Manfaat Tanaman

Manfaat Bidara Upas Untuk Kesehatan

Manfaat Bidara Upas Untuk Kesehatan

Merremia mamosa atau juga disebut dengan daun bidara upas ternyata dahulu banyak di temukan di negara Filipina. Tanaman herbal berjenis kangkung-kangkungan ini telah menyebar di berbagai penjuru negara termasuk Indonesia. Biasanya daun bidara ini memiliki ciri-ciri dimana tanaman memiliki umbi yang hampir mirip dengan ubi jalar. Warna dari umbi bidara upas ini agak kuning kecoklatan dan biasanya tanaman ini memiliki tinggi kurang lebih sekitar 6 meter.

Sponsor: cream perawatan wajah

Banyak masyarakat yang memanfaatkan tanaman ini sebagai alternarif obat alami yang menyehatkan dan bebas bahan kimia. Bagian dari tumbuhan bidara upas yang sering dijadikan obat adalah umbi bidara upas. Umbi tanaman ini memiliki sifat sejuk, sebagai zat analgesic dan mampu mentralkan racun. Di Madura sendiri, tanaman ini sering dijadikan obat atasi tuberkolosis. Sementara menurut penelitian, bidara upas dapat menyembuhkan penyakit tuberkolosis dan tidak bersifat mematika pada hewan percobaan tersebut. Untuk lebih detailnya berikut kandungan nutrisi dan manfaat bidara upas untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi bidara upas:

Tanaman bidara upas banyak mengandung nutrisi, namun salah nutrisi yang dianggap penting adalah senyawa kimia seperti damar, amilium (pati), zat pahit, resin, dan juga senyawa zatoxydasse.

Manfaat tanaman bidara upas:

1. Radang usus buntu

Tanaman bidara upas terutama ubinya ampuh mengatasi gejala yang disebabkan oleh usus buntu. Herbal ini bisa mengatasi rasa nyeri akibat peradangan. Untuk memanfaatkan tanaman ini dimulai dengan mengambil ¼ jaru umbi bidara upas kemudian kupas dan cuci bersih. Parut umbi dan remas dengan menambahkan 1 sendok makan air gula. Selanjutnya peras lalu saring dan minum sebanyak 2 kali sehari.

2. Muntah darah serta typhus

Siapa sangka bahwa tanaman ini bisa mengatasi penyakit muntah darah akibat penyakit typhus. Untuk mengatasinya dengan meminum perasan umbi bidara. Caranya ambil umbi secukupnya kemudian cuci hingga bersih. Parut umbi lalu peras. Minum sebanyak 1 gelas sehari.

3. Buang air besar darah disertai lender

Mengalami gangguan yang menyebabkan saat buang air besar disertai darah dan lender bisa diakibatkan karena usus tengah mengalami gangguan serius bisa disebabkan oleh bakteri, sembelit atau penyakit lain. Untuk mengatasi dengan bidara upas pertama ambil sekitar 50 gram umbi dan cuci kemudian potong kecil-kecil. Masukkan umbi kedalam panci dan masukkan 2 gelas air bersih. Tambahkan gula jawa secukupnya dan masak hingga tersisa 1 gelas. Setelah mendidih angkat, saring, dinginkan dan minum perlahan.

4. Difteri

Difteri adalah suatu gangguan yang disebabkan oleh infeksi bakteri akibat efek serius pada selaput lendir hidung dan tenggorokan. Bakteri akhirnya akan menghasilkan racun yang dapat merusak jaringan hidung dan tenggorokan manusia. Bidara upas memiliki sifat anti inflamasi yang cocok untuk atasi bakteri difteri. Untuk membuatnya gunakan umbi segar secukupnya, cuci dan parut. Peras parutan bidara upas tadi hingga menghasilkan satu gelas kecil. Gunakan air perasan untuk obat kumur lakukan selama 2-3 menit lalu telan.

5. Serak, batuk kering, batuk kejang

Untuk mengatasi serak dan batuk kering Anda bisa mengambil umbi segar 1 jari dan cuci hingga bersih. Potong umbi lalu kunyah langsung. Gunakan cara ini sebanyak 3-4 kali sehari. Sementara unutuk mengatasi batuk rejan bisa mengambil setengan jari umbi, cuci lalu parut. Ambil air perasan dan tambahkan 2 sendok makan air biasa. Jika perlu tambahkan 1 sendok madu dan minum 2 kali sehari.

6. Kencing manis

Penyakit kencing manis adalah suatu gejala yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Untuk mengatasi penyakit ini bisa dengan gunakan ramuan umbi bidara upas. Caranya olah 100 gram umbi segar, cuci bersih dan parus. Peras kemudian minum airnya setiap pagi atau setengan jam sebelum makan.

7. Keracunan makanan

Keracunan yang disebabkan oleh makanan bisa terjadi sebagai akibat dari masuknya bakteri yang tidak mampu ditolelir oleh organ pencernaan. Cara mengatasi racun dengan tanaman ini adalah mengambil umbi segara secukupnya kemudian cuci dan langsung parut. Peras airnya hingga setengan gelas, dan langsung minum.

8. Kanker

Untuk atasi penyakit kanker, tanaman ini mampu memberikan senyawa dalam mencegah terbentuknya kanker lebih parah. Untuk memanfaatkan ambil sekitar ¾ jari umbi segar. Cuci hingga bersih lalu parutlah. Tambahkan pula 4 sendok makan air matang dan 2 sendok madu murni. Aduk ramuan hingga rata lalu peras. Jadikan 3 bagian dan minum 3 kali dalam sehari.

9. Luka-luka, gigitan ular dan luka bakar

Selain bisa dikonsumsi, tanaman ini juga bisa digunakan untuk bahan olesan. Bisa untuk atasi luka-luka seperti luka terjatuh, luka sayatan, goresan. Sifat umbi nya yang dingin mampu mendinginkan luka akibat terbakar. Bahkan bidara upas mampu mengatasi luka akibat gigitan ular. Caranya cukup sederhana, pertama ambil umbi segar yang sudah dicuci. Iris tipi atau bisa dengan memarutnya. Selanjutnya tempelkan irisan atau parutan tanaman ini pada luka. Biarkan kering atau balut dengan perban.

10. Atasi penyakit Syphilis
Salah satu penyakit kelamin yang mematikan adalah syphilis. Untuk mengobati penyakit ini caranya siapkan 1 ruas jari umbi segar yang telah dicuci. Parutlah dan peras hingga mendapat sarinya. Tambah 2 sendok air dan 1 sendok madu murni. Minum air perasan dan campuran madu sebanyak 3 kali dalam sehari.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top