Manfaat Buah

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah manggis adalah salah satu buah tropis yang disukai oleh banyak orang karena rasanya yang manis segar. Buah asli Indonesia ini mempunyai bentuk yang unik dengan ciri kulitnya yang keras dan berwarna ungu akan tetapi mudah untuk dikupas dan dimakan buahnya. Buah manggis selain mempunyai rasa yang sangat lezat ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. bahkan belakangan ini banyak yang meneliti bahwa kulit manggis juga sangat bermanfaat bagi kesehatan badan Anda sama seperti buahnya. Tidak heran jika buah manggis mendapat julukan si ratu buah karena rasanya yang lezat serta manfaatnya yang luar biasa. Berikut ini beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kandungan nutrisi manggis bagi kesehatan:

Manggis atau Garcinia mangostana adalah buah-buahan tropis dan sering dijuliki sebagai buah dewa karena kandungan nutrisinya sangat banyak dan bermanfat bagi kesehatan. Bahkan, penggunaan menggnakan buah manggis sudah ada sejak abad ke-18 silm. Nutrisinya tersebar mulai dari daging buah, daun hingga kulitnya. Kandungan senyawa manggis yakni terdiri dari lebih 40% senyawa kimia alami yaitu Xhanthones. Manggis juga kaya antioksidan alami karena mengandung Alpha mangostin, gamma mangostin, dan garcinone E. Senyawa lain dari manggis berupa catechin, polisakarida, kuinon, stilbene, dan polifenol. Manggis mengandung protein, rendah kalori dan kolesterol tapi mengandung serat alami. Dalam 100 gram buah manggis, memasok nutrisi dan vitamin seperti vitamin A, B ( tiamin, niacin, dan asam folat dalam jumlah sedang) komplek  C, zat besi, magnesium, kalsium,  dan potasium.

1. Mencegah Kanker

Seperti diketahui kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya yang sering menyerang manusia dalam berbagai usia. Buah manggis selain rasanya yang lezat ternyata juga bermanfaat untuk mencegah serta mengobati kanker yang ada dalam tubuh. Hal ini karena buah manggis mengandung zat xanthones yaitu suatu zat yang dapat mencegah serta mengobati kanker yang ada di dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi buah manggis maka penyakit kanker yang Anda derita dapat disembuhkan.

2. Menangkal Radikal Bebas

Buah manggis adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan serta mengandung polifenol di dalamnya sehingga sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Seperti telah diketahui bahwa radikal bebas yang masuk dan mengendap di dalam tubuh merupakan sumber awal dari segala permasalahan serta berbagai penyakit yang dapat menyerang tubuh Anda. dengan mengkonsumsi buah manggis secara rutin akan meminimalisir serta menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Mengkonsumsi buah manggis secara rutin setiap hari dapat melancarkan peredaran darah dalam gtubuh Anda. kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah manggis dipercaya dapat melancarkan peredaran darah di dalam tubuh serta mencegah anemia. Seperti diketahui peredaran darah dalam tubuh jika tidak lancar akan menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah dan dapat beresiko terserang gejala stroke.

4. Menyehatkan Mata

Buah manggis bermanfaat melancarkan peredaran darah termasuk peredaran darah menuju mata Anda. Peredaran darah yang lancar juga membuat mata menjadi sehat dan juga terhindar dari berbagai masalah penglihatan seperti katarak dan lain sebagainya yang dapat mengancam penglihatan Anda. buah manggis juga mengandung vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. dengan rutin mengkonsumsi buah manggis akan membuat mata Anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

5. Menyehatkan Kandungan

Buah manggis juga dipercaya dapat menyehatkan kandungan.  Hal ini karena buah manggis banyak mengandung vitamin C serta folat yaitu suatu zat yang berperan penting dalam menjaga perkembangan sel-sel baru pada janin. Untuk itu dengan rutin mengkonsumsi buah manggis dapat memberikan dampak positif bagi ibu hamil karena dapat menyehatkan kandungannya.

6.  Menjaga tekanan darah dan detak jantung

Manggis memenuhi asupan nutrisi dan minerl yang sangat bermanfaat layaknya manfaat potasium dan magnesium. Potasium sendiri berguna untuk mengontrol jumlah tekanan darah tetap pada tahap normal. Karena itu, manggis mampu memperlancar tekanan darah sehingga mengurangi atau menurunkan risiko atherosclerosis, penyumbatan darah di area jantung, dan mencegak sakit dada. Selanjutnya pada magnesium juga diyakini sebagai obat alami untuk memberikan fungsi elektrik pada jantung sehingga mampu menjga tekanan darah dan detak jantung tetap terjaga.

7. Membantu pengobatan TB

Menrut penelitian yang dilakukan di Thailand menunjukkan jika zat alfa mangostin, beta mangostin, juga garcinone B, bermanfaat sebagai obat yang dapat menghambat infeksi bakteri mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TB atau TBC. Selain itu, manggis juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga metabolisme tubuh pada pasien penderita TB.

8. Menjaga kesehatan kulit

Fungsi utama manggis untuk kecantikan adalah menjaga kesehatan kulit. Manggis berfungsi alami sebagai bahan anti bakteri untuk menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari masalah umum penyebab jerawat, adanya flek atau noda wajah, dan mengatasi kulit berminyak. Kandungan kimia alami pada Xanthone berfungsu untuk memperbaiki sel kulit mati rusak dan melindunginya dari efek buruk radikal bebas. Jadi, adanya bahan antioksidan alami mampu menangkal radikal bebas pemicu penuaan dini atau masalah pada kulit yang kendur dan berkerut.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top