Parenting Info

Manfaat Berenang Untuk Bayi

Mengenalkan anak dengan beragam jenis olahraga sejak dini bahkan sejak mereka berusia bayi akan sangat membantu tumbuh kembang anak. Salah satu olahraga yang baik diajarkan untuk anak terutama bagi anak yang masih berusia bayi adalah berenang. Olahraga yang satu ini menjaikan anak sangat aktiv bergerak dan bisa mendapatkan keuntungan ataupun manfaat dari olahraga yang satu ini. Selain itu, olahraga yang satu ini juga menjadi olahraga yang sangat cocok untuk dipilih untuk bayi karena pasti akan sangat senang untuk bermain-main di air. Berenang untuk bayi akan membuat anda mendapatkan keuntungan yang tak terduga terutama untuk bayi yang pastinya akan semakin membantu dalam tumbuh kembang bayi dan membuat bayi menjadi lebih giat dalam bergerak dan juga membantu perkembangan bayi.

Sponsored by: dr rochelle skin expert

manfaat-berenang-untuk-bayi

Manfaat Berenang Untuk Bayi bisa berhubungan dengan motorik anak hingga kondisi metal dari anak. Mama bisa mengajarkan anak untuk berenang bahkan dari anak berumur 0 bulan. Berenang yang merupakan olahraga dengan aktivitas yang sangat menyenangkan dan juga menggunakan hampir seluruh otot pada bagian tubuh bayi. Sehingga dengan kegiatan yang satu ini bisa membawa anak untuk mendapatkan manfaat terbaik untuk anak. Bahkan dengan terus mengajarkan anak dengan menggunakan swim neck ring sejak kecil tentu akan semakin membuat bayi menjadi lebih sehat. Berikut ini beragam manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengajak anak untuk terus berenang.

1. Meningkatkan Motorik

Sangat penting untuk terus meningkatkan motorik yang ada pada anak. Dengan tumbuh kembang motorik yang baik tentunya akan semakin membuat anak terlihat berkembang dengan semakin baik. Dengan tampilan motorik yang baik dan juga semakin meningkat maka menunjukan jika bayi memang sedang berkembang dengan pesat dan sangat baik. Semakin berkembangnya usia, secara wajarnya motorik pada anak juga harus semakin berkembang dan juga tumbuh dengan baik. Hal ini bisa didapatkan dengan mama mengajarkan anak untuk berenang. Manfaat berenang untuk bayi yang utama adalah bisa untuk menstimulasi motorik pada bayi. Saat berenang anak akan menggerakan seluruh anggota tubuh dalam satu keselarasan sehingga bagian motorik anak juga akan semakin terlatih. Dengan bergeraknya seluruh bagian tubuh saat berenang tentunya semakin membuat anak bisa berenang dengan baik dan bisa meningkatnya motorik bayi dengan baik.

2. Manfaat Emosional

Selain secara fisik, anak juga akan mengalami peningkatan dan berkembangnya emosional dengan rajin berenang. Bahkan menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh Centers for Disease Control anda Prevention menujukan jika dengan melatih dan megnajak anak untuk berenang akan membuat mood baik semakin meningkatkan dan menjauhkan anak dari rasa cemas ataupun gusar. Ditambah lagi jika melakukan olahraga ini dilakukan bersama-sama dengan keluarga yang tentunya juga akan semakin meingkatkan mood yang baik pada bayi dengan lebih maksimal lagi. Anak pun akan menjadi pribadi yang lebih ceria dan selalu senang dengan beragam hal.

3. Melatih Keberanian Anak

Bagi orang dewasa mungkin satu kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang biasa saja dan tidak perlu untuk ditakutkan. Namun berbeda tentunya jika hal ini harus dilakukan oleh bayi atau anak dengan umur yang masih kecil. Berada dalam air dan menggerakan badannya membuat anak lebih berani untuk mencoba hal-hal yang baru untuk anak. Keberanian akan timbul ketika anak mencoba untuk melakukan hal yang baru di air yang tentunya sangat tidak mudah untuk dilakukan. Selain keberanian, anak juga akan lebih untuk percaya diri dengan kemampuan yang ia miliki. Dengan keberenaian yang baik dan juga rasa percaya diri yang tinggi tentunya akan semakin membuat anak bisa menimbulkan kebenarian dan bisa mematikan rasa takut yang bisa menganggu perkembangan dirinya.

4. Menimbulkan Kekompakan Mama dan Anak

Saat mama terus melatih anak untuk berenang ia juga akan terus merasa dekat dengan ibu. Ditambah dengan setip pelindungan yang diberikan oleh orang tua ketika anak berenang yang mungkin timbul rasa takut atau sedih membuat anak merasa timbul rasa kasih sayang dan juga cinta kepada orang tua. Dia akan merasa terus dilindungi oleh mama sehingga akan semakin mendekatkan anda bersama dirinya. Berenang juga akan semakin membuat anak menjadi lebih dekat dan juga melatih kekompakan antara dirinya dengan orang tuanya. Anda akan mendapatkan situasi terbaik yang tentunya akan semakin membuat anda mendapatkan kedekatan dan juga kekompakan antara anda dan juga anak.

5. Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Untuk membuat anak menjadi pribadi yang lebih peka dan juga lebih berani terhadap lingkungan sosial, tentunya mama harus melatihnya sejak dini juga. Mama bisa mengajaknya untuk berenang di kolam renang umum khusus bayi yang akan membuat dirinya melihat dan mengenal orang baru dan bahkan lingkungan baru. Semakin dini anda mengenalkan lingkungan baru maka semakin terbiasa juga anak anda akan mengenal dan mudah untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Dia juga akan mengenal teman baru yang tentunya akan semakin membuat dirinya bisa lebih untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru ia temui.

Dengan beragam manfaat tersebut tentunya anda bisa lebih mengajak anak untuk terus menerus mengajari dan mengajaknya utnuk berenang. Tidak hanya berguna untuk fisik anak supaya bisa terus berlatih dan bisa berkembang dengan lebih baik tetapi juga mental ataupun perkembangan psikologi anak akan lebih bagus dengan mengajaknya untuk terus berenang. Mama bisa menjadwalkan sikecil untk berenang paling tidak seminggu dua hingga tiga kali untuk mendapatkan manfaat terbaik.

Baca juga: Dampak Buruk Anak Sering Dimarahi

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top