Manfaat Tanaman

Manfaat Buah Aprikot Yang Kaya Gizi

Manfaat Buah Aprikot Yang Kaya Gizi

Sebagian besar orang pastinya masih sangat asing dengan buah aprikot, buah aprikot adalah jenis buah-buahan yang hapir mirip dengan jeruk berwarna kuning, teksturnya yang lembut, dengan rasanya yang manis. Walaupun bukan berasal dari Indonesia dan banyak dibudidayakan di Indonesia yaitu di daerah pegunungan yang berhawa dingin, dan nantinya akan diekspor ke berbagai belahan dunia. Eslain rasanya yang sangat manis buah aprikot kaya akan manfaatnya bagi kesehatan. Manfaat buah aprikot yang kaya gizi yang bisa Anda dapatkan dintaranya sebagai berikut;

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Manfaat Buah Aprikot Yang Kaya Gizi

Kandungan Nutrisi Buah Aprikot Yang Kaya Gizi

Aprikot dikenal dengan nama ilmiah Prunus armeniaca, yang bisa dibilang sejenis dengan buah plum. Bahkan ternyata buah yang banyak dibudidayakan ini ternyata dahulunya ditemukan dan telah tumbuh liar sejak masa prasejarah. Banyak para ilmuan pun percaya jika aprikot sudah lama dibudidayakan lebih dari 3.000 tahun di India, meski ada juga yang perjaca tanaman ini bersal dari Armenia. Mengenai kandungan nutrisi, aprikot kaya akan nutrisi pentik yaitu vitamin A dan beta katorn, vitamin C kalsium, dan kalium.

Setiap 40 gram aprikot terdapat 17 kalori, 0,5 gram protein, 4 gram karbohidrat, 3 gram gula, 1 gram serat dan lemak. Aprikot juga buah tanpa kolesterol yang baik untuk kesehatan pembuluh darah. Vitamin A pada buahnya terkandung sebanyak 914,20 IU dengan kadar beta karoten nya mencapai 544,95 mcg. Sementara asam fotat dan vitamin K masing-masing berkadar 3 mcg dan 1,2 mcg. Kaliumnya sekitar 104 mg, dengan magnesium 3 mg serta 7 mg fosfor. Aprikot juga kaya lycopene, sebuah antioksidan penting penghasil pigmen warna merah orange.

Manfaat Buah Aprikot Yang Kaya Gizi

Manfaat Buah Aprikot Yang Kaya Gizi:

  • Mengatasi Sembelit dan Memperlancar Pencernaan

Manfaat dari buah aprikot yang pertama adalah engatasi sembelit. Semeblit yang sering terjadi karena pencernan mengalami gangguan sehingga menjadi kurang lancar. Untuk mengatasi sembelit Anda dapat mempergunakan buah aprikot ini sebagai solusinya, hal ini karena buah ini kaya akan kandungan seratnya dan membantu untuk membasmi cacing usus yang dapat merugikan kesehatan. jika kebutuhan serat dapat terpenuhi maka pencernaan Anda akan menjadi lancar dan masalah sembelitpun akan teratasi.

  • Menyehatkan Mata

Mengkonsumsi Buah aprikot juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Bagi Anda yang sering bekerja di depan layar komputer ada baiknya rutin mengkonsumsi buah ini agar kesehatan mata terjaga dengan baik. Buah aprikot kaya akan kandungan beta karoten di dalamnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula pada mata. Seperti telah diketahui beta karoten adalah sebuah senyawa antioksidan yang berguna melindungi tubuh dan mata khususnya dari berbagai gangguan kesehatan seperti alzheimer dan berbagai gangguan lainnya.

  • Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Buah aprikot juga sangat ampuh untuk mencegah kanker serta penyakit jantung. Hal ini karena kandungan antioksidan, Vitamin C, serta Lycopene yang terdapat di dalam buah aprikot dapat menekan pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Jika sel kanker dapat ditekan pertumbuhannya maka kanker tidak akan mampu berkembang. Selain itu dengan rutin mengkonsumsi buah aprikot Anda juga akan mendapatkan manfaat lainnya yaitu kesehatan jantung Anda yang akan terjaga dengan baik.

  • Mengobati Anemia

Penyakit anemia atau kurang darah sering kali muncul karena kecapekan atau karea beberapa faktor lainnya. kurangnya sel darah merah menjadi pemicu utama anemia ini mengganggu kesehatan Anda. anemia dapat diatasi dengan mengkonsumsi buah aprikot, buah ini kaya akan kandungan mineral seperti zat besi dan tembaga dimana kedua zat tersebut sangat membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin sehingga sel darah merah akan kembali normal.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat buah aprikot yang terakhir adalah mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang idak terkontrol akan menagganggu kesehatan tubuh, untuk itu tekanan darah harus selalu terkontrol agar selalu stabil dan tidak naik turun secara cepat. Buah aprikot mengandung kalium di dalamnya, dimana kalium menjadi sebuah senyawa aktif yang berperan untuk mengontrol tekanan darah yang ada di dakam tubuh. Jika tekanan darah dapat terkontrol maka peredaran darah akan semakin lancar dan tubuhpun akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh

Aprikot memang terkenal akan kandungan mineral yang tinggi seperti kalium serta natrium. Kedua senyawa ini penting untuk membantu menjga keseimbangan cairan atau kadar elektrolit tubuh. Cairan dalam tubuh berperan penting sebagai jalur transportasi ion menuju setiap sel dalam tubuh. Sehingga apabila keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga maka mampu membuat otot berkontraksi dengan baik dan maksimal. Baik  kalium dan natrium juga penting untuk menghindarkan diri kita dari masalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

  • Baik untuk wanita hamil

Aprikot selain bisa dikonsumsi oleh segala usia, juga baik untuk ibu hamil. Di dalam aprikot terdapat vitamin A, C dan E ditambah mineral penting seperti silikon, kalsium, fosfor, zat besi dan kaliumberperan baik untuk proses perkembangan janin dalam kandungan. Deretan mineral dalam aprikot seperti zat besi membuat ibu hamil terhindar dari risiko anemia. Menurut penelitian dari American Pregnancy Association dan FDA, untuk bisa mengkonsumsi buah untuk ibu hamil, maka sebaiknya cuci buah hingga bersih untuk menghilangkan bakteri atau parasit berbahaya penyebab listeriosis dan toksoplasmosis.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top