Makanan Kesehatan

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat?

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat?

Seperti kulit kita, kuku juga membutuhkan perawatan dan asupan nutrisi agar kesehatannya tetap terjaga. Memiliki kuku yang senantiasa sehat adalah salah satu indikasi kesehatan tubuh yang terjaga. Kuku yang sehat haruslah yang berwarna merah muda, cerah, tidak berwarna kuning, tidka rapuh dan retah dan terdapat lingkaran putih di pangkal kuku.

Sponsor: pemutih wajah

Hipotiroidisme merupakan salah satu indikasi bahwa kuku mengalami kekurangan nutrisi. Akibatnya kuku bisa sangat rapuh, retah bahkan berubah warnanya. Untuk mencegah masalah kuku tersebut, maka penting mengkonsumsi makanan yang membuat kuku kuat dan sehat seperti mengandung protein, mineral dan vitamin. Berikut makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi agar menjaga kesehatan kuku secara alami.

Syarat makanan sehat untuk kuku

Ada syarat yang bisa dikonsumsiagar kuku tetap sehat. Makanan-makanan tersebut haruslah yang mengandung vitamin B kompleks khususnya biotin dan vitamin B12, makanan yang mengandung zinc dan zat besi untuk kuku lebih halus, kalsium dan protein yang berperan membuat kuku lebih kuat, serta harus yang mengandung vitamin A dan C agar mencegah kerusakan pada ujung kuku.

Makanan untuk kuku lebih kuat dan sehat

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat1

1. Aprikot

Buah aprikot sebenarnya berasal dari daratan Asia dan bentuknya hampir mirip dengan buah persik dan plum. Kulit buahnya berwarna kuning mirip jeruk dan daging buahnya manis. Sama seprti buah lainnya, aplikot sangat baik untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan kuku. Bauah aprikot kering mengandung vitamin A sangat kaya, C, kalium, kalsium, protein, dan serat. Aprikot teruji mengandung serat alami yang mampu mencegah kulit dan kuku dari dehidrasi. Aprikot adalah sumber mineral penting yang berguna untuk melindungi kuku dari kerusakan akibat radikal bebas.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat2

2. Pisang

Mengkonsumsi buah pisang setiap hari sangat baik untuk melindungi kuku dari kerapuhan. Didalam pisang terdapat senyawa biotin yang berguna untuk memperkuat rambut dan kuku. Zat biotin sendiri adalah salah satu senyawa yang diperlukan dalam pembentukan protein. Selain itu zat besi dan vitamin pada pisang cocok untuk membantu proses pertumbuhan dan perawatan rambut juga kuku.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat

3. Anggur

Sudah sejak lama anggur dimanfaatkan sebagai bahan untuk kesehatan dan kecantikan. Menurut The George Mateljan Foundation, buah anggur memiliki nilai gizi yang sangat baik kerana setiap 100 gram anggur segar memiliki 25 komponen gizi baik vitamin, mineral dan nurtisi. Anggur juga kaya kandungan karotenoid dan likopen, antioksidan, vitamin C, B, B6, dan K. Menggunakan scrub pada kuku dengan anggur akan memberikan antioksidan yang bisa melembutkan kutikula dan menghilangkan bintil pada kuku. Caranya bisa mencampurkan 10 buah anggur merah dengan 2 sendok makan gula pasir, lalu gunakan pada kuku.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat

4. Sayuran-sayuran

Bahan alami yang bisa menjaga kesehatan kuku selanjutnya adalah mengkonsumsi sayuran. Sayuran mengandun mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kuku dan membantunya mempertahankan kekuatan kuku. Berbagai sayuran yang bisa dikonsumsi seperti wortel, sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan asparagus, serta ubi jalar. Sayuran adalah sumber sempurna untuk zinc atau seng yang baik untuk kuku. Pilih sayuran dengan kandungan vitamin A, kalsium, zat besi dan antioksidan. Menurut pembicara asal American Dermatological Society, kuku yang terlihat melengkug bisa jadi pertanda bahwa tubuh tengah kekurangan zat besi sehingga membutuhkan makanan atau nutrisi untuk mengembalikan kesehatannya.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat

5. Biji-bijian

Mengkonsumsi biji-bijian dari beras merah, biji soya, gandum, atau biji bunga matahari sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan kuku dan kutikulanya. Menurut ahli gizi bernama Ian Marber, dirinya merekomendasikan untuk mengkonsumsi beberapa biji-bijian yang mengandung karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral agar kuku tetap sehat dan kuat. Pilih biji-bijian yang kaya vitamin B kompleks, dan vitamin E, biotin serta protein. Jika perlu bisa variasikan biji-bijian dengan konsumsi sereal, atau makanan lain sesuai selera.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat

6. Telur dan Daging

Menurut merican Family Physician, kurangnya zat besi berkaitan dengan penyakit kuku (koilonychia) yang ditandai dengan bentuk kuku seperti sendok. Didalam telur dan daging terdakan protein yang penting untuk pertumbuhan kuku. Selain sumber protein, telur juga mengandung nutrisi lain yang penting untuk kesehatan kuku antara lain zat besi, vitamin B6 berupa biotin, vitamin B12, vitamin A, dan E. Kuning telur mengandung vitamin B6 yang bisa mengembalikan kondisi kuku rapuh dan kering menjadi lebih tebal dan kuat. Konsumsi telur rebuh atau omelet dengan porsi sedang. Sementara daging tanpa lemak terbukti baik untuk kuku karena juga mengandung protein dan zat besi tingkat tinggi. Anda bisa mengolah daging merah menjadi hidangan favorit atau steak.

Makananan Apa Yang Membuat Kuku Kuat Dan Sehat

7. Kacang polong

Senyawa biotin atau dikenal vitamin B6 memang terbukti secara signifikan mampu meningkatkan ketebalan pelat kuku dan mengurangi kerapuhan kuku. Menurut studi yang dilakukan di Swiss, mengkonsumsi biotin sekitar 2.5 mg setiap harinya bisa mengembalikan kuku rapuh sebanyak 25%. Percobaan tersebut dilakukan pada sejumlah kelompok wanita selama 6 bulan. Kacang polong, kedelai atau berbagai jenis kacang lainnya adalah sumber protein baik untuk pertumbuhan kuku. Bahkan, kacang polong mengandung zat besi, seng, dan biotin yang sempurna untuk kesehatan kuku.

Pada dasarnya, menjaga kesehatan kuku adalah hal yang penting dilakukan terutama oleh wanita. Karena kuku yang sehat juga bisa jadi pertanda terjaganya kesehatan tubuh kita.

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Comments

comments

To Top