Makanan Kesehatan

Makananan Mengandung Protein Hewani dan Manfaat Bagi Tubuh

Makanan yang mengandung protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan masa otot. Bagi yang sedang mengalami masa pertumbuhan, seperti anak-anak, sangat dianjurkan konsumsi protein. Protein juga menjadi kandungan wajib dalam 4 sehat 5 sempurna. Ada 2 jenis protein: protein nabati dan protein hewani. Sumber protein hewani yang berkualitas tinggi bisa membantu anda mendapatkan asupan asam amino serta  nutrisi penting lainnya. Ada makanan mengandung protein hewani, yang perlu anda ketahui.

Makanan mengandung protein hewani

Sponsor: perawatan wajah terbaik

Pada umumnya hewan mempunyai kandungan protein lebih tinggi, bila dibandingkan dengan tumbuh-tumbuhan. Tetapi juga memiliki kandungan lemak yang relatif lebih tinggi. Makanan apa saya yang mengadung protein hewani?

  1. Ikan laut

Ikan laut banyak kandungan gizi, salah satunya adalah protein. Ada beragam jenis ikan laut menyediakan protein hewani dengan kualitas tinggi. Jenis ikan laut umumnya terdapat kandungan asam lemak omega-3. Ikan tuna, contohnya. Dalam satu porsi 3 ons ikan tuna terdapat 22 gram protein. Juga dengan ikan salmon, mengandung 19 gram protein setiap 3 ons. Omega 3 sangat baik untuk kesehatan jantung. Di samping itu kandungan lemak dan kolesterol dalam ikan lebih rendah kalau dibandingkan dengan daging sapi ataupun daging kambing.

Supaya nutrisi yang didapat maksimal, lebih baik olah ikan dengan direbus. Dilumuri bumbu pepes, misalnya. Usahakan hindari proses memasak dengan menggoreng.

  1. Kepiting

Kira-kira di dunia ada sekitar 5.000 spesies  kepiting yang dikonsumsi oleh manusia. Kepiting memang terkenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, jadi baik sekali bila dikonsumsi khususnya untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Selain itu kepiting juga termasuk sebagai makanan sumber vitamin dan mineral penting. Belum lagi rendah lemak dan memiliki sedikit kalori. Hewan bercangkang ini pun mengandung asam lemak esensial termasuk zat besi, seng, kalium, magnesium kalsium dan fosfor.

Namun meski kepiting mengandung  banyak nutrisi penting, anda juga harus berhatai-hati dalam mengkonsumsinya, sebab mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

  1. Belalang

Hewan yang satu ini bagi sebagian orang mungkin dianggap kurang lazim untuk dijadikan makanan. Hanya segelintiran orang yang mau mengonsumsinya. Dan mungkin juga dihindari oleh beberapa orang. Tapi tahukah  anda bahwa belalang mempunyai kandungan protein? Belalang  adalah salah satu makanan dengan sumber protein cukup tinggi.

Seperti diungkapkan pakar ilmu gizi asal Institut Pertanian Bogor (IPB) bernama Profesor Ahmad Sulaiman, belalang adalah hewan yang punya beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti protein, vitamin, asam lemak esensial dan mineral. Karena kandungan proteinnya yang tinggi itulah  membuat anda harus berhati-hati ketika engkonsumsinya. Sebab untuk sebagian orang yang terkena alergi biasanya akan mengalami gatal-gatal.

Biasanya belalang diolah dengan digoreng kering. Kata yang pernah makan, sih, rasanya gurih seperti daging ayam.

  1. Ikan lele

Siapa yang tak suka ikan lele? Hewan yang biasa kita jumpai di warung makan ini merupakan salah satu jenis ikan air tawar dengan kandungan tinggi protein. Setiap porsi ikan lele, mengandung kurang lebih 15,6 gram protein. Protein dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda.

Ternyata selain enak, ikan lele pula mempunyai protein yang tinggi, ya.

  1. Daging

Daging mengandung protein sangat tinggi sehingga sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan. Untuk memenuhi kebutuhan protein harianAnda bisa memilih daging sapi atau daging. Sebab setiap 100 gram daging sapi mengandung 14 gram protein, sementara dalam 100 gram daging kambing terdapat 27 gram kandungan protein. Pada kambing, tidak hanya protein daging, namun juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium.

  1. Ayam tanpa kulit

Daging ayam kaya akan kandungan protein hewani. Setidaknya dalam 3 ons terdapat 27 gram protein. Pun ayam Kalkun adalah sumber protein yang amat baik. Supaya maksimal harapannnya penyajiannya tidak digoreng. Penggorengan hanya akan mengandung banyak lemak. Sehingga Anda boleh mengolahnya menjadi sup dengan ditambah sayur-sayuran segar.

  1. Telur

Selanjutnya yaitu telur. Telur mempunyao protein dengan kualitas sangat tinggi. Itu karenanya asam amino esensial yang dimilikinya hampir ideal untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda. Satu telur berukuran besar dapat mengandung sekitar  6.3 gram protein hewani: 3.6 gram protein pada putih dan 2.7 gram protein pada kuning telur.

Kalau anda memiliki kadar kolesterol tinggi sebaiknya memilih putih telur. Putih telur bebas lemak dan bebas kolesterol. Sedangkan Kuning telur mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Oleh sebabnya dalam mengkonsumsi telur terutama kuning telur tidak boleh berlebihan.  Tapi walaupun kuning telur mengandung kolesterol, juga terdapat zat besi dan vitamin D yang sangat baik untuk tulang.

Dalam satu cangkir susu skim mengandung 8 gram protein. Di samping protein, susu juga menyediakan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium adalah jenis mineral penting yang berfungsi untuk mempertahankan kepadatan tulang. Sajikan segelas susu untuk sarapan. Bisa pula ditambahkan keju rendah lemak agar kian lezat. Boleh juga ditambah dengan biji bunga matahari dan buah stroberi sebagai camilan sehat yang tinggi protein.

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top