Manfaat Buah

Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan

Biasanya orang lebih senang memilih apel merah ketimbang apel hijau. Pasalnya, apel merah dinilai memiliki rasa lebih manis ketimbang apel hijau. Namun, dibalik rasanya yang asam segar, apel hijau memiliki kandungan kaya antiokasidan tinggi. Apel hijau memiliki tekstur lebih padat ketimbang apel merah yang empuk. Buah yang mudah tumbuh di dataran tinggi ini sering dijadikan minuman, manisan dan bisa dikonsumsi langsung. Selain itu, ada banyak manfaat apel hijau untuk kesehatan yang baik dikonsumsi.

Manfaat Apel Hijau Untuk Kesehatan

Sponsor: cream pemutih wajah

Kandungan nutrisi apel hijau:

Apel hijau mengandung berbagai macam vitamin yang berguna untuk mencukupi asupan nutrisi tubuh. Apel Hijau mengandung vitamin A, B1, B2, B6, C, E, dan K. Apel hijau juga mengandung Panthotenic Acid dan Folate. Vitamin A jenis beta karotin pada apel memainkan peran penting untuk pertumbuhan tulang dan sel. Vitamin B1 dalam bentuk tiamin berguna untuk memperlancar system metabolic, anti stress dan memperkuat system kekebalan tubuh. Kemudian fungsi vitamin B2 atau riboflavin bekerja sebagai antioksidan penangkal radikal bebas yang bisa merusak sel dan DNA serta pencegah penyakit jantung dan kanker. Vitamin B3 atau niacin pada apel berguna untuk meningkatkan sirkulas, mencegah kelelahan dan stress, mengatasi penyakit dimensia, masalah pada pencernaan, dan melindungi kulit kusam. Vitamin B6 mudah larut dalam air dan mudah terbuang bersama urine, karena itu jika mengkonsumsi apel maka membantu memberikan pasokan vitamin B6. Selanjutnya vitamin yang paling banyak di kandung oleh apel adalah vitamin C yang berguna untuk mineral pertumbuhan dan perbaikan jaringan sel tubuh, juga merguna sebagai pembentuk protein serta penting untuk kecantikan kulit. Vitamin E dan K pada apel berguna untuk mencegah kerusakan sel kulit dan tubuh, mengatasi masalah gusi dan vitamin penting untuk melindungi hati. Terakhir, kandungan nutrisi apel dari folate (vitamin B) dan pantothenic acid (vitamin B5) berperan sebagai koezim untuk mengatasi kelelahan, menjaga system pencernaan, dan membantu mengatasi insomnia.

Manfaat apel hijau untuk kesehatan:

Apel hijau memiliki bermacam manfaat yang berguna untuk tubuh dan kesehatan. Apel juga membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan, cocok untuk diet dan mencegah berbagai penyakit sekaligus anti radikal karena mengandung antioksidan cukup tinggi. Berikut beberapa manfaat apel hijau untuk kesehatan.

1. Menyehatkan mata

Kandungan vitamin A pada  apel hijau berguna untuk menutrisi mata dan membuat mata lebih sehat. Meski mengkonsumsi vitamin A dalam jumlah banyak tidak dianjurkan karena dapat merusak sel tulang, tetapi vitamin A pada apel hijau berjenis beta karotin yang aman untuk kesehatan dan bukan retinol. Jika jumlah retinol terlalu banyak, maka akan menganggung kinerja vitamin D. Namun untung saja vitamin A pada apel sangat aman dikonsumsi.

2. Memberi energi yang cukup

Apel hijau mengandung cukup vitamin B1 yang membantu untuk merubah asupan karbohidrat menjadi energi. Mengkonsumsi apel hijau juga berperan memberi asupan air lebih banyak yang dapat diserap tubuh karena mengandung air mineral. Mineral pada apel sangat baik menyaring kolesterol jahat penyebab gangguan stroke, dan melancarkan pencernaan.

3. Sebagai antioksidan

Apel hijua melindungi tubuh dari radikal bebas karena mengandung zat antioksidan yaitu Folate dan vitamin B2. Penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung, dan tumor. Sementara vitamin B1 sangat berguna untuk mengangkal penyakit diabetes.

4. Memperbaiki jaringan tubuh

Apl hijau bermanfaat untuk melindungi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak karena terdapat vitamin C yang sangat kaya. Selain itu, vitamin ini juga sumber untuk membentuk sel-sel kulit yang rusak akibat pola hidup yang salah. Ditambah vitamin E pada apel, bermanfaat untuk mempercantik jaringan kulit, merawatnya agar tetap lembut dan membuat jaringan rambut tetap sehat bebas ketimbe dan rontok.

5. Mengatasi penyakit memori

Tidak kalah pentingnya, apel hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah timbulnya masalah pada memori seperti alzheimer dan parkinson. Penyakit Alzhaimerdan parkinson bisa disebut sebagai penyakit menyeramkan yang berefek jangka panjang. Manfata buah apel hijau inilah yang akan melindungi sel otak dan memperbaiki dengan menutrisi melalui kandungan vitamin B kompleksnya.

6. Untuk Diet dan Makanan Alternatif

Bagi yang ingin memiliki tubuh langsung, maka apel hijau bisa dijadikan camilan nikmat untuk menambah asupan makanan. Apel hijau mengandung lebih sedikit kalori sehingga menjadi pilihan buah yang paling baik untuk mengatur berat badan. Mengkonsumsi 2-3 apel hijau memberikan 63 kalori, dan jika mengkonsumsi sebanyak 250-500 kalori buah apel per hari, bisa membuat berat  tubuh turun hingga 230 gram perminggu. Tak hanya rendah kalori, apel juga kaya serat yang sangat mengenyangkan dan porsi yang disarankan pada saat menurunkan berat badan dengan cara sehat.

Cara memilih buah apel yang sehat:

Memilih apel hijau yang siap dikonsumsi tidaklah sulit. Pertama pilih yang berwarna cerah dan bertekstur baik. Pilih yang ukuran yang tepat, semakin besar maka semakin matang. Kemudian pilih buah apel yang dagingnya sedikit lebih keras. Jangan memilih apel yang memar, rusak atau cacat, dan ada bintik-bintik di bagian kulitnya. Sebelum dikonsumsi pastikan membersihkannya atau dicuci dengan air mengalir untuk menghilangkan zat berbahaya seperti pestisida atau bakteri. Jika tidak dikonsumsi lagi, sebaiknya buat apel tetap dalam keadaan segar dengan menyimpannya pada kulkas, atau suhu ruangan. Pisah apel dengan daging atau bahan makanan lain jika disimpan dalam kulkas untuk menghindari perubahan tekstus. Jika siap dikonsumsi, sebaiknya makan bersama kulitnya untuk mendapatkan manfaat lebih baik. Jika ingin, bisa diolah dalam berbagai cara misalnya dibuat jus, salad, atau smoothie. Semua tergantung selera Anda.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top