Manfaat Tanaman

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih memang sejak lama menjadi bumbu masakan yang membuat aroma amakanan menjadi lezat dan mengundang selera. Bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang sudah digunakan di berbagai negara di dunia. Penggunaan bawang putih dengan jumlah yang banyak pada masakan akan memberikan aroma atau bau yang cukup menyengat. Bau bawang putih memang khas. Aroma ini lah yang menyebabkan bawang putih jarang dikonsumsi secara langsung, melainkan hanya sebagai bumbu penyedap masakan dengan jumlah yang cukup sedikit. Pada hal, jika mengkonsumsi bawang putih secara langsung terdapat beberapa manfaat yang didapatkan. Bahkan, tren yang berkembang saat ini menyebutkan bahwa bawang putih mampu mencegah kanker.

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga umbi-umbian. Umbi bawang putih ini mengandung allicin, yaitu salah satu komponen biologis aktif yang paling utama berupa senyawa sulfur, dan zat yang bisa digunakan sebagai obat. Zat ini lah yang membuat ciri khas pada bau bawang putih.

Berikut ini manfaat mengkonsumsi bawang putih yang patut diketahui:

  1. Sebagai antibakteri dan antiseptik

Senyawa aktif allicin ini merupakan zat anti bakteri yang dominan terkandung dalam bawang putih. Bukan hanya mencegah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai anti virus dan bakteri, yang dapat mencegah perkembangan bakteri, jamur, ragi, virus,serta cacing dalam tubuh. Hal inilah yang kemudian membuat bawang putih bisa menangkal beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman dn bakteri.

  1. Mencegah dan menurunkan kolesterol

Mengkonsumsi bawang putih secara langsung dapat secara alami mengontrol serta menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bawang putih ini mampu menangkas LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dengan cukup signifikan.

  1. Mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi)

Beberapa riset yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih bisa efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Hipertensi ini mempunyai akibat buruk bagi kesehatan, di antaranya sebagai pintu masuk berbagai jenis penyakit, menungkinkan terjadinya serangan jantung, dan stroke.

  1. Memberikan efek ketenangan

Bawang putih memberikan efek relaksasi, terutama bagi mereka yang mengalami hipertensi. Dengan mengkonsumsinya, seseorang akan bisa lebih rileks, lebih tenang dan tidak cepat emosi yang bisa menurunkan kemungkinan hipertensi.

  1. Membantu kesehatan tulang

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi kalsium dari bawang putih bisa mencegah gangguan tulang, seperti osteoporosis.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Bawang putih juga mengandung vitamin C yang fungsinya sebagai antioksidan. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi bawang putih bisa membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai penyakit.

  1. Melancarkan peredaran darah

Zat yang mampu membantu memperlancar peredaran darah adalah adanya kandungan besi dan beberapa vitamin lainnya. Hal ini akan menyebabkan supply darah dan oksigen menjadi maksimal dan efektif ke seluruh organ tubuh yang membutuhkan.

  1. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada bawang putih sangat baik bagi mereka yang memiliki riwayat anemia atau kekurangan darah.

  1. Membantu mengobati flu dan batuk

Adanya zat antioksidan dan zat anti bakteri dalam bawang putih akan membantu mengobati gejala flu dan batuk yang disebabkan infeksi oleh virus dan bakteri.

  1. Anti kanker

Sebagai tren terkini dari bawang putih yaitu zat anti kanker, dapat membantu dalam menangkal radikal bebas dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top