Tips dan Trik

Manfaat Bawang Putih Untuk Obat Kutil

Kutil pada wajah bisa sangat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, ada berbagai cara akan dilakukan untuk menghilngkan kutil. Sebenarnya ada cara paling lama dan tradisional alami untuk membantu mengobati kutil. Dan cara tersbut bisa didapat dari manfaat bawang putih untuk obat kutil .Manfaat Bawang Putih Untuk Obat Kutil

Sponsor: dr rochelle skin expert

Kutil sendiri adalah benjolan kecil yang bisa berkembang di kulit. Kutil bisa datang dalam segala bentuk dan ukuran dan dapat mempengaruhi bagian tubuh. Kutil umumnya terjadi pada tangan, kaki tetapi ada yang tumbuh pada bagian leher dan punggung. Kutil bisa tumbuh secara sendiri atau berkelompol dengan bentuk yang cenderung bulat atau berbentuk oval dan ukurannya bervarias.

Kutil yang tumbuh pada tubuh bisa muncul dan umumnya tidak berbahaya dan kadang bisa hilang dengan sendirinya walau harus membutuhkan proses yang cukup lama bahkan hingga bertahun-tahun. Kutil juga bisa dikategorikan sebagai penyakit menular dan biasanya masuk pada tubuh yang memiliki daerah kulit yang rusak. Lebih jelasnya, kutil disebabkan oleh infeksi virus, dan salah satunya jenisnya berasal dari jenis human papilloma virus (HPV). Hingga kini penelitian menyimpulkan ada 10 varietas kutil yang dianggap paling umum dan sebagian besar diantaranya tidak berbahaya. Walau tergolong tidak berbahaya, tetapi kutil bis dianggp mengganggu dan bisa mempengaruhi penampilan.

Manfaat bawang putih untuk membasmi kutil:

Walau kini sudah banyak beberapa metode perawatan untuk membasmi kutil, namun ada hal mudah yang bisa dicoba di rumah. Cara ini dinilai lebih cepat dengan menggunakan obat oles yang berasal dari bawang putih. Bawang putih bisa dijadikan pilihan obat tradisional alami penghilang kutil dan dianggap sebagai ramuan umum yanh memiliki hasil penyembuhan yang luar biasa untuk kutil kecil maupun besar.

Sebuah studi klinis oleh International Journal of Dermatology, dengan tajuk “Healing effect of garlic extract on warts and corns”, mengungkapkan bila sifat penyembuhan untuk penyakit kutil bisa didapat langsung dari ekstrak bawang putih. Pada wacana tersebut disebutkan bahwa studi yang dilakukan menyimpulkan jika bawang putih yang telah diolah untuk diambil air atau ekstrak mampu mengatasi masalah kutil pada pasien. Selanjutnya pada studi yang melibatkan dua puluh delapan pasien dengan 2-96 kutil, sembilan pasien dengan 1-2 kutil jagung, dan kelompok kontrol yang terdiri dari lima pasien dengan 7-35 kutil. Dari hasil akhir laporan yang didapat, perawatan pasien dengan penyakit kutil bisa sembuh melalui ekstrak air bawang putih yang diberikan pada lima pasien selama 30-40 hari atau membutuhkan waktu lebih dari 2 bulan untuk mencapai pemulihan parsial pada pasien. Selanjutnya pada dua puluh tiga pasien dengan 2-96 kutil, dan sembilan pasien dengan 1-2 kutil jagung memerlukan pemberian minyak larut dalam ekstrak bawang putih dan berhasil sembuh setelah 1- 2 minggu masa pengobatan.

Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan dengan jelas bahwa ekstrak yang larut dalam minyak bawang putih berpotensi besar sebagai obat untuk menyembuhkan kutil biasa hingga 100% dan  obat untuk pemulihan kutil jagung hingga 80%.

Cara mengobati kutil dengan bawang  putih:

Bawang putih mengandung bahan,  alicin, yang dipercaya dan berperan sebagai komponen antivirus pada kutil. Untuk menggunakan bawang putih usahakan kulit Anda tidak alergi terhadap bawang. Cara tes sederhannya yaitu dengan mengoleskannya sedikit pada kulit lain atau di belakang telinga. Jika tidak terjadi reaksi alergi, maka bisa langsung digunakan untuk obat kutil. Caranya cuci bersih dan keringkan kutil dengan air hangat, sabun, dan handuk bersih.

Cara 1: Bawang putih  dikenal memiliki sifat anti-virus, anti-jamur, dan anti-bakteri. Kandungan sulfur yang tinggi dalam bawang putih memberikan sifat antibiotik. Namun bawang putih juga memiliki bau menyengat yang khas. Namun, tanaman ini sudah sejak laman telah digunakan dan dipercayai mampu mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Cara mudah mengobati kutil dengan bawang putih yaitu dengan menumbuk kasar (atau istilahnya di keprek) lalu tempelkan pada kulit yang ditumbuhi kutil. Selanjutnya tutup dengan kain atau plester dan tunggu hingga 30 menit. Karena senyawa pada bawang putih bersifat panas, maka jangan terlalu banyak bergerak agar kulit tidak panas dan kutil menghitam dan akhirnya hilang.

Cara 2: Atau Anda bisa mencoba  cara dengan mengambil beberapa siung bawang putih, iris kecil kecil, dan tumbuk hingga halus. Hasil tumbukan langsung saja dioleskan pada kutil dan tutup dengan perban. Lakukan cara ini secara rutin pada malam hari agar lebih efektif. Biasanya dengan menggunakan cara secara teratur dan konsisten mala penyakit kutil yang ada pada kulit akan hilang cepat hilang dalam waktu 5 – 7 hari.

Jangan lupa untuk memilih bawang putih dengan kualitas yang baik dan masih segar karena senyawa atau aroma khas bawang putih masih tercium tajam. Pilihlah bawang putih yang masih memiliki kulit mulut,  tidak memar, tampak segar dan tidak layu. Itulah beberapa manfaat bawang putih yang terbukti dan ampuh untuk menghilangkan sekaligus melenyapkan penyakit kutil yang sering timbul pada kulit. Bawang putih juga menjadi alternatif paling mudah didapat, bisa digunakan dengan mudah dan pastinya cepat dalam proses penyembuhan.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top