Manfaat Tanaman

Manfaat Biji Kopi Untuk Kesehatan

Manfaat Biji Kopi Untuk Kesehatan

Kopi merupakan salah satu jenis biji – bijian yang bermanfaat untuk dikonsumsi. Biji kopi yang dapat dikonsumsi adalah biji kopi yang sudah dimasak atau disangrai dan kemudian dihaluskan untuk diseduh menjadi minuman. Biji kopi mempunyai rasa yang sangat pahit serta aroma khas yang sangat menyedapkan. Cara mengkonsumsi minuman kopi adalah dengan mencampurkan gula sebagai pemanisnya. Banyak orang yang menyukai minuman kopi ini karena selain rasanya yang nikmat juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk. Selain bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk, biji kopi juga mempunyai berbagai manfaat lainnya. berikut ini beberapa manfaat biji kopi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah:

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kandungan nutrisi biji kopi:

Biji kopi dihasilkan dari tanaman kopi yang umumnya tumbuh di daerah bersuhu dingin atau dataran tinggi. Biji kopi adalah biji tumbuhan kopi yang merupakan sumber minuman kopi, dengan warnanya yang putih serta beraroma sedap saat proses pemasakan menjadi biji kopi siap olah. Dibalik rasanya yang nikmat dan dapat memacu semangat, biji kopi mengandung nutrisi dan mineral diantaranya:

  • Alkaloida yaitu kafein paling banyak ada di biji kopi. Kadar senyawa ini bervariasi antara 1-2.5 % tergantung jenis, dan kadarnya tidak akan mengalami banyak perubahan baik selama pematangan atau belum. Selain alkaloida dalam bentuk ekstrak kafein ada juga alkaloida teofilin, teobromin, liberin, paraxantin, hingga metilliberin. Senyawa teofilin juga ada pada teh hijau, trigonelin merupakan senyawa turunan vitamin B6. Saat proses penggaringannya, senyawa akan mengubah trigonelin yang bersifat mutagenik akan menjadi niasin.
  • Protein dan asam amino. Protein pada biji kopi kering sebanyak 8-12 % dan hampir sebagian besar protein akan menjadi asam amino bebas saat matang dan proses penggaringan. Sementara keasaman, temperatur, dan kadar oksigen yang tinggi akan membuat protein pada biji kopi menjadi peptida dan asam amino.
  • Karbohidrat. Kopi memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi yaitu sekitar 50 % dari berat kering nya. Karbohidrat pada kopi dihasilkan dari galaktomanan, polisakarida arabinogalaktan, dan serat selulosa. Karbohidrat kopi lebih cenderung tidak memiliki rasa. Sementara monosakarida seperti sukrosa pada biji kopi menghasilkan warna kulit kekuningan. Setiap 1 gram biji kopi dapat menghasilkan kadar 9000 mg sukrosa. Selan sukrosa setiap buju kopi mengandung galaktosa, fruktosa,  dan juga D-mannitol.
  • Lipid. Lipid yang ada pada biji kopi akan menghasilkan asam linoleat, aasam oleat, sam palmitat, asam stearat, terpena, asam arachidat, ester, trigliserida, dan amida. Senyawa lipid pada biji kopi kering  dapat dihasilkan sebanyak 11.7 – 14 gram per 100 gram. Lipid biji kopi paling banyak dihasilkan pada kulitnya yang merupakan lapisan pulp pembungkus biji kopi. Jenis kopi arabika, mengandung senyawa lipid paling tinggi dibanding jenis kopi lainnya.

Manfaat biji kopi untuk kesehatan:

1. Menambah Energi

Rasa lelah serta letih merupakan hal yang wajar dirasakan ketika sedang beraktivitas. Meminum srcangkir kopi dipercaya sangat bermanfaat untuk menambah energi serta menghilangkan rasa lelah sehingga sangat bagus dikonsumsi ketika beraktivitas.  Biji kopi dipercaya mengandung zat bernama kafein yang bermanfaat untuk meningkatkan energi, menenangkan suasana hati, serta meningkatkan fungsi otak untuk berfikir. Dengan mengkonsumsi kopi maka selain menambah energi juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak saat berfikir.

2. Membakar Lemak

Lemak adalah satu masalah yang dapat menyebabkan kegemukan serta berbagai masalah kesehatan lainnya. mengkonsumsi kopi dipercaya ampuh untuk membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Zat kafein yang terdapat pada biji kopi bermanfaat untuk membakar lemak yang ada di dalam tubuh sehingga lemak dapat dibakar serta dihilangkan hanya dengan meminum kopi. Tidak heran jika berbagai suplemen maupun obat – obatan pembakar lemak banyak mengandung kafein di dalamnya. Untuk itu meminum kopi sangat bermanfaat membakar lemak dalam tubuh serta sangat bagus dikonsumsi bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

3. Mengurangi Resiko Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita banyak orang dimasa sekarang ini. Biji kopi dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi resiko diabetes pada tubuh. Kandungan kafein pada biji kopi sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula tinggi dalam darah yang dapat beresiko menyebabkan diabetes serta menstabilkan kadar gula dalam darah. Dengan rutin mengkonsumsi kopi sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh serta mengurangi resiko diebetes.

4. Mengurangi Resiko Stroke

Stroke merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena menumpuknya lemak dalam darah sehingga menyumbat peredaran darah dalam tubuh. Zat kafein yang terdapat dalam kopi bermanfaat untuk meningkatkan tekanan darah serta memperlancar peredaran sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penumpukan lemak dalam darah yang dapat mengakibatkan stroke. Dengan rutin mengkonsumsi kopi dapat bermanfaat mengurangi resiko stroke serta menyehatkan badan Anda.

5. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat kopi yang lain adalah dapat menangkal radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kopi sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

6. Memacu otak untuk dapat berfikir positif

Karena kasiatnya yang baik untuk syaraf, maka mengkonsumsi secangkir kopi segar dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Menurut peneliti yang dilakukan di Jerman mengungkapkan bahwa mengkonsumsi kafein, hampir setara dengan meminum 2-3 cangkir kopi. Dan seseorang yang meminumnya mampu mengatakan kata-kata positif lebih cepat selama masa percobaan. Sementara psikolog juga memaparkan bahwa kafein kopi tidak memiliki efek sama saat seseorang diberikan kalimat negatif.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top