Tips & Trik Parent

Manfaat Bemain Puzzle Bagi Anak dan Balita

Manfaat Bemain Puzzle Bagi Anak dan Balita

Bermain adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan yang banyak digemari oleh balita dan anak-anak. Karena dengan bermain anak dapat mengenal banyak hal dengan menarik sekaligus sebagai sarana pembelajaran yang sangat santai dan mudah dilakukan. Berbagai permainan pada dasarnya dapat digunakan media dan sarana belajar. Satu permainan yang menarik yaitu puzzle, dimana jenis permainan ini adalah yang paling sering dipilih. Tak hanya berperan sebaga media bermain yang menyenangkan, ternyata bermain puzzle mempunyai banyak kelebihan bagi anak-anak. Dan berikut ini manfaat bemain puzzle bagi anak dan balita yang perlu Anda ketahui.

Sponsor: halojasa

  • Mainan Puzzle Dapat Meningkatkan Daya Ingat Anak

 

manfaat bemain puzzle bagi anak dan balita

Di era sekarang, sudah banyak bentuk permainan serba cangging dan berbasis teknologi. Sebut saja smartphone atau gadget yang menyajikan berbagai permainan game bahkan ada yang berupa konten game online. Sayangnya, meningkatnya perkembangan zaman, lantas tak begitu saja bisa menggantikan permainan tradisional yang justrus lebih bermanfaat untuk perkembangan anak. Puzzle adalah jenis permainan yang dilakukan dengan cara menyusun gambar-gambar yang terpisah agar menjadi satu gambar yang utuh. Dengan bermain puzzle yang membutuhkan daya ingat tinggi untuk dapat menyusun gambar yang terpisah maka anak diharuskan untuk berfikir gambar mana yang paling tepat yang akan dipasangkan. Jika gambar tersebut salah pastinya susunan puzzle tidak akan pernah terselesaikan. Jika anak sering diajak untuk bermain ini maka dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat buah hati Anda.

  • Mainan Puzzle Mampu Melatih Kesabaran Anak

Manfaat Bemain Puzzle Bagi Anak dan Balita

Selain untuk meningkatkan daya ingat anak bermain puzzle juga berguna untuk melatih kesabaran buah hati Anda. ketika merangkai puzzle pastinya dibutuhkan waktu yang tidak singkat menyusun kemudian membongkar kembali karena kurang tepat sering kali dilakukan untuk menempelkan gambar yang sesuai dan tepat. Untuk itu pastinya dibutuhkan tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Apabila uah hati Anda sering bermain puzzle maka dapat dipastikan anak akan dapat mengontrol emosinya dan lebih banyak bersabar. Bermain puzzle dalam waktu lama justrus membuat anak dituntut untuk menyelesaikan pecahan gambar menjadi satu sehingga dalam menyusun gambar anak diajarkan cara bersabar. Dengan begitu Anak akan berlatih cara bersabar setiap kali melakukan permainan tersebut.

  • Mainan Puzzle Dapat Melatih Motorik Kreativitas Anak

Manfaat Bemain Puzzle Bagi Anak dan Balita

Bermain puzzle bagi anak juga bermanfaat untuk melatih motoriknya. Ketika bermain puzzle dibutuhkan penglihatan yang jeli serta tangan yang siap untuk menyusun gambar yang telah diamati. Gerakan-gerakan tangan tersebut tanpa disengaja atau tanpa disadari telah membantu melatih gerak motorik anak. Dengan tangan yang aktif bergerak akan berguna untuk meningkatkan ketrampilan anak dengan tangannya seperti menulis, melukis, dan berbagai pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tangan anak. Semakin sering memberikan anak permainan puzzle maka semakin baik anak melakukan kegiatan harian dengan tangannya.

  • Bermain Puzzle Melatih Anak Mengenal Bentuk

Manfaat Bemain Puzzle Bagi Anak dan Balita

Setiap permainan puzzle kita diberikan beragam bentuk dan gambar. Tingkat kerumitan puzzle juga ditentukan oleh kemampuan dan daya anak dalam menggunakan imajinasi atau indra berfikir. Untuk mengenal bentuk-bentuk benda diperlukan pembelajaran serta latihan kepada anak. Untuk melatih anak mengenal bentuk benda dengan mudah yaitu melalui permainan puzzle yang menyenangkan. Selain mengenal bentuk bermain puzzle juga mengajarkan anak untuk mengenal warna dan gambar. Dengan sering bermain puzzle anak akan dengan mudahnya mengenali berbagai bentuk, warna, serta gambar pada puzzle. Misalnya puzzle dengan bentuk kotak, segitga, garis lengkung atau oval. Mengenalkan bentuk puzzle yang beraneka ragam juga bisa mengajarkan anak bagaimana menguasa strategi. Semuannya akan membentu anak belajar strategi melalu bentuk puzzle yang diberikan misalnya bagaimana menempatkan bentuk puzzle yang tepat sehingga membentuk gambar yang sempurna.

  • Bermain Puzzle Melatih Kemampuan Anak Dalam Menyelesaikan Masalah

manfaat bemain puzzle bagi anak dan balita

Mengajarkan anak untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri adalah tantangan besar bagi para orang tua. Karena hal itu tidak hanya membutuhkan contoh tetapi juga langkah yang menarik. Manfaat terakhir bermain puzzle bagi anak adalah melatih anak untuk dapat menyelesaikan suatu masalah. Menyusun pecahan puzzle dengan benar berarti anak telah belajar menyelesaikan suatu masalahnya sendiri tanpa ia sadari. Ketika otak anak berusaha menyelesaikan sebuah permainan puzzle, tentunya ia harus mengetahui bagaimana meletakkan potongan gambar agar menjadi gambar yang utuh. Anak akan berfikir cara menyelesaikan masalahnya sehingga kemampuan anak juga akan berkembang. Jika anak sering bermain susun menyusun puzzle maka anak akan terbiasa belajar untuk menyelesaikan suatu masalah melalui media permainan yang menyenangkan. Itu sebabnya, mengapa permainan ini cocok untuk Anda berikan pada buah hati.

Bermain puzzle untuk anak, sebenarnya dapat dikenalkan saat usiannya baru menginjak 10 bulan. Memilih kepingan puzzle juga harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan anak. sebab makin tinggi usia anak maka tingkat kerumitan gambar juga semakin banyak. Meski permainan puzzle terlihat sederhana, namun hal ini dapat membantu proses perkembangan emosi, motorik dan kognitif anak. Jika Anda salah satu orangtua yang ingin membuat anak cerdas, mengajarkan sesuatu yang baik akan membantu perkembangannya. Selain itu, memberikan anak guru les matematika juga bisa membantu anak meningkatkan keterampilan kognitif.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top