Makanan Kesehatan

Manfaat besar di balik kecantikan bunga rosella

Bunga rosella bukan lagi menjadi tanaman yang asing bagi masyarakat Indonesia. tanaman bunga rosella merupakan tanaman yang mudah untuk dipelihara. Anda bisa membeli bibit bunga rosella di toko-toko bunga di kota anda. Ada yang masih berbentuk tanaman pasca semai ada pula yang sudah agak besar. Untuk media tanamnya, anda perlu menyediakan wilayah yang cukup besar mengingat tanaman bunga rosella dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 meter jadi pastikan anda menanamnya di lahan terbuka. Bunnga rosella juga dikenal sebagai bunga yang tidak mengenal musim. Artinya sepanjang musim bunga rosella ini akan terus berbunga. Dan ketika berbunga, anda dapat melihat keindahan bunga rosella dengan warna merah cerahnya menghiasi halaman rumah anda. Namun ternyata tersimpan manfaat besar di balik kecantikan bunga rosella tersebut.

di balik kecantikan bunga rosella

Sponsor – kezia skin expert

Beberapa tahun yang lalu, pamor bunga rosella beranjak naik seiring dengan gencarnya promosi berbagai pengobatan alternatif yang menggunakan bunga rosella sebagai bahan baku utamanya. Sejak itulah muncul berbagai produk olaan bunga rosella sebagai salah satu minuman dan makanan yang memiliki khasiat menjaga kesehatan tubuh kita. salah satu produk olahan bunga rosella yang sangat tenar sekali adalah teh bunga rosella. Teh bunga rosella 100% terbuat dari bunga rosella. Bila teh pada umumnya menggunakan daun teh yang dikeringkan untuk dijadikan teh, teh bunga rosella pun sama, terbuat dari bunga rosella yang dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah benar-benar kering barulah bunga rosella tersebut dikemas dalam plastik-plastik untuk kemudian dijual.

Cara membuatnya pun tidak berbeda dengan menyeduh teh pada umumnya. Anda cukup memasukkan 2-3 bunga rosella kering ke dalam gelas. Kemudian tambahkan air panas sebanyak 250ml. Tunggu 10 menit hingga air di gelas berubah mejadi kemerahan. Tambahkan gula untuk membuat rasanya lebih nikmat lagi. Teh unga rosella sudah siap disajikan. Selain teh, ada pula minuman herbal yang terbuat dari bahan utama bunga rosella. Seperti salah satu produk minuman herbal di Kelurahan Genteng Surabaya. olahan bunga rosella yang dijadikan minuman herbal ini dipercaya memiliki khasiat yang besar sekali bagi tubuh. Tubuh akan terasa hangat setalh meminum minuman herbal bunga rosella ini.

Secar ilmiah, bunga rosella memiliki kandungan kalsium, karotena, thiamine, niacin, riboflavin, proterin, lemak dan air pada kelopak bunganya yang masih segar. Berbagai macam unsur kandungan inilah yang menjadikan bunga rosella sangat baik sekali untuk dikonsumsi secara teratur oleh manusia. Lantas, apa sajakah manfaat-manfaat yang bisa kita dapatkan ketika meminum olahan bunga rosella ini?

  1. Bunga rosella merupakan sumber antioksidan

Selama ini banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman kumis kucing adalah tanaman sumber antioksidan. Namun tahukah anda bawa kandungan antioksidan di bunga rosella empat kali lebih besar dibandingkan dengan tanaman kumis kucing. Bahkan selain itu, bunga rosella juga memiliki kandungan gossipetin dan antosianin yang bermanfaat untuk memberikan perlindungan bagi tubuh kita terhadap penuaan diri seperti gejala diabetes, gejala penyakit jantung, hingga gejala kanker.

  1. Bunga rosella dapat menjadi antikanker

Seperti yang tela diungkapkan sebelumnya bahkan kandungan antioksidan di bunga rosella memiliki kadar empat kali lebih besar dibandingkan dengan tanaman kumis kucing. Zat antioksidan inila yang dapan menjadi pencegah munculnya sel-sel kanker di tubuh manusia. Selain itu berbagai kerusakan DNA yang terjadi pada tubuh manusia juga dapat diperbaiki oleh kandungan bunga rosella ini sehingga manusia akan terhindar dari bahaya kanker.

  1. Bunga rosella dapat meningkatkan sistem imun

Selain dapat menjadi alternatif pencegahan kanker pada tubuh manusia. Rupanya bunga rosella juga memiliki khasiat unuk meningkatkan sistem imun tubuh manusia. Sistem imun tubuh manusia juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Sesuai dengan namanya, sistem kekebalan tubuh ini bertanggung jawab untuk menghalau segala bakteri dan virus yang menyerang kesehatan tubuh. Tanpa adanya sistem kekebalan tubuh maka tubuh manusia akan mudah sekali terserang beragam penyakit mulai dari penyakit ringan seperti flu hingga penyakit-penyakit berat dan ganas. Oleh karena itu dengan di mengkonsumsi olahan bunga rosella, kekebalan tubuh kita akan semakin meningkat sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Menjadi alternatif diet alami

Bagi anda yang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan, bunga rosella juga memiliki khasiat untuk membantu menurunkan berat badan anda dari dalam tubuh kita. kandungan yang terdapat pada bunga rosella sangat baik sekali untuk membakar lemak berbelbih pada tubuh manusia. Untuk medapatkan berat badan yang ideal anda cukup meminum teh bunga rosellah di padi hari dan juga di malam hari sebelum anda tidur. Anda bisa merasakan manfaat besarnya dalam beberapa bulan setelah meminum teh bunga rosella secara rutin.

  1. Bunga rosella dapat menurunkan hipertensi

Selain dapat menjadi minuman penurun berat badan secara alami. Bunga rosella juga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah pada manusia. Tekanan darah yang terlampau tinggi atau yang biasa disebut dengan hipertensi, tentu saja sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Dengan rutin meminum olaan bunga rosella ini, tekanan darah pada tubuh akan lebih stabil.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top