Tubuh ku

Manfaat Anggur Untuk Tubuh

Manfaat Anggur Untuk TubuhAnggur, seperti yang sudah umum diketahui merupakan buah dengan bentuk bulat kecil yang memiliki rasa manis. Buah anggur memiliki varian warna hijau dan juga warna merah. Buah aggur bisa langsung dikonsumsi buahnya, atau bisa pula diolah lagi menjadi bahan makanan lainnya, misalnya sirup, kismis, atau dicampurkan dalam kue. Varietas anggur cukup banyak, dan hingga saat ini sekitar 60 jenis varietasnya dikonsumsi manusia di seluruh dunia. Anggur terkenal dengan cita rasa khas manis dan mengandung banyak air. Anggur ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Selain kandungan zat gula dan air, buah anggur memiliki kandungan zat-zat lain berupa asam galat, glukosida, asam fosfat, vitamin, mineral, piceatannol, polifenol dan resveratrol. Manfaat anggur untuk tubuh memang cukup banyak mengingat kandungan zat gizinya yang cukup banyak.

sponsor: produk pemutih wajah.

Zat yang terdapat dalam buah anggur yang berfungsi sebagai antioksidan alami adalah zat polifenol dan resveratrol. Adanya zat antioksidan yang masuk ke dalam tubuh melalui konsumsi buah anggur akan dapat membantu menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah anggur cukup beragam, antara lain vitamin K, thiamin, vitamin E, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, folat, beta karoten dan alfa karoten. Sedangkan pada kandungan mineralnya, buah anggur memiliki beberapa jenis mineral, antara lain kalium, tembaga, mangan, besi, kalsium, magnesium, seng dan selenium. Berikut ini rincian manfaat untuk tubuh melalui konsumsi buah anggur :

  1. Menjadi sumber gula darah

Rasanya buah anggur yang cukup manis, dapat dipastikan bahwa buah bulat kecil ini memiliki kandungan gula. Meskipun mengandung gula, namun tetap memiliki kadar glikemik yang rendah, sehingga tidak terlalu membahayakan kenaikan gula darah yang tinggi, saat dikonsumsi  dengan wajar atau tidak berlebihan. Kadar glikemiknya 43 – 53, dan menjadi sumber gula darah yang baik untuk tubuh.

  1. Menjadi bahan anti mikroba

Buah anggur memiliki kandungan fitonutrien berupa zat yang menjadi bahan anto mikroba. Zat tersebut yaitu piceatannol dan resveratrol. Zat tersebut membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan yang dikonsumsi.

  1. Menjadi bahan anti kanker

Adanya kandungan antioksidan polifenol dan reveratol, memberikan efek jangka panjang dari konsumsi buah anggur ini, yaitu mengantisipasi dan mencegah terbentuknya sel penyebab kanker.  Tumbuhnya sel-sel yang bersifat karsinogenik dapat dicegah, sehingga tidak sampai mnyebabkan penyakit kanker yang meluas atau menjalar dalam tubuh. Salah satu jenis kanker yang bisa dihalau yaitu kanker kulit. Zat resveratrol pada buah anggur ternyata dapat memberikan perlindungan terhadap radiasi sinar UVB agar kulit tidak terpengaruh dari efek negatif sinar matahari.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Masih berkaitan dengan manfaat zat reveratrol yang terkandung buah anggur, zat ini memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah. Dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, maka akan menurunkan tekanan darah, atau saat  darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi, maka juga bermanfaat dalam peningkatan oksigen dan penyampaian nutrisi ke sel-sel tubuh.

  1. Perlindungan tubuh dari radiasi

Sinar matahari terdiri dari radiasi berbagai jenis sinar. Dengan mengkonsumsi buah anggur, maka secara tidak langsung akan memberikan efek tameng bagi tubuh terhadap radiasi sinar-sinar tersebut. Paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan akan memberikan dampak buruk terutama yang berkaitan langsung dengan kesehatan kulit.

  1. Membantu pemulihan otot

Antioksidan yang kuat yang terkandung dalam buah anggur dapat mendukung sel-sel dan organ tubuh, dalam menghilangkan asam urat dan racun lainnya. Termasuk juga memberi dukungan terhadap pemulihan otot jika terjadi cidera.

  1. Melembabkan kulit

Buah anggur yang memiliki kandungan air yang banyak, memberikan manfaat pada kulit dengan melembabkannya. Selain dikonsumsi langsung sebagai asupan nutrisi dari dalam tubuh, buah anggur juga bisa digunakan untuk membantu melembabkan kulit dengan perawatan dari luar. Kulit yang kering, terutama area wajah bisa diberikan treatment berupa maker sari buah anggur. Caranya pun cukup gampang dan sederhana, yaitu dengan mengoleskan air sari anggur yang telah dibelah terlebih dahulu di atas permukaan kulit wajah secara merata. Jangan lupa, sebelum mengoleskan air sari buah anggur ini, wajah harus dalam keadaan bersih. Biarkan dahulu hingga kira-kira 15 menit agar nutrisi buah anggur bisa meresap di dalam kulit serta airnya dapat melembabkan kulit. Terakhir, wajah bisa dibilas dan dibersihkan dengan air. Manfaat dalam melembabkan kulit akan dapat segera dirasakan jika perawatan ini dilakukan secara rutin 2 kali sehari, padawaktu pagi dan malam menjelang tidur.

  1. Mencerahkan kulit

Selain memberikan efek melembabkan, buah anggur juga bisa memberikan efek mencerahkan kulit dan membantu menghilangkan kesan kulit kusam. Cara mendapatkan kulit wajah cerah dengan buah anggur dapat dilakukan dengan menggunakan 1 atau 2 buah anggur yang telah dibersihkan, lalu haluskan dagingnya bisa menggunakan tekanan tangan. Buah anggur yang lunak pasti akan gampang hancur. Lalu buah anggur tersebut, dicampur dengan madu secukupnya, atau kira-kira setengah sendok makan. Campuran ini kemudian dioleskan ke permukaan kulit wajah yang telah dibersihkan sebelumnya secara merata. Biarkan hingga kira-kira selama 15 menit dan akhiri dengan pembilasan menggunakan air hingga bersih.

Yang patut diperhatikan saat mengkonsumsi buah anggur adalah bagi mereka yang mengalami diabetes. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah anggur pada penderita diabetes karena akan meningkatkan potensi kenaikan gula darah yang bisa memperparah kondisi diabetesnya.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top