan tubuh buah melon juga dipercaya bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan wajah. Manfaat buah melon untuk kecantikan kulit dan wajah antara lain adalah sebagai berikut:

Manfaat Buah Melon Untuk Kecantikan

Sponsor: kezia skin expert

Kandungan nutrisi pada buah melon yang paling penting adalah mengandung vitamin C cukup tinggi, yang baik untuk mencukupi kebutuhan dalam tubuh. Vitamin C bersifat antioksidan dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, menangkal berbagai bahan radikal bebas baik dari dalam atau luar tubuh. Selanjutnya melon juga sumber vitamin A yang  penting untuk menjaga kesehehatan beberapa organ tubuh seperti mata, tulang, gigi, selaput lendir hingga kulit. Melon juga mengandung zat kalium dan likopen, dimana kedua zat tersebut sangat efektif untuk mencegah beberapa penyakit regeneratif yang berbahaya. Kalium pada melon mampu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Sedangkan likopen mampu mencegah risiko penyakit paling berbahaya seperti serangan jantung dan kanker.

1. Mencerahkan kulit wajah

Buah melon banyak mengandung vitamin C sehingga dapat mengangkat sel kulit mati dan dapat mencerahkan kulit. Cara agar mendapatkan kulit wajah yang cerah dan cantik yaitu dengan cara menjadikan buah melon sebagai masker wajah sebelum tidur. Yaitu dengan menghaluskan buah melon dengan cara memblender dan dioleskan merata keseluruh bagian wajah.

2. Melembabkan kulit

Selain dapat mencerahkan kulit wajah menggunakan masker dari buah melon juga dapat melembabkan kulit wajah. Melon memiliki banyak kandungan air  yang berkhasiat untuk meng hidrasi kulit, memberi kulit kaya air sehingga tampak segar. Cara penggunaannya hampir sama dengan pembuatan masker untuk mencerahkan wajah hanya saja melon yang sudah dihaluskan dicampur dengan madu, kemudian dioleskan merata ke seluruh bagian wajah yang Anda inginkan. Campuran antara buah melon dan madu sangat ampuh untuk melembabkan kulit wajah Anda.

3. Menghambat penuaan dini

Kulit yang terasa lembab dan sehat akibat dari vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah melon dapat menghambat proses penuaan dini, seperti munculnya garis-garis halus dan kerutan pada wajah Anda. Wajah yang banyak terdapat kerutan dan garis-garis halus akan terlihat lebih tua dari usianya. Dengan menggunakan buah melon sebagai masker dan rutin mengkonsumsinya dapat menghambat proses penuaan dini pada wajah Anda.

4. Mencegah dan mengobati jerawat

Kulit wajah yang sehat akan menghambat dan mencegah munculnya jerawat pada wajah Anda. jerawat muncul karena kuliit wajah yang kurang sehat dan berminyak. Buah melon mengandung vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh wajah sehingga dapat mencegah munculnya jerawat. Apabila jerawat telah tumbuh diwajah buah melon juga ampuh unuk menghilangkan jerawat tersebut. Caranya yaitu dengan mencampurkan buah melon yang sudah dihaluskan dengan air perasan jeruk nipis dan kemudian menjdikannya sebagai masker wajah. Campuran antara buah melon dan air jeruk nipis dipercaya dapat membasmi jerawat.

5. Menyehatkan rambut

Buah melon yang dihaluskan dan dicampur dengan madu dapat mengatasi masalah pada rambut seperti masalah kerontokan pada rambut Anda serta dapat menjaga kesehatan dan kesuburan rambut. Cara penggunaannya adalah campuran melon dan madu dioleskan merata keseluruh bagian rambut sambil diremas dan dipijit secara perlahan, diamkan beberapa saat dan kemudian bilas dengan air bersih.

6. Masker alami menyegarkan kulit

Khasiat buah melon ternyata baik juga dijadikan sebagai masker wajah alami dan lebih baik ketimbang hanya menggunakan air dingin atau masker beralkohol. Meskipun membilas wajah dengan air bisa terasa segar, tetapi bisa juga merusak sel-sel kulit wajah baru yang membuat wajah menjadi kusam. Pentingnya masker alami melon, dapat menyegarkan wajah sekaligus melindungi sel kulit baru. Untuk dapat membuat masker alami, pertama kupas kulit melonnya dahulu, dan iris tipis-tipis daging buahnya. Selanjutnya balut irisan-irisan melon tersebut dengan kain kasa atau kain yang tipis, dan kompres atau letakkan kain pada permukaan wajah selama 15 belas menit dan bilas di akhir perawatan.

7. Menghilangkan noda hitam

Selain memanfaatkan masker melon untuk menyegarkan kulit wajah, perawatan dengan masker melon ternyata ampuh untuk menghilangkan noda-noda hitam atau noda bekas jerawat pada wajah. Caranya dengan menggosokan masker melon pada wajah yang terdapat noda hitam. Untuk hasil maksimal lakukan perawatan secara rutin 15 menit setiap hari.

8. Meningkatkan kolagen kulit

Yang paling penting adalah, melon bermanfaat untuk kesehatan kulit karena adanya kandungan kolagen yang cukup tinggi. Kolagen adalah suatu zat yang berguna untuk proses regenerasi kulit dan pelepasan sel-sel kulit mati. Artinya, semakin baik regenerasi kulit, dan semakin sempurnanya pelepasan sel kulit mati pada kulit, dapat membuat kulit wajah jadi cerah, segar, dan terbebas dari kusam. Anda bisa menggunakan perawatan masker melon sambil mengonsumsi buah melon secara teratur.

1
50%
like
1
50%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top