Tubuh ku

Manfaat Buah Dan Sayur Bagi Tubuh

Manfaat Buah Dan Sayur Bagi Tubuh

Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. Oleh karena itu air sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh kita memerlukan kurang lebih 8 gelas air sehari atu sama dengan 1 liter air. Air dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi,kulit kering, dan kusam. Selain membutuhkan air tubuh kita juga membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral banhak terkandung dalam buah dan sayur. Nah, jadi mengkonsumsi buah dan sayur sangatlah diperlukan, agar kebutuhan tubuh kita tercukupi. Buah dan sayur dpat menjaga tubuh anda agar senantiasa sehat. Buah dan sayur juga dapat membuat tubuh anda terhindar dari sel-sel kanker yang berbahaya. Selain itu,buah dan sayur juga dapat membuat pencernaan anda menjadi lancar sehingga memudahkan anda untuk BAB. Sehingga perut anda tidak terasa penuh dan sembelit. Perut juga jadi ringan karena tidak menyimpan sampah. Manfaat buah dan sayur tidak hanya sampai disitu buah dan sayur dapat mencegah kolesterol berbahaya, tekanan darah tinggi,dan menurunkan obesitas. Untuk lebih lanjut berikut ini manfaat buah dan sayur bagi tubuh.

Manfaat Buah Dan Sayur Bagi Tubuh

sponsor: pemutih wajah.

  1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat dapat membuat anda lebih mudah terkena penyakit jantung. Nah,bagi anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol jahat anda disarankan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Buah yang dapat menurunkan kolesterol jahat salah satunya yaitu buah pear. Sedangkan untuk sayur,anda bisa mengkonsumsi sayur bayam dan sayur labu.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Anda salah satu orang yang mengalami darah tinggi? Anda dapat menurunkannya dengan mengkonsumsi buah dan sayur. Buah yang dapat anda konsumsi untuk menurunkan darah yaitu buah pisang dan buah bit. Untuk sayur anda dapat mengkonsumsi wortel dan kentang. Atau anda juga bisa mengkonsumsi buah dan yang banyak mengandung potasium.

  1. Menguatkan Tulang Dan Gigi

Bagi anda yang memiliki masalah dengan tulang dan gigi anda dapat mengatasinya dengan buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan kalsium. Buah dan sayur tersebut diantaranya sayur bayam,sayur kale,dan berbagai macam lobak.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Anda tentu tidak mau kan jika anda seringkali jatuh sakit? Hal itu tentu akan sangat mengganggu ya. Untuk mengatasinya anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda adalah buah yang banyak mengandung vitamin C. Diantaranya buah jeruk,buah pepaya,buah lemon dan lain-lain.

  1. Meningkatkan Daya Ingat Dan Melindungi Sel-Sel Otak

Bagi anda yang sering lupa akan satu hal padahal anda baru saja membahasnya lebih baik anda sering-sering mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung antioksidan yang dapat mencegah molekul lainnya mengalami oksidasi yang dapat menimbulakan munculnya radikal bebas. Sebaiknya anda mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C seperti jambu biji, apel, jeruk, mangga, dan masih banyak lagi yang lainnya. Buah dan sayur yang banyak memgandung vitamin C dapat mencegah kepikunan.

  1. Mengatasi Obesitas

Anda salah satu orang yang merasa berat badan anda melebihi batas normal? Anda dapat mengatasinya dengan buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung banyak serat yang dapat memberikan rasa kenyang pada perut sehingga dapat mengurangi porsi makan kita. Karena porsi makan berkurang maka kalori yang akan masuk ke tubuh akan berkurang,sehingga tubuh membakar lemak lebih banyak karena kurangnya kalori. Nah hal ini dapat mengurangi berat badan anda.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Apabila anda sering mengalami kesulitan saat buang air besar ,mungkin hal itu disebabkan karena anda kurang mengkonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur mengandung serat yang dapat melancarkan pencernaan sehingga anda tidak kesulitan saat akan buang air besar. Sekarang ini banyak orang yang salah mengaryikan bahwa baik bila mengkonsumsi buah setelah makan sebagai pencuci mulut. Sebenarnya hal itu salah,mengkonsjmsi buah setelah makan malah dapat membuat anda mengalami masalah sembelit. Lebih baik jika anda mengkonsumsi buah beberapa saat sebelum makan. Karena buah dapat melancarkan pencernaan saat anda makan. Mengkonsumsi buah setelah makan akan menghambat pencernaan saat mencerna makanan,karena pencernaan akan mencerna buah terlebih dahulu sebelum makanan.

  1. Mencegah Dan Mengobati Kanker

Kanker adalah pertumbuhan sel-sel tidak normal yang dapat berubah menjadi sel-sel kanker dan dapat menjalar ke seluruh bagian tubuh. Dengan melakukan program diet jus buah dan sayur dapat mengobati kanker. Anda dapat mengkonsumsi buah yang mengandung likopen dan atisosianin yang banyak terkandung dalam buah yang berwarna merah dan ungu seperti tomat dan stroberi. Buah dan sayur mengandung zat anti-karsiogenik atau zat anti-kanker. Buah dan sayur juga dapat mencegah timbulnya kanker karena mencukupi bebagai kebutuhan tubuh seperti mineral dan nutrisi lainnya.

  1. Menghindarkan Dari Penyakit Kolagen

Penyakit kolagen adalah penyakit yang dapat membuat kulit mengalami pengerasan dan dapat merusak sendi. Anda dapat menghindarinya dengan mengkonsumsi buah dan sayur secara teratur dan menghindari konsumsi daging serta makanan olahan secara berlebihan.

  1. Membuat Tubuh Lebih Segar Dan Energik

Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan vitamin yang sangat berguna bagi tubuh. Vitamin dan enzim dapat memproduksi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah dan sayur juga mengandung mineral yang dapat membantu menyusun komposisi tilang,darah,dan memelihara fungsi sel tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih segar dan energik.

Manfaat Buah Dan Sayur Bagi Tubuh

Baiklah, itulah beberapa manfaat buah dan sayur bagi tubuh. Masih banyak lagi manfaat buah dan sayur bagi tubuh yang pasti tidak akan havis untuk dibahas. Jadi, masih ragu untuk mengkonsumsi buah dan sayur? Jangan ragu mulailah konsumsi buah dan sayur dari dini agar tubuh anda tetap sehat selalu. Oke, see ya di pembahasan lainnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top