Manfaat Buah

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Buah bit merupakan buah jenis umbi yang muncul dari akar tanaman bit. Buah bit bisa juga disebut beta vulgaris yang memiliki bentuk bulat berwarna merah keunguan. Buah bit sering dimanfaatkan meskipun daunnya pun juga bisa di masak untuk dijadikan sayur. Buah bit dikenal karena umbinya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh hingga bahan untuk kecantikan. Manfaat buah bit untuk kesehatan sangat baik dikonsumsi sebab tinggi kandungan karbohidrat tetapi rendah kandungan lemak, kalori dan protein. Selain itu, buah ini sangat bagus untuk dikonsumsi oleh para pelaku diet.

Sponsor: cream pemutih wajah

Kandungan nutrisi buah bit:

Buah bit tumbuh awal dari dataran Mesopotamia, dan mulai dibudidayakan ke Benua Asia hingga Eropa. Bagi masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia, mungkin sangat jarang menjumpai tanaman ini dijual. Bah bit lebih sering dijumpai di supermarket Inggris dan Amerika Utara dan sering dijadikan konsumsi. Buah bit yang bentuknya hampir mirip dengan bengkoang muda ini banyak mengandung zat besi penting untuk darah sehingga dapat memberikan pasokan oksigen ke otak. Buah bit juga kaya mineral seperti zat besi, kalium, tembaga, triptofan, fosfor dan magnesium. Kandungan lainnya berupa karbohidrat, serat larut, protein, antioksidan, caumarin serta folat. Beberapa kandungan vitamin umum yang ada pada buah bit diantaranya Vitamin A, B6, B9 dan C. Tak cukup itu, adanya tambahan asam folat dan vitamin bit sangat penting untuk ibu hamil dan merawat pertumbuhan janin selama masa kehamilan. Jadi, secara garis besar, buah bit memiliki presentase nutrisi diataranya asam folat 34%, kalium 14,8%, serat 13,6%, vitamin C 10,2%, magnesium 9,8%, zat besi 7,4%, tembaga 6,5%, fosfor 6,5%, triptofan 1,4%, caumarin, dan betasianin.

Manfaat buah bit untuk kesehatan:

Buah bit memiliki betasianin atau pigmen ungu dan betasantin atau pigmen kuning sehingga membuat warnanya terlihat lebih merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit juga sering dipakai sebagai pewarna makanan alami.

1. Jantung dan tekanan darah 

Menurut para ahli penelitian di Inggris dan di Amerika Serikat mengungkap bahwa pasien dengan penderita hipertensi diharuskan meminum 500 ml jus bit setiap harinya. Pada hasilnya, meminum jus bit secara rutin dapat menurunkan hipertensi mereka. Zat yang berperan adalah zat nitrat yang sering ditemui pada sayuran berdaun hijau yang berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Saran serupa juga dilakukan oleh Barts and London School of Medicine serta penelitian dari Peninsula Medical School bahwa mengkonsumsi bit dapat menurunkan hipertensi. Tak hanya mampu mejaga tekanan darah, Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine mengungkap bahwa meminum jus bit ditambah mengkonsumsi sayuran lain kaya nitrat sangat efektif dalam memelihara kesehatan jantung.

2. Obat alami hati, ginjal dan empedu

Banyaknya kasus pasien dengan penyakit ginjal, mencoba para peneliti melihat peluang pencegahan dan pengobatana dengan bahan alami. Salah satunya buah bit yang ternyata bermanfaat sebagai obat hati, pembersih alami ginjal dan merawat kesehatan kandung empedu. Buah bit dapat membersihkan atau menetralkan racun yang masuk dalam tubuh, melawan infeksi, radang sekaligus mengatasi masalah batu ginjal. Bila dikombinasikan dengan wortel dan timun, maka akan menjadi herbal alami pembersih ginjal dan kandung empedu dari racun. Jadi, bit sangat bermanfaat sebagai ramuan detoksifikasi (pembuangan racun) dan pembersihan isi perut dari bakteri. 

3. Buah ajaib untuk stamina dan merawat metabolisme tubuh

Mengkonsumsi buah bit dalam bentuk jus atau minuman setiap pagi dipercaya ampuh memperkuat stamina tubuh seperti menghindarkan tubuh dari kelelahan, letih dan lesu. Kandungan nitratnya sangat berguna mencegah berkurangnya oksigen dalam tubuh saat beraktivitas ringat maupun berat. Untuk tetap menjaga metabolisme tubuh, buah bit kaya akan zat besi yang ampuh dijadikan konsumsi sehat untuk membantu mengatasi anemia (kurang darah), memperbaiki hemoglobin dan berguna untuk menyuplai oksigen yang dibutuhkan hemoglobin di dalam tubuh. Tak cukup disitu saja, untuk tetap merawat metabolisme, maka tubuh juga harus melakukan pola makan sehat dan menghindari junk food. Sebagai pengganti dan pengantisipsi, maka mengkonsumsi jus buah bit ampuh untuk menyehatkan pencernaan, mencegah gangguna diare, mual dan disentri, serta kaya serat larut untuk menjaka kesehatan usus dari racun.

4. Kesehatan ibu hamil dan bayi

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi buah bit sangat baik untuk menjaga tubuh dari berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh karena kaya akan antioksidan dan vitamin C tinggi. Buah ini membantu mengontrol kadar kolesterol ibu hamil, dan pencegah kanker. Sementara bagi bayi, buah bit bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi karena kalsium dna forfor, mampu memperbaiki dan menciptakan sel darah merah untuk mencegah bayi terkena anemia, mencegah peradangan pada bayi akibat virus dan bakteri, menjaga kesehatan mata karena kandungan betakarotin, serta membantu meningkatkan kecerdasan otak bayi dan mengaktifkan fungsi spikomotoriknya.

5. Kesehatan kulit, wajah dan rambut

Buah bit cukup banyak diminati karena mampu menjaga kesehatan kulit dan rambut. Buah bit mampu mencegah dan merawat kulit dari jerawat disertai gatal dan perih. Masker bit sangat baik untuk menutrisis kulit, menghaluskan kulit, dan mencerahkannya. Buah bit juga sangat baik untuk merawat rambut dari masalah ketombe, menyuburkan rambut secara alami, mengatasi kerusakan rambut dan pewarna rambut alami yang sangat aman.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top