Manfaat Tanaman

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Sudah sejak lama masyarakat menggunakan manfaat bawang merah untuk kesehatan dan rempah yang memberi rasa lezat. Salah satu bumbu dapur yang wajib ada adalah bawang merah. Jenis tanaman yang masih satu keluarga dari bawang ini biasa ditanam disawah serta juga dapat membuat mata menjadi menangis ketika mengirisnya. Makanan yang dibumbui dengan Bawang merah akan membuat makanan menjadi lebih sedap serta lebih lezat. Selain digunakan sebagai bumbu pada masakan Bawang merah juga biasa dipergunakan sebagai lalapan maupun sebagai taburan pada hidangan makanan.

Sponsor: kezia skin expert

Kandungan nutrisi bawang merah:

Bawang merah mengandung beberapa senyawa penting yang dibutuhkan bagi tubuh yaitu kalori, 15 g karbohidrat, rendah lemak dan kolesterol, 3 g serat, 7 g gula, 2 g protein, vitamin A, vitamin B kompleks yaitu B1 (Thiamine) , B2, (Riboflavin) B3 (Niacin), B6,  B9 (asam folat), dan B12. Kemudian ada vitamin C, dan K serta mangan. Nutrisi pelengkap lainnya adalah  zat besi, kalsium, magnesium,  fosfor dan kalium antioksi serta quercetin dan juga sulfur. Tanaman ini juga mengandung zat pengatur alami yang dimaksud adalah hormon auksin dan giberelin. Kegunaan paling umum bawang merah adalah sebagai obat tradisional karena mengandung obat herbal alami yang memberikan efek antiesptik dan senyawa alliin. Peran senyawa alliin ini akan diubah ke dalam bentuk asam piruvat, ammonia, dan alliisin  yang berperan penting sebagai zat anti mikroba memiliki sifat bakterisida.

Manfaat bawang merah untuk kesehatan:

Bawang merah dapat dikonsumsi langsung secara mentah maupun dicampurkan pada makanan. Namun bawang merah jika dikonsumsi secara mentah membuat nafas serta keringat menjadi berbau kurang sedap. Dibalik aromanya yang kurang sedap bawang merah dipercaya memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan seperti:

1. Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya. Diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam darah. Kadar gula dalam darah yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonsumsi bawang mentah secara mentah. Bawang merah dipercaya dapat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh. Insulin berperan dalam mengatur kadar gula yang ada dalam darah sehingga dapat mencegah resiko terkena diabetes.

2. Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya serta dapat menyebabkan kematian. Kanker muncul karena berkembangnya sel-sel pembentuk penyakit kanker yang ada dalam tubuh sehingga berkembang menjadi masalah serta mengganggu kesehatan.  penyakit kanker dapat dicegah degan berbagai cara salah satunya dengan mengkonsumsi bawang merah. Mengkonsumsi bawang merah secara rutin dipercaya dapat mencegah kanker. Hal ini dikarenakan bawang merah banyak mengandung zat belerang serta sulfur yaitu zat yang berfugsi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada dalam tubuh. Dengan rutin mengkonsumsi bawang merah maka resiko terserang kanker dapat dicegah.

3. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan suatu masalah yang terjadi pada pencernaan. Sembelit jika dibiarkan akan menjadi masalah yang serius pada pencernaan. Mengkonsumsi bawang merah dipercaya dapat mengatasi masalah sembelit yang Anda derita. Zat kimia yang terdapat pada Bawang merah dapat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh yang dapat menyebabkan masalah sembelit. Selain dapat mengatasi masalah sembelit bawang merah juga juga bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan Anda.

4. Menyehatkan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ penting yang harus selalu dijaga kesehatannya. Manfaat dari bawang merah yang lain adalah menyehatkan jantung. Kandungan sufida methylallyl serta asam amino sulfur yang terdapat dalam bawang merah sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Seperti telah diketahui kolesterol merupakan penumpukan lemak yang ada dalam darah yang dapat mengganggu peredaran darah serta mengganggu fungsi kerja jantung. Dengan mengkonsumsi bawang merah secara rutin maka dapat mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh sehingga dapat menyehatkan jantung Anda.

5. Meminimalisir Pembekuan Darah

Bawang merah dapat mencegah terjadinya pembekuan darah dengan cara mengkonsumsi umbi bawang yang masih mentah. Jika igin mengkonsumsi yang matang, agar rasanya lebih nikmat dapat juga divcampur dengan bahan lainnya seperti keju. Orang yang memiliki luka gores atau luka akibat terjatuh dapat mengoleskan bawang merah ke bagian luka sambil biarkan kering.

6. Membunuh mikroba

Selain bau dan rasanya yang pedas menyengat, bawang merah justrus dapat membunuh beberapa jenis mikroba seperti amuba disentri, diphtreria,  dan mikroba TBC dalam waktu singkat. Bawang merah juga memiliki sifat minyak yang mudah sekali menguap. Di dalam minyak ini berfungsi sebagai bahan pembasmi sebagian besar mikroba staphylococci, termasuk streptococci penyebab munculnya penyakit radang pada torak dan kerongkongan. Meskipun mengirup aromanya saja, bawang merah akan mengeluarkan wewangian karena minyak yang dihasilkan dapat menguap. Minyak tersebut yang mengandung sulfat yang jika masuk kedalam darah melalui rongga pernafasan dapat membunuh mikroba penyebab penyakit.

7. Menghilangkan cacing pada anak

Manfaat penting lainnya yaitu dapat membantu menghilangkan cacingan pada anak. Cara menggunakannya yaitu buat air seduhan yang dicampur dengan bawang merah yang telah dipotong kecil lalu disimpan selama satu malam. Pagi harinya, diminumkan pada anak dengan menambahkan madu. Lakukan pemberian larutan ini secara rutin sampai cacingan pada anak benar-benar keluar melalui saluran pencernaan. Sifat bakterisida pada bawang merah juga dapat menghilangkan cacing dilambung serta mengobati masalah wasir.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top