Makanan Kesehatan

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Beras merah merupakan salah satu jenis makan poko dari banyak macam varian jenis beras. Seperti layaknya  beras putih pada umumnya, beras merah juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Hal ini dikarenakan Beras merah mempunyai kandungan gizi yang lebih banyak daripada beras putih. Bagi yang mempunyai kadar gula yang tinggi dan kolesterol ada baiknya mengkonsumsi beras merah, karena beras merah dipercaya mengandung kandungan gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain untuk kesehatan manfaat beras merah untuk kesehatan sudah nayak dipercaya untuk program menurunkan berat badan secara alami yang aman bagi tubuh.

Manfaat Beras Merah Untuk Kesehatan

Sponsor: dr rochelle skin expert

Berikut manfaat sesungguhnya dari mengkonsumsi beras merah yang kaya serat dan vitamin penting:

  • Rendah kalori

Beras merah dipercaya mengandung kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan kalori yang terkandung dalam nasi putih. Kalori yang terkandung dalam nasi putih tidak dapat dibakar sepenuhnya dan diubah menjadi tenaga. Sisa kalori yang tidak bisa terbakar itulah yang akhirnya menumpuk dan berubah menjadi lemak yang mengakibatkan berbagai masalah kegemukan dan kesehatan tubuh. Sedangkan kalori yang terkandung dalam beras merah dapat terbakar habis dan diserap menjadi tenaga. Hal ini dikarenakan beras merah mengalami proses yang lambat dalam pembakaran sehingga kalori dapat terbakar dengan sempurna dan diubah menjadi tenaga. Untuk itu orang yang mengkonsumsi beras merah akan merasakan awet kenyang sehingga porsi makan akan berubah.

  • Serat dan vitami yang lebih besar

Selain rendah kalori beras merah juga mengandung serat dan vitamin yang lebih tingi jika dibandingkan dengan nasi putih. Makanan yang banyak mengandung serat sangat diperlukan untuk memperlancar pencernaan di dalam tubuh. Jika pencernaanya lancar maka tidak akan ada kotoran ataupun racun yang tertinggal dalam tubuh semuanya larut dan keluar bersama kotoran. Kotoran juga menjadi media untuk mengeluarkan sisa lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

  • Bebas bahan kimia

Tidak banyak orang yang tahu bahwa nasi merah ditanam dengan sistem tanam organik, yaitu menanam tanpa menggunakan bahan kimia, semua proses dan pupuknya menggunakan bahan alami dan bukan bahan pabrikan sehingga beras yang dihasilkan menjadu beras merah yang alami dan sangat baik untuk kesehatan tubuh. Walaupun dengan harga yang agak tinggi dari beras putih ada baiknya mulai sekarang membiasakan untuk mengkonsumsi beras merah demi kesehatan, baik bagi yang sedang mengidap penyakit, untuk  diet, maupun untuk konsumsi biasa.

  • Cocok untuk program diet

Selain aman dikonsumsi dan bebas bahan kimia, beras merah memiliki khasiat untuk program diet. Walaupun Anda memakan nasi merah dalam porsi besar, kandungan kalori pada nasi akan tetap sedikit. Selain itu, serat dalam beras mampu membantu melancarkan pencernaan sehingga baik dikonsumsi untuk program diet. Nutrisi yang terkandung mampu makanan untuk diet tinggi yang kaya serat dan mengenyangkan lebih lama. Sumber serat makanan yang baik pada seporsi nasi merah memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan nasi putih. Artinya beras merah yang dikonsumsi akan membuat kadar gula dalam darah lebih stabil dan bertahan lebih lama.

  • Mengatasi beberapa penyakit

1). Beras merah mampu mencegah penyakit jantung. Karena kandungan serat yang tinggi, manfaar beras merah mampu menawarkan perlindungan pada penyakit kardiovaskular. Beras merah memiliki fitonutrisi yang disebut Lignan, yang dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudaya.

2). Menurunkan kolesterol jahat. Beras merah memiliki kandungan serat larut yang sangat baik, sehingga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterool jahat) dalam darah . Minyak esensial pada beras merah diyakini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi meningkatkan kadar kolesterol HDL yang sangat diperlukan tubuh kita.

3). Mencegah sembeli. Beras merah diyakini sangat efektif menurunkan masalah sembelit yang sering terjadi pada siapa saja. Karena tingginya serat larut beras merah, akan mudah membantu melancarkan pencernaan. Serat larut tersebut akan lebih banyak memberikan cairan ke usus besar, sehingga gerakan usus lebih halus dan mencegah terjadinya susah buang air besar atau istilahnya sembelit.

4). Mengontrol kadar gula darah. Beras merah memiliki kadar serat tinggi yang membantu karbohidrat diolah lebih lambat saat berada dipencernaan. Proses ini jauh lebih efektif dibandingkan dengan biji-bijian atau olahan serat lain termasuk nasi putih. Dengan begitu, artinya gula darah akan masuk ke dalam aliran darah lebih lambat.  Beras merah juga memiliki indeks glikemik rendah (GI) daripada jenis biji-bijian lainnya.

5). Beras merah membantu menjaga kesehatan tulang karena mengandung sumber magnesium yang dianggap sebagai nutrisi penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Bersama dengan kalsium dan vitamin D, magnesium pada beras merah merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk membangun tulang dan mencegah kekurangan kalsium. Tulang menjadi lebih padat dan terhindar dari osteoporosis sejak dini. mengkonsumsi satu cangkir beras merah sama artinya dengan mengkonsumsi sekitar 21 persen magnesium yang diperlukan dari kebutuhan harian .

Dengan rutin mengkonsumsi beras merah bukan hanya tubuh ideal yang kita dapatkan tetapi juga kesehatan tubuh dapat kita dapatkan. Beras merah merupakan salah satu alternatif dari nasi putih yang bergizi dan pastinya mengenyangkan. Selain itu, bila dikombinasi dengan diet sehat yang kaya buah-buahan, sayuran, hingga protein maka dapat membantu melindungi tubuh dari bahaya penyakit akibat gaya hidup yang salah. Beras merah juga akan membantu menjaga berat badan lebih ideal, agar yang mengkonsumsinya merasa lebih sehat dan bertenaga.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top