Manfaat Tanaman

Manfaat Batang Serai Untuk Kecantikan

Serai merupakan jenis tanaman ilalang yang tumbuh bergerombol. Serai juga merupakan salah satu bumbu dapur sebagai campuran bahan memasak agar masakan menjadi lebih nikmat rasanya. Bagian serai yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur adalah bagian batangnya maupun bagian daunnya. Daun serai mempunyai aroma yang khas sehingga mambuat masakan menjadi lebih sedap. Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur karena aromanya daun serai juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal alami juga untuk kecantikan. Kandungan dan manfaat batang serai untuk kecantikan yang perlu Anda ketahui yaitu:

Manfaat Batang Serai Untuk Kecantikan

Sponsor: kezia skin expert

Kandungan dan nutrisis batang serai:

Serai memiliki nama latin Cymbopogon citratus, yang awalnya tanaman ini berasal dari dari wilayah bagian Selatan India dan Sri Lanka. Tanaman yang menjadi populer di kalangan kuliner ini mengandung zat dan nutrisi penting. Selain dipercaya sebagai bahan masakan, serai juga diyakinin mampu menjadi bahan anti kanker, diabetes, hingga bahan detoksifikasi. Dibalik manfaatnya yang dahsyat bagi kesehata, serai memiliki kandungan berupa minyak atsiri dalam bentuk sitrat, sitronelol, sabinen, dan sebagainya. Serai juga mengandung senyawa lain seperti geranial, geranil butirat, lomonen, sitronelol, eugenol dan metileugenol. Serai juga sering dijadikan minyak aromaterapi karena mengandung senyawa sehat seperti minyak esensial yaitu nerol, myrcene, sitronelol,geraniol, dipentene, dan metil heptenone bersifat anti-jamur, insektisida serta antiseptik. Karena sering dijadikan sebagai bahan minyak untuk aroma terapi, serai memiliki efek terapeutik yang bermanfaat dalam membantu merevitalisasi dan menyegarkan tubuh selepas lelah. Selain itu, batang serai yang diolah mengandung minyak yang didalamnya terdapat zat alami untuk merangsang sirkulasi darah serta meremajakan jaringan kulit. Oleh sebab itu, sereh sangat berguna untuk membantu kekencangan kulit dan mengangkat sel kulit mati, sekaligus membuat kulit wajah lebih segar.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Seperti diketahui memiliki kulit yang mulus dan sehat adalah dambaan setiap orang khususnya bagi kaum wanita. Batang serai selain bermanfaat sebagai bumbu juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit Anda. zat yang terkandung di dalam batang serai sangat ampuh untuk menghilangkan penyakit gatal pada kulit seperti panu, kadas, kurap, dan masalah kulit lainnya. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk batang serai yang masih segar dan mengoleskan ke bagian tubuh yang gatal.

2. Mengobati Infeksi Kulit

Selain menjaga kesehatan kulit, serai juga bermanfaat untuk mengobati kulit yang mengalami infeksi. Serai mengandung zat anti mikroba dan anti bakteri di dalamnya sehingga sangat ampuh untuk mengobati infeksi pada kulit Anda karena luka dan lain sebagainya. Luka yang mengalami infeksi akan membuat luka sulit disembuhkan dan beresiko munculnya masalah lain dalam kesehatan Anda. Cara penggunaan sirih kurang lebih sama dengan di atas yaitu dengan menumbuk batangnya dan dioleskan pada bagian kulit yang mengalami luka atau infeksi.

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan saklah satu masalah wajah yang membuat percaya diri Anda menjadi pudar serta membuat wajah menjadi tidak sehat. Dengan menggunakan batang serai dapat mengiobati jerawat yang hinggap pada wajah Anda. kandungan vitamin A yang kaya pada batang serai akan mengatasi jerawat. Cara penggunaannya adalah dengan batang serai yang ditumbuk dan dioleskan ke seluruh bagian wajah dipercaya sangat ampuh untuk mengusir serta mengatasi jerawat yang membandel dari wajah Anda.

4. Mencerahkan Kulit

Serai dipercaya dapat membuat kulit tubuh menjadi cerah secara alami. Kandungan zat serta nutrisi yang ada dalam serai sangat bermanfaat untuk mencerahkan kulit Anda. sebagian orang mempercayai dan menggunakan serai sebagai lulur agar kulit menjadi halus, mulis, bersih, dan sekaligus mencerahkan. Dengan rutin menggunakan lulur serai dapat mencerahkan kulit tubuh Anda.

5. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan adalah masalah kelebihan keringat yang ada dalam tubuh sehingga memicu bau badan yang kurang sedap itu muncul. Serai banyak mengandung zat lemongrass yang ada di dalamnya yaitu suatu zat yang berguna untuk mengontrol serta mengurangi jumlah keringat yang keluar dari badan khususnya ketiak. Meratan serai yang dihaluskan atau ditumbuk keseluruh anggota badan dapat mengurangi bau badan Anda.

6. Pencegah Bakteri

Serai ampuh sebagai bahan untuk mencegah bakteri yang ada dalam tubuh. Sesuai hasil penelitian, telah disimpulkan bahwa minyak atsiri pada daun dan rimpang serai dapat menghambat pertumbuhan bateri Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Streptococcus hemolitik, Bacilus subtilis, Salmonella typhimurium, bateri Escherichia coli penyebab penyakit pencernaan, Apergillus niger hingga bateri Candida albicans.

Efek samping minyak serai atau sereh:

Serai dapat dimanfaatkan dalam beragai bentuk baik diolah menjadi kuliner, bahan pembuat sabun muka, minyak pijat, hingga minuman herbal seperti teh. Meskipun aman dikonsumsi, tetapi penggunaan teh herbal serai bisa mengakibatkan reaksi alergi jika orang yang mengkonsumsinya memiliki alergi tertentu. Jika gejala alergi timbul selepas mengkonsumsi teh herbal serai, maka dianjurkan untuk segera menghentikan penggunaan dan segera mencari bantun medis. Jika menggunakan minyak serai murni, lebih baik jangan terlalu sering menerapkan langsung pada area tubuh. Sebab dikarenakan minyak akan bereksi negatf dan mengakibtkan efek yang berbahaya. Lebih baik hindari menggunakan minyak sereh murni.

2
50%
like
1
25%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
25%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top