Parenting Info

Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak

Buah dan sayur memang menjadi dua asupan penting yang harus dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung berbagai Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak. Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, dua jenis bahan makanan ini memang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang paling lengkap. Mulai dari vitamin, nutrisi, kalsium dan berbagai kandungan lainnya terkandung dalam buah dan sayuran hingga menyajikan berbagai manfaat yang tiada duanya.

Manfaat Buah dan Sayur Untuk Anak

Sponsored by: perawatan wajah

Buah dan juga beragam jenis sayuran menjadi salah satu bagian penting yang harus diberikan dan masuk menjadi salah satu bagian dlam pola makan. Pola makan akan menjadi pola makan yang sempurna dan erjamin kesehatannya jika didalamnya ditambahkan berbagai jenis buah-buahan dan juga sayur mayur. Selain itu, buah dan sayur merupakan bagian penting yang harus menjadi tambahan makanan supaya bisa lebih bermanfaat dan bisa mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan yang bagus. Selain itu, ada berbagai manfaat sayur dan buah seperti berikut ini.

  1. Menjaga Kekebalan Tubuh anak

Anak memilik kekebalan tubuh yang kurang stabil. Diperlukan tambahan asupan makanan yang bisa menjada tubuh bisa menjadi lebih sehat dan kebal untuk menangkis beragam jenis penyakit ataupun hal yang mengganggu kesehatan anak. Buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk bisa mendapatkan kekebalan tubuh yang baik. Hal ini bahkan juga diperlihatkan dan ditunjukan dari berbagai penelitian yang memang membuktikan jika anak yang rajin mengkonsumsi sayuran akan terhindar dari berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Mengurangi Risiko Obesitas

Meskipun mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang banyak, hal ini tidak menyebabkan anak menjadi memiliki berat badan yang terlalu berlebih atau disebut dengan obesitas. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan juga diimbangi dengan kandungan lemak dan kalori yang justru rendah. Sehingga, meskipun mengkonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang banyak sekalipun tidak akan menambah berat badan yang tinggi. Justru dengan mengkonsumsi buah dan sayuran bisa membuat seseorang memiliki berat badan yang lebih sehat.

  1. Meningkatkan Gizi

Berbagai kandungan yang ada pada sayuran seperti gizi yang baik dan juga nutrisi yang lengkap tentu akan berguna untuk bisa meningkatkan gizi yang ada pada tubuh anak. Vitamin memiliki berbagai kandungan terbaik seperti vitamin, mineral dan juga lemak baik dimana seluruh kandungan pada buah dan sayuran ini merupakan bagian-bagian penting yang harus ada pada tubuh. Tak hanya itu saja, ada banyak juga kandungan tambahan disetiap jenis buah dan sayuran yang berbeda yang pastinya menambah tingkat gizi pada anak sehingga bisa lebih maksimal lagi.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Anak-anak yang masih berada dalam kondisi kekebalan yang kurang maksimal dan kurang bagus juga sering mendapatkan masalah pada bagian kesehatan pencernaan. Namun, dengan mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan dalam waktu yang tepat dan juga kadar yang tepat akan membuat anak lebih mendapatkan kondisi pencernaan yang semakin membaik. Sehingga, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran tidakan akan membuat pencernaan terganggu seperti sulit membuang air besar tetapi justru bisa baik dan bisa mendapatkan pencernaan yang jauh lebih sehat.

  1. Menjaga Perkembangan Tulang

Sayuran dan juga buah-buahan juga memiliki kandungn kalsium yang tinggi. Kalsium ini juga sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh anak mendapatkan perkembangn yang baik terutama untuk bagian tulang. Kekurangan kalsium bisa berakibat buruk dimna akan membuat tumbuh kembang terhenti hingga anak tidak bisa mendaptakn tinggi badan yang ideal. Oleh karena itulah, mengkosumsi sayur dan buah-buahan terutama yang mengandung kalsium sangat dibutuhkan untuk anak-anak terutama diusia emas untuk berkembang.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi, Kulit dan Gusi

Ada juga kandungan vitain C yang tinggi yang terdapat pada kandungan sayuran ataupun buah-buahan yang ada pada buah ataupun sayuran. Terutama untuk buah dan sayuran yang memiliki banyak kandungan viamin C. Vitamin C ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk memastikan kesehatan pada gigi, gusi dan juga kulit. Semua bagian ini akan mendapatkan kesehatan yang baik dan terjaga hingga tetap kuat. Anak pun juga akan terhindar dari berbagai risiko buruk yang bisa terjadi karena kekurangan asupan vitmain C pada bagian ini.

  1. Terhindar dari Makanan Kemasan dan Cepat Saji

Jika kebutuhan akan vitamin dan makanan bisa tercukup dengan baik maka tidak akan membuat anak untuk mudah tergoda mengkonsumsi makanan kemasan atuapun cepat saji. Saat anak sudah mengkonsumsi makanan terutama sayuran hingga jumlah yang cukup dan sesuai maka anak tidak akan lapar lagi sehingga ia tidak akan mencari makanan lain. Seperti yang sudah kita tahu, jika anak yang terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji akan tidak baik untuk kesehatannya .

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Memang untuk sayuran dan juga buh-buahan akan memberikan berbagai kandungan terbaik yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya salah satunya adalah vitamin A dimana kandungan ini juga banyak terdapat pada sayuran ataupun buah-buahan. Fungsi utama dari vitamin A ini akan memberikan fungsi untuk menjaga kesehatan mata, kuli dan bahkan hingga rambut. Sehingga, dengan kandungan vitamin A yang cukup maka akan membuat anak terhindar dari berbagai gangguan mata dan berbagai sebab buruk lainnya.

Berbagai fungsi dan manfaat dari buah dan sayuran diatas untuk anak tentu pastinya akan membuat Anda tidak ada alasan untuk tidak memberikan sayur dan buah pada anak. Dengan berbagai manfaat diatas tentunya juga membut orang tua harus senantiasa untuk memberikan buah dan sayuran kepada anak secara rutin.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top