Manfaat Buah

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Duku merupakan salah satu jenis buah yang mempunyai banyak pengemarnya. Rasanya yang manis mampu membuat orang terhipnotis dengan buah ini. Buah duku merupakan salah satu buah musiman, yaitu buah yang hanya mampu berbuah setiap setahun sekali. Tidak heran jika buah ini sangat sulit untuk ditemukan jika tidak pada musimnya. Selain mempunyai rasa yang sangat manis buah duku juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa sajakan nutrisi dan manfaat buah duku untuk kesehatan?

Sponsor: perawatan wajah

Kandungan nutrisi buah duku:

Buah duku tumbuh sebagai salah satu tanaman tropis yang sering juga disebut buah langsat. Buah ini mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh. Komposisi setiap 100 gram buah ini sendiri terdiri dari protein 1 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat 16,1 gr, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg, zat besi 1 mg, dan vitamin B1 sebanyak 0,05 mg. Buah duku sangat kaya kandungan vitamin C yaitu sebanyak 9 mg. Meskipun mengandung lemak dan karbohidrat dengan presentasi kecil, buah ini juga mengandung sedikit kalori yaitu sekitar 63 kkal. Jadi tak heran jika buah dengan rasa manis asam ini tidak akan membuat program diet Anda gagal dan justru dapat membantu program diet berjalan dengan lancar. Selanjutnya, manfaat buah duku yang bisa dirasakan diantaranya:

1. Menguatkan Gigi

Manfaat buah duku yang pertama adalah mampu menguatkan gigi. Seperti telah diketahui gigi merupakan alat pengunyah makanan yang akan dikonsumsi yang dimiliki oleh setiap makluk hidup termasuk manusia. Karena pentingnya fungsi gigi maka harus selalu dijaga kesehatannya. Kesehatan gigi dapat Anda dapatkan dengan rutin mengkonsumsi buah duku. Kandungan fosfor yang terdapat pada duku sangat bermanfaat menjadikan gigi menjadi lebih kuat, sehat, serta terhindar dari berbagai masalah gigi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh pada manusia atau sistem imun merupakan kemampuan tubuh untuk menjadi kuat serta kebal terhadap berbagai macam ancaman bakteri dan virus yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan. mengkonsumsi buah duku dapat bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. hal ini dikarenakan buah duku banyak mengandung vitamin C di dalamnya. Vitamin C berguna agar sistem imun tubuh menjadi lebih kuat serta menghindarkan dari berbagai permasalah kesehatan. dengan rutin mengkonsumsi buah duku maka kebutuhan vitamin C dalam tubuh akan terpenuhi dan membuat badan menjadi lebih kuat dan sehat.

3. Melancarkan Pencernaan

Pencernaan merupakan mesin penggiling makanan yang ada dalam perut. Dalam menggiling serta menghancurkan makanan yang akan diambil nutrisinya maka pencernaan harus dalam keadaan sehat. Buah duku dipercaya mampu membuat pencernaan Anda menjadi lancar dan juga sehat. Kandungan serat yang tinggi atau dietary fiber yang terdapat dalam buah duku sangat bermanfaat melancarkan pencernaan dalam mengeluarkan berbagai jenis racun dan zat yang tidak berguna lainnya melalui kotoran. Jika berbagai jenis racun serta kotoran keluar dengan lancar maka secara ptomatis pencernaan Akan menjadi sehat dan bedampak pada kesehatan badan Anda.

4. Mencegah Stroke

Stroke merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya dana dapat beresiko menyebabkan kematian. Stroke disebabkan karena tingginya kadar lemak yang ada di dalam darah atau yang sering disebut kolesterol. Kolesterol dalam darah dapat dikendalikan dan dikontrol dengan mengkonsumsi buah duku. Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah duku bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam darah agar peredaran darah tidak tersumbat dan lancar. Dengan mengkonsumsi buah duku secara teratur maka resiko terserang stroke dapat diminimalisir.

5. Sumber Antioksidan

Buah duku mengandung sangat kaya vitamin alami yang membantu memperbaiki metabolisme tubuh lebih baik. Kandungan paing penting dalam duku adalah vitamin C yang berperan aktif sebagai sumber antioksidan alami penangkal segala macam radikal bebas yang bisa masuk ke dalam tubuh baik melalui asupan yang kita konsumsi, atau polusi hingga paparan zat beracun yang berbahaya. Antioksidan adalah senyawa penting sekaligus nutrisi yang berfungsi sebagai zat penangkal tubuh dari kerusakan radikal bebas.

6. Menyehatkan mulut dan gusi

Selain baik dikonsumsi untuk mencegah kerusakan gigi, kandungan vitamin C pada buah duku hampir setingkat dengan vitamin C pada jeruk, lemon atau buah berasa asam lainnya. Vitamin C berperan penting untuk menjaga kesehatan muut dan merawat gusi dengan sangat baik. Mengkonsumsi buah ini sama dengan memberikan asupan vitamin C yang cukup untuk membuat mulut dan gusi tetap sehat. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam rongga mulut terdapat bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada gusi, sedangkan peran anti bakteri pada vitamin C juga dapat mengatasi masalah pada mulut dan gusi.

7. Menurunkan Berat Badan

Jangan sangkah bahwa ternyata buah duku dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami menurunkan berat badan. Buah duku berperan penting untuk membantu tubuh mendapatkan carnitine, yaitu sebuah zat yang dapat mengarahkan molekul lemak menuju ke tempat pembakaran lemak. Untuk menurunkan berat badan, molekul ini memang harus diperhatikan agar program diet dapat berjalan sukses. Jika terjadi pengurangan molekul lemak, secara otomatis tubuh akan kekurangan energi yang membuat tubuh mudah lelah. Jika kadar carnitine dalam tubuh berkurang maka tubuh akan mudah menimbun lemak yang akhirnya membuat program diet menjadi gagal.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top