Tips & Trik Parent

Mama Cerdas Harus Tahu Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita

 Ini Dia Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita1

Tak hanya pendidikan formal, tenyata bunda harus tahu tentngan pentingnya kegiatan ekskul buat balita. Ketika bunda memutuskan untuk mengirim si kecil ke sekolah pertamanya, busa jadi disana ada beberapa pilihan ektra kulikuler sebagai pelajaran tambahan. Eksul juga bermanfaat untuk anak bisa menyalurkan dan mengembangkan minat dan bakatnya. Terlebih lagi jika di sekolah tersedia ragam fasilitas guna mendukung kemampuan balita dalam menerima materi.

pentingnya kegiatan ekskul buat balita

 

Sponsor: halo jasa

Namun terkadang, bunda bisa saja dibuat geleng-geleng lantalan si kecil sama sekali tidak memiliki minat atau bingung mana ekskul yang cocok untuknya. Justru lebih baik, orang tua harus bisa membantu dan mengarahkan si kecil suapay ia bisa memutuskan jenis ektra kulikuler mana yang membuatnya senang. Menurut seorang praktisi anak usia dini, Denia Putri Prameswari, S.Psi., M.Psi.T., dari Sekolah Bunga Matahari mengungkap bahwa orang tua harus memahami beberapa hal sebelum memutuskan memasukkan anak ke program ekskul.

Yang harus diperhatikan pertama tidak memaksa anak sampai ia merasakan kelelahan. Oleh sebab itu biarkan anak memiliki waktu sejenak untuk beristirahat. Kedua selalu perhatikan lama kegiatan atau durasi ekskul misal khusus balita gunakan waktu latihan selama 60 menit maksimal 2 kali seminggu. Ketiga, pastikan kegiatan ekskul sesuai dengan minat anak sementara orang tua hanya mengarahkan namun bukan memaksannya. Dan berikut ini beberapa pilihan ekskul  yang bisa bunda gunakan dan bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil.

Mama Cerdas Harus Tahu Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita

  • Bela diri

Kegatan ekskul yang bisa membuat anak menjadi aktif adalah bela diri. Kegiatan ekskul bela diri boleh dilakukan oleh anak laki-laki ataupun anak perempuan. Manfaat yang didapat dengan mengikuti ekskul ini dapat membentuk kekuatan otot, memudahkan koordinasi gerak serta meningkatkan kelenturan tubuh dengan baik. Bela diri merupakan latihan awal yang menjadi modal balita mengenal bermacam olahraga. Ada banyak latihan bela diri yang bisa Anda perkenalkan seperti pencak silat, karate, taekwondo hingga aikido. Bela diri juga mampu melatih ketangkasan fisik, keseimbangan, mengerti sikap sportif, hingga mengaktifka masa otot. Anda bisa ajarkan dalam diri anak kemampuan ekskul ini untuk menjaga diri atau melindungi temannya bukan untuk menyerang temannya.

Mama Cerdas Harus Tahu Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita

  • Tari dan musik

Tari dan musik adalah ekskul yang bisa diajarkan kepada balita dengan mudah. Latihan ekskul ini mampu melatih kemampuan gerak motorik halus dan kasar anak melalui gerakan tarian atau gerakan memainkan alat-alt musik. Ekskul ini juga mampu menambah jumlah pengetahuan anak tentang tari dan musik, misalnya tari jaipong atau tarian lainnya. Sementara belajar musik bisa mengajarkan anak kosakata baru lewat not dan lagu. Anak juga bisa mengetahui tentang inotasi, irama dan lain seputar musik. Ada banyak alat-alat musik yang bisa dikenalkan pada anak seperti biola, gitar, piano, saksofon, atau menyanyi. Sementara tarian yang bisa dikenalkan seperti tarian tradisional dan modern.

Mama Cerdas Harus Tahu Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita

  • Renang

Renang adalah ekskul paling umum dan banyak dilakukan. Tidak hanya sekedar bermain air, berenang juga membuat tubuh lebih bugar berenang bisa melatih keberanian anak menghadapi media air. Seperti kita ketahui saat ini ekskul renang menjadi kegiatan favorit yang banyak dilakukan. Fungi olahraga renang ini bisa mengasak motorik halus dan kasar anak sejak kecil. Tak hanya itu, mengajarka anak renang sejak balita bisa menciptkan keberanianya sehingga ketika besar nanti anak tidak takut lagi dan melatih rasa percaya diri. Pilihkan guru ekskul renang yang Anda percayai sehingga anak bisa mengetahui teknik dasar berenang misalnya cara bernafas, cara mengepakkan kaki dan tangan atau cara menhindari agar tubuh tidak kram. Jangan lupa sebelum berlatih anak cukup makan sekitar satu jam sebelum berenang agar tidak membuat perutnya sakit. Berikan saran anak untuk melakukan peregangan sebelum berenangan agar kaki tidak kram.

Mama Cerdas Harus Tahu Pentingnya Memberikan Kegiatan Ekskul Buat Balita

  • Melukis

Ekskul selanjutnya yang terbilang aman untuk balita adalah melukis. Melu, kis begitu menyenangkan mampu melatih daya imaginasi, eksplorasi emosi dan meningkatkan intuinsi anak. Kegiatan semacam ini bisa membantu kemampuan gerak anak dalam menggambar, menggores atau membuat coretan ke media atau kanvas. Kegiatan ini akan membantu keterampilan motorik halus dan koordinasi indra anak menjadi lebih aktif. Si kecil juga akan lebih hafal tahapan awal menulis, meningkatkan mental menjadi lebih baik dan manfaat terhadap terapeutik atau penyembuhan. Ajak anak mencintai seni lukis guna menghapus energi negatif dan membantu tumbuh kembangnya lebih optimal. Pilihkan guru yang profesional dalam hal melukis suapay anak bisa tertantang lagi membuat gambar menakjubkan karena siapa tahu dewasa nanti anak menjadi seorang arsitek yang cerdas.

pentingnya kegiatan ekskul buat balita

 

  • Drum band

Ekskul terakhir yang tak kalan bermanfaatnya adalah drum band. Manfaat yang bisa didapat anak dengan mengikuti latihan ini begitu banyak. Beberapa manfaat positif diantaranya mengajarkan anak rasa kebersamaan, toleransi, memahami berbagai musik, kerja sama ketika memainkan musik bersama temannya dan sebuah bentuk olahraga sederhana karena drum band menggabungkan latihan ke dalam barisan. Ketika anak mulai belajar memainkan alat musik, maka anak akan berlatih cara berkonsentrasi, menerima instruksi sederhana dari pelatih, anak jadi mudah belajar tanggung jawab, tingkatkan rasa percaya diri ketika tampil bersama rekannya serta belajar menggunakan alat-alat musik yang ia sukai.

Ini dia beberapa latihan ekskul yang dapat Anda perkenalkan pada si kecil meski usianya terbilang masih balita. Sudah banyak orang tua yang membuktikan tentang keajaiban si kecil bejar ekskul, seperti yang sudah disebutka di atas. Ingin ajarkan anak kemampuan melalui salah satu ekskul, Anda bisa mencoba mengenalkan anak tentag seni bermain saksofon yang mungkin terbilang jarang diminati. Agar anak pandai dan mahir bermain, silahkan cari guru musik profesional di Halo Jasa. Semoga kesempatan ini tidak Anda sia-siakan demi tumbh kembang buah hati tercinta.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top