Tubuh ku

Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh

Manfaat Beras Merah Untuk TubuhManfaat beras merah untuk tubuh– Beras merah untuk diet terbukti dapat dengan baik untuk menurunkan berat badan. Beras merah juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Beras merah mengandung karbohidrat, oleh sebab itu beras merah termasuk salah satu makanan pokok yang ada di Indonesia. Beras merah dapat dikonsumsi setiap hari seperti halnya nasi putih. Namun apakah Anda tahu apa saja manfaat beras merah untuk tubuh? Apakah beras merah lebih baik dari makanan yang lainnya? Simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini.

sponsor: cream perawatan wajah.

Sekarang ini sebagian besar orang telah menyadari keunggulan beras merah jika dibandingkan dengan makanan lainnya seperti beras putih. Walaupun nasi putih memiliki rasa yang lebih enak, namun beras merah mengandung gizi baik yang tidak terdapat pada nasi putih. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, maka beras merah dapat Anda masukkan ke dalam menu diet Anda.

Beras merah mengandung karbohidrat kompleks yang lebih baik dibanding dengan karbohidrat biasa. Dalam 1 ½  cangkir beras merah yang telah dimasak mengandung kurang dari 110 kalori. Di dalam beras merah juga terdapat kandungan vitamin B yang sangat bermanfaat untuk mencukupi energi harian Anda. Jika Anda ingin mengganti nasi putih sebagai variasi makanan, maka Anda dapat mencoba beras merah. Dalam satu porsi beras merah terdapat 110 kalori dan 2 gam protein serat.

Manfaat Beras Merah Untuk Tubuh:

  1. Sebagai menu diet yang baik

Beras merah dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama. Selain itu beras merah juga rendah karbohidrat sehingga sangat baik sebagai menu diet. Karbohidrat merupakan salah satu zat yang memicu penumpukan lemak di dalam tubuh. Kebanyakan orang yang melakukan diet akan mengonsumsi makanan rendah lemak, namun melupakan makanan yang tinggi karbohidrat.

Beras merah memiliki karbihdrat kompleks yang sangat berbeda dengan karbohidrat biasa. Karbohidrat kompleks terdiri dari banyak molekul gula yang berserat tinggi, serta dilengkapi dengan mineral dan vitamin. Sehingga karbohidrat kompleks akan lebih lama diserap oleh tubuh dan menjadikan Anda merasa kenyang sepanjang hari. Dengan memasukkan beras merah ke dalam menu diet Anda, maka dapat menurunkan nafsu makan. Sehingga program diet Anda dapat berjalan dengan baik.

  1. Baik untuk sistem pencernaan

Beras merah juga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Beras merah memiliki jumlah serat yang lebih banyak dari pada nasi putih hingga 6 kali lipat. Serat merupakan zat yang sangat baik untuk memperlancar sistem pencernaan. Jadi, jika Anda mengonsumsi beras merah secara rutin akan memperlancar sistem pencernaan dan kesehatan tubuh dapat terjaga.

  1. Menurunkan risiko obesitas

Dengan mengonsumsi beras merah secara rutin dapat menurunkan nafsu makan, sehingga mampu menurunkan risiko obesitas. Jika nafsu makan menurun, Anda tidak lagi makan dengan porsi yang berlebihan. Makan dengan porsi yang berlebihan merupakan penyebab utama obesitas. Apalagi makanan yang dikonsumsi adalah makanan dengan kandungan lemak yang tinggi.

  1. Mengandung vitamin B6

Beras merah mampu mencukupi kebutuhan vitamin B6 yang ada di dalam tubuh yang tergabung ke dalam vitamin B kompleks sebanyak 23%. Vitamin ini sangat penting untuk menyeimbangkan serotin, yaitu sebuah hormon yang membantu dalam proses tercitapnya DNA.

  1. Mengandung mineral yang penting

Beras merah mengandung seng dan mangan yang merupakan sumber mineral  yang baik untuk tubuh. Mangan dapat memenuhi energi bagi tubuh untuk mendukung kegiatan sehari-hari. Mangan juga merupakan zat yang memiliki sifat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Sedangkan seng dapat menyembuhkan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seng juga dapat bekerja sebagai antioksidan yang mendukung kerja dari mangan untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak sel dan jaringan di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang

Beras merah mengandung magnesium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan ini maka tulang akan menjadi lebih sehat dan kuat. Sedangkan jika tubuh kekurangan magnesium, dapat meningkatkan risiko osteoporosis dan menurunkan kepadatan tulang.

Demikian manfaat beras merah untuk tubuh. Anda dapat sesekali mengganti beras putih dengan beras merah, agar kebutuhan nutrisi di dalam tubuh dapat terpenuhi.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top